Dark
Light

Kelola Email, Facebook dan Twitter Lewat Threadsy

1 min read
February 8, 2010

Mulai kewalahan dengan berbagai account email dan jejaring sosial yang ngga henti-henti terupdate? Saat ini gue punya 2 account email yang aktif (tidak termasuk email kantor), account Facebook, dan tiga account Twitter yang gue suka tongkrongin. Gimana kalo pengen ngeliat semua pesan keluar masuk yang berseliweran di semua account itu dalam satu tampilan? Threadsy mencoba ngasih solusinya.

Begitu mulai, Threadsy akan meminta elo untuk masukkin account-account email dan jejaring sosial yang elo punya. Untuk saat ini email yang didukung adalah Gmail dan Yahoo Mail, sedangkan jejaring sosialnya Facebook dan Twitter. Cukup banget dong untuk pengguna kebanyakan.

Setelah semua data account dikasih, langsung deh muncul tampilan utamanya yang dibagi dua: inbound dan unbound. Inbound isinya pesan-pesan yang tertuju ke kita, kayak email, @reply dan DM Twitter, dan postingan dinding Facebook. Unbound isinya stream timeline Facebook dan Twitter. Simpel tapi powerful.

Sebagai sebuah klien email, Twitter dan Facebook yang sederhana, Threadsy melakukan tugasnya dengan baik. Tentu aja kalo elo butuh fasilitas searchingnya Gmail yang ekstensif atau mau analisis trending topics-nya Twitter, bukan di sini tempatnya.

Patut dicatat fitur kecil-tapi-keren dari Threadsy yang bisa menampilkan profil antar-platform jejaring sosial. Jadi misalnya kita klik di nama seorang temen kita, nanti Threadsy akan nampilin profil dia yang berisikan agregasi jejaring sosial yang dia punya mulai dari Twitter, Facebook, LinkedIn, bahkan Friendster dan Multiply. Ngga selalu berhasil sih, apalagi yang pake nama-nama aneh dan bukan nama asli, tapi ada juga temen gue yang berhasil ditemuin oleh Threadsy semuanya dari kelima account yang tadi disebut. Tambahan lainnya juga ada fitur chatting, walau masih terbatas ke Meebo, AOL dan Facebook.

Profil hasil agregasi Threadsy dari berbagai jejaring sosial

Agregasi email dan Twitter mungkin bukan ide baru, setidaknya layanan startpage seperti iGoogle atau Netvibes bisa melakukan hal ini. Tapi karena Threadsy lebih fokus ke penyajiannya, jadi penggunaannya juga lebih nyaman.

Buat yang udah biasa maenin beberapa account Twitter sekaligus mungkin udah kenal Hootsuite atau CoTweet. Kalo dibandingin dengan dua itu yang mengarah ke pengguna korporat atau grup, Threadsy mengincar pengguna personal.

Sebenernya bisa keren kalau Threadsy juga punya aplikasi untuk smartphone nih. Apa lagi kalo bisa sadar-lokasi, secara semua lagi seru-serunya ke arah sana, kayaknya bakal penting nih agregator layanan berbasis lokasi.

Oiya saat ini Threadsy masih bersifat tertutup dan invitation-only. Kebetulan gue ada 10 invite, jadi buat yang mau silakan tinggalin komen yah. Siapa cepat dapat!

16 Comments

  1. Wah sepertinya ini jawaban yang selama ini dicari para Social Media Addict… Apalagi kalau bisa dimainkan juga di Cellphone berbasis Java. Bravo threadsy!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Desain Baru Facebook dan Plug-In Uploader Photo

Next Story

HOT: Twiterus Versi Baru, ‘Beta-3’

Latest from Blog

Don't Miss

Pengguna X Premium Kini Bisa Gunakan Grok AI

Secara global, Elon Musk mengumumkan peluncuran Grok 1.5 pada akhir
Meta sedang siapkan chatbot AI untuk produk-produknya

Meta Segera Luncurkan Chatbot AI dengan Banyak Kepribadian

Sejak ChatGPT diluncurkan November tahun lalu, chatbot AI terus menjadi