Kreasikan S23 Series 5G Kamu Sesuai Selera dengan One UI 5 Terbaru!

Pengalaman premium Galaxy S23 Series 5G disuguhkan berkat perangkat lunak intuitif One UI 5.1 berbasis Android 13 yang menawarkan kebebasan kustomisasi

Smartphone flagship terbaru Samsung Galaxy S23 Series 5G telah resmi dirilis di Indonesia. Ditenagai chipset paling mutakhir dari Qualcomm, Snapdragon 8 Gen 2 Mobile Platform for Galaxy yang disetel Samsung lebih kencang, ditopang teknologi memori terbaru RAM LPDDR5X dan penyimpanan UFS 4.0.

Tak diragukan lagi, Galaxy S23 Series 5G masuk ke dalam jajaran smartphone dengan performa paling powerful tahun ini. Tentu saja, kunci pengalaman premium yang dirasakan pengguna adalah berkat dukungan perangkat lunak intuitif One UI 5.1 berbasis Android 13 dengan fitur-fitur baru yang menawarkan kebebasan untuk mengkustomisasi perangkat seperti yang diinginkan.

Kebebasan Personalisasi Home Screen & Lock Screen

Mari mulai dari peningkatan kustomisasi di dalam lock screen yang mudah dan lebih beragam. Untuk menyesuaikan caranya cukup ketuk dan tekan lock screen Galaxy S23 Series 5G, lalu kita bisa mengubah wallpaper dengan lebih banyak pilihan, baik wallpaper bawaan, foto atau video dari Gallery, dan wallpaper dinamis dengan kategori tertentu.

Selanjutnya untuk waktu dan tanggal, tersedia beberapa gaya jam yang bisa dipilih termasuk mengubah font dan juga warnanya. Pop-up notifikasi juga bisa diatur dalam bentuk ikon saja atau sekaligus dengan rinciannya, transparansinya pun bisa disesuaikan. Kemudian kita bisa menambah informasi kontak, serta mengubah pintasan aplikasi di kanan dan kiri, semuanya bisa diatur dari satu layar.

Sesaat setelah menyentuh sensor sidik jari ultrasonic di Galaxy S23 Series 5G, pengguna akan menuju area home screen dengan tampilan dan nuansa baru. Di One UI 5.1, ikon aplikasi dibuat lebih menonjol dengan skema warna yang disederhanakan sehingga lebih mudah dikenali. Lengkap dengan animasi dan efek transisi baru yang membuat peralihan antarlayar terasa lebih alami.

Samsung telah menyempurnakan notifikasi di One UI 5 agar lebih intuitif, membuatnya mudah untuk dibaca sekilas berkat ikon aplikasi yang lebih besar dan peningkatan penyelarasan teks. Tombol jawab dan tolak yang lebih jelas dan jika ada aplikasi yang mengirim terlalu banyak notifikasi bisa diheningkan atau dinonaktifkan izin notifikasinya dengan mudah.

Untuk memastikan informasi pribadi pengguna tetap pribadi, One UI 5 memiliki notifikasi di Share Panel terbaru. Fitur yang satu ini akan memperingatkan pengguna jika Anda akan tanpa sengaja membagikan foto yang berisi informasi yang berpotensi sensitif seperti gambar kartu kredit atau debit, SIM, atau paspor.

Fitur baru One UI 5.1 yang membantu menyelesaikan berbagai aktivitas dengan lebih efisien di Galaxy S23, S23+, dan S23 Ultra adalah stack widget yang dapat menjaga home screen tetap rapi. Fitur ini memungkinkan pengguna melakukan drag and drop pada widget di atas satu sama lain dan swipe ke kiri atau ke kanan untuk menggeser setiap widget dengan cepat dan mudah.

Aplikasi Gallery di One UI 5.1 juga diperbarui dengan peningkatan fitur editor foto dan video. Mencakup berbagi foto dengan keluarga menggunakan album bersama, kemampuan menyembunyikan album yang jarang digunakan, dan tampilan Stories yang sepenuhnya baru. Stories yang dibuat secara otomatis di Gallery diperbarui dengan tampilan slide show yang lebih interaktif dan untuk menyesuaikannya cukup ketuk dan geser untuk berpindah antara foto dan video di Stories tersebut.

Fitur remastering tak luput mendapat peningkatan guna membuat foto terlihat lebih bagus, berlaku untuk gambar GIF yang dapat menaikkan presolusi dan kejelasan lebih baik. Pengeditan GIF juga telah ditingkatkan, pengguna bisa memotong dan mengubah animasi GIF dengan ukuran atau bentuk yang diinginkan.

Bagi yang hobi memotret, Expert RAW sekarang bisa diakses dengan cepat di dalam aplikasi kamera bawaan. Mode Expert RAW ini memungkinkan mengambil foto dalam format RAW berkualitas tinggi tanpa pemrosesan atau kompresi dengan kontrol penuh. Di Galaxy S23 Series 5G, kini mendukung hingga resolusi 50MP dan menawarkan fleksibilitas lebih dalam saat post processing.

Masih ada banyak lagi peningkatan dan fitur baru One UI 5 di Galaxy S23 Series 5G yang bisa dieksplorasi oleh pengguna. Sebut saja Bixby Text Call, Routines, mengontrol semua perangkat yang terhubung ke smartphone dengan Connected devices menu, serta dashboard pengaturan keamanan dan privasi baru untuk melindungi perangkat dan menjaga privasi informasi sensitif pengguna.

Sebelum diakhiri, mari bahas sedikit tentang mode dan Routines atau rutinitas. Lewat fitur ini, kita bisa membuat setting yang dikustomisasi untuk kegiatan rutin yang berbeda sesuai dengan aktivitas harian. Sebagai contoh, untuk rutinitas pagi seperti olahraga, maka prioritas kita ialah menonaktifkan notifikasi dan memutar musik.

Kemudian saat bekerja, pengaturannya tentu berubah dan begitu pula ketika waktunya tidur. Di mode tidur, kini memungkinkan mengotomatiskan lebih banyak tindakan seperti mengaktifkan mode gelap dan mengubah mode suara. Selain itu, tata letak desain layar Discover-nya telah disederhanakan untuk memudahkan menemukan rutinitas yang tepat. Ada banyak mode yang bisa dipilih berdasarkan aktivitas yang sedang berlangsung.

Bagi yang belum ikut pre-orderSamsung Galaxy S23 Series 5G, masih ada waktu sampai 23 Februari 2023. Selama masa pre-oder, konsumen bisa menikmati keuntungan senilai total hingga Rp7.599.000 di setiap pembelian Galaxy S23 Series 5G.

Konsumen bisa upgrade ruang penyimpanan dengan dua kali lipat kapasitas secara gratis dan mendapatkan cashback hingga Rp1.000.000 untuk pembelian secara trade-in. Samsung juga menyediakan perlindungan Samsung Care+ selama 1 tahun senilai Rp1.599.000 untuk pembelian Galaxy S23 Series 5G. Konsumen pun bisa melakukan pre-order dengan cicilan mulai harga Rp541.625 per bulan untuk 24 bulan.

Daftar harga Samsung Galaxy S23 Series 5G sebagai berikut :

  • Galaxy S23 5G Rp12.999.000 (8GB/128 GB) dan Rp.13.999.000 (8GB/256 GB)
  • Galaxy S23+ 5G Rp15.999.000 (8 GB/256 GB) dan Rp17.999.000 (8GB/512 GB)
  • Galaxy S23 Ultra 5G Rp19.999.000 (12GB/256 GB), Rp21.999.000 (12GB/512 GB), dan Rp25.999.000 (12GB/1 TB)