26 August 2022

by Galih

Denuvo Siap Lindungi Game Nintendo Switch dari Pembajak

Proteksi baru ini diklaim dapat melindungi game-nya dari emulator PC

Keberadaan Denuvo sebagai anti-cheat dan juga anti pembajakan untuk game dan software memang menjadi pedang bermata dua. Karena di satu sisi software ini dapat memberikan proteksi, namun di sisi lain juga terkadang membuat masalah performa.

Namun dengan berbagai kontroversi yang terus terjadi dari game dan software yang menggunakannya, Denuvo terus berusaha mengembangkan layanannya ke lebih banyak software. Yang terbaru kelihatannya Denuvo akan mulai menyasar game-game dari Nintendo Switch.

Dalam pengumuman terbarunya, Denuvo mengumumkan bahwa mereka kini memiliki teknologi Nintendo Switch Emulator Protection. Dengan sistem baru ini game-game Nintendo Switch diklaim dapat terlindungi dari emulator di PC.

Denuvo menyebutkan bahwa konsol Nintendo telah lama mengalami masalah pembajak, termasuk pada Switch. Denuvo bahkan menyebut bahwa game versi Switch merupakan yang paling lemah proteksinya.

Karena ketika versi PC dari game tersebut telah dilindungi, maka versi yang dirilis di Nintendo Switch dapat diretas dengan mudah sejak hari pertama dan membuatnya dapat dimainkan di PC dengan mudah. Termasuk dapat memainkan game-game Switch di Steam Deck menggunakan emulator.

Dengan teknologi baru Denuvo ini, konten-konten game Switch yang ada nantinya akan sulit untuk dapat dimainkan di PC. Seperti biasa, Denuvo kembali menyebutkan bahwa sistem proteksi ini nantinya tidak akan mempengaruhi pengalaman bermain.

Sistem proteksi yang diberikan oleh Denuvo terhadap game-game Switch ini kelihatannya tidak akan jauh berbeda dari game PC. Yang berarti Denuvo nantinya akan menjalankan software di belakang layar untuk mengecek dan memvalidasi kode game-nya.

Image Credit: How to Geek

"Kami di Denuvo memahami bahwa pembajakan memberikan efek negatif ke industri gaming dan kami bekerja dengan berbagai pihak untuk memastikan bahwa teknologi proteksi terbaru kami tersedia untuk mereka." ungkap Reinhard Blaukovitsh, Managing Director Denuvo.

Denuvo juga melampirkan hasil riset yang mereka lakukan bersama Omdia yang menemukan bahwa 84% developer game Switch terus dibuat khawatir mengenai pembajakan dan peretasan. Penelitian tersebut juga menemukan bahwa 93% developer yang menggunakan anti-cheat dan anti-tamper puas dengan proteksi yang diberikan.

Sayangnya, Denuvo tidak menjelaskan kapan para developer game Switch ini dapat menggunakan software perlindungan tersebut. Atau bahkan game-game Switch apa saja yang nantinya akan menggunakan proteksi ini.