8 March 2023

by Glenn Kaonang

Getty Images Siap Rilis Koleksi Foto NFT Perdananya yang Bertema Musik

Ini merupakan kesempatan untuk memiliki foto-foto ikonik dari musisi kenamaan di era 70-an sebagai NFT

Ranah foto NFT bakal semakin ramai seiring datangnya pemain baru yang sudah sangat berpengalaman di dunia fotografi: Getty Images. Salah satu platform penyedia stock photo dan editorial photo terbesar di dunia itu tengah bersiap untuk merilis koleksi foto NFT pertamanya.

Inisiatif ini merupakan hasil kerja sama Getty dengan platform NFT Candy Digital. Keduanya resmi menandatangani kontrak kerja sama pada Mei 2022 lalu. Sebelumnya, Candy Digital sudah lebih dulu merilis koleksi NFT bersama nama-nama besar di dunia olahraga seperti Major League Baseball (MLB), NASCAR, dan WWE.

Namun ketimbang kembali menyentuh ranah olahraga, Candy memilih mengambil rute yang berbeda kali ini, yaitu musik. Ya, koleksi foto NFT perdana Getty Images dan Candy Digital bakal mengambil tema musik, spesifiknya yang mengabadikan gemerlap musik di era 70-an.

Membawa judul '70s Music & Culture, koleksi NFT ini akan menampilkan foto-foto ikonik dari para musisi terbaik di masa itu, mulai dari Elvis Presley, Bruce Springsteen, David Bowie, John Lennon, Jimi Hendrix, sampai grup band macam Rolling Stones dan AC/DC.

Foto-fotonya pun bukan sembarangan, melainkan yang dijepret oleh 6 fotografer legendaris, yaitu Don Paulsen, David Redfern, Fin Costello, Richard Creamer, Steve Morley, dan Peter Keegan. NFT-nya sendiri nantinya bakal dikelompokkan menjadi enam koleksi terpisah berdasarkan masing-masing fotografernya.

Setiap koleksi berisikan 10 foto NFT dan akan dijual seharga $200. Tiap-tiap NFT-nya di-mint di jaringan Palm yang merupakan sidechain Ethereum. Penjualannya akan dimulai pada 21 Maret 2023, dan konsumen dibebaskan membayar menggunakan USDC atau kartu kredit tradisional.

Sebagai alternatif, Getty dan Candy juga menawarkan koleksi foto NFT alternatif yang dapat dibeli secara individual. Terdapat 60 foto NFT yang berbeda, dan masing-masing foto NFT-nya akan dijual seharga $25 mulai tanggal yang sama.

Untuk menarik minat konsumen, Candy Digital juga menawarkan kesempatan untuk mengklaim sebuah foto NFT gratis dari Getty Images dari 7-15 Maret 2023. Syaratnya pun mudah, sebab konsumen hanya perlu mendaftarkan akun Candy Digital saja.

Sumber: Decrypt.