Dark
Light

Kominfo Umumkan Uji Publik RPM Pengelolaan Nama Domain

1 min read
April 2, 2013

Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) baru-baru ini mengumumkan dibukanya uji publik mengenai Rancangan Peraturan Menteri mengenai pengenai Pengelolaan Nama Domain. Uji publik ini dibuka mulai tanggal 30 Maret lalu hingga tanggal 8 April nanti.

Sebagaimana namanya, peraturan menteri ini nantinya akan mengatur hal-hal yang berkaitan dengan pengelolaan nama domain. Salah satu poin penting yang perlu dicermati diantaranya adalah pengaturan mengenai siapa saja yang berhak untuk menjadi pengelola nama domain di Indonesia, baik sebagai Registri maupun sebagai Registrar. Dalam rancangan peraturan ini, pengelola nama domain di Indonesia harus memiliki beberapa syarat, mencakup status badan hukum, kepemilikan Sertifikat Kelaikan Sistem Elektronik, jaminan finansial, hingga kompetensi teknis.

Selain itu, pada level pengguna nama domain, ada juga beberapa peraturan yang ditetapkan. Diantaranya yang paling mencolok bagi saya adalah adanya kewajiban bagi badan usaha dan organisasi yang berdomisili di Indonesia untuk menggunakan Nama Domain Indonesia (Bab IV, Pasal 39).

Jika pemahaman saya benar, pertaruan ini akan bekerja seperti ini: jika Anda memiliki badan usaha (terdaftar paling tidak sebagai CV) atau organisasi, situs badan usaha/organisasi Anda harus menggunakan domain Indonesia seperti .co.id atau .or.id Demikian juga dengan perusahaan asing yang beroperasi di Indonesia, diwajibkan juga untuk memiliki Nama Domain Indonesia.

Terlepas dari poin-poin yang sekilas dipaparkan tadi, tentunya sebagai sebuah peraturan yang akan mengikat banyak pihak, RPM Pengelolaan Domain ini harus kita cermati bersama. Pastinya kita tidak ingin kesempatan uji publik ini terlewat begitu saja. Jika Anda tertarik untuk mengunduh rancangan peraturan menteri ini, Anda bisa mengunduhnya di tautan ini atau mengunjungi siaran pers resmi di situs Kominfo.

 

[gambar via]

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Inilah Nama Platform Video Besutan Pendiri YouTube

Next Story

Versi Demo Game DreadOut Telah Bisa Diunduh, Soundtrack Oleh Band Sarasvati

Latest from Blog

Don't Miss

Semua Hal yang Diumumkan NVIDIA pada Computex 2024

Dalam presentasi selama 1 jam 47 menit, CEO dan pendiri
regulasi internet

Perbandingan Regulasi Internet di Indonesia, Uni Eropa, dan Tiongkok

Internet memudahkan kita untuk mengakses berbagai macam informasi, termasuk informasi