Esports Ecosystem

Kalahkan EVOS, BOOM ID Dominasi ESL Indonesia Championship Season 2

02 Aug 2019 | Ellavie Ichlasa Amalia
InYourDream membantu tim barunya untuk mengalahkan tim lamanya.

BOOM ID masih mendominasi ESL Indonesia Championship Season 2.

Tim ini tidak hanya menduduki peringkat satu pada pekan ke-4 turnamen, mereka juga tidak pernah kalah dalam 8 pertandingan. Dua minggu lalu, Muhammad “InYourDream” Rizky kembali bermain untuk BOOM ID. Bersama tim barunya, InYourDream berhasil mengalahkan EVOS Esports, yang merupakan mantan timnya.

Saat ini, EVOS Sports dan Alter Ego ada di posisi kedua dan ketiga dengan poin 15. Keduanya berhasil memenangkan 5 pertandingan dari 8 pertandingan. Posisi ke-4 diisi oleh PG.Barracx yang berhasil memenangkan 4 pertandingan dari 7 laga, termasuk pertandingan melawan The Prime.

current standing

Sementara itu, pertandingan antara Antrophy dan PG.Orca berakhir dengan imbang. Antrophy merupakan tim baru meski mereka memiliki Yabyoo dan Nafari sebagai pemain senior, sementara PG.Orca adalah tim Pondok Gaming yang terdiri dari pemain-pemain muda.

Alter Ego, yang kini diperkuat oleh Farand “KoaLa” Kowara yang sudah dikenal dari zaman DotA, berhasil mengalahkan tim baru Hans Pro Gaming.

ESL Indonesia Championship Season 2 merupakan liga Dota 2 yang menggunakan sistem double round-robin. Itu artinya, dalam 7 minggu selama kompetisi berlangsung, 8 tim yang bertanding dalam liga ini akan bertanding dengan satu sama lain sebanyak 2 kali. Empat tim terbaik akan mendapatkan tiket untuk bertanding di Grand Final ESL Indonesia Championship Season 2.

Turnamen yang memiliki total hadiah sebesar US$20 ribu (setara Rp280 juta) ini didukung oleh Mercedez sebagai Premium Sponsor serta Acer Predator dan Logitech sebagai Official Partner.

Dari 8 tim yang bertanding dalam Season 2 ini, 4 di antaranya merupakan tim-tim teratas dalam ESL Indonesia Championship Season 1, yang telah selesai diadakan pada awal tahun ini.

Empat tim sisanya akan masuk ke fase relegasi. Di sini, 4 tim tersebut harus bertanding dengan 4 tim terbaik dari babak kualifikasi terbuka. Pertandingan 8 tim dalam fase relegasi diadakan pada 15 dan 16 Juni lalu. Empat tim terbaik akan lolos untuk bertanding di ESL Indonesia Championship Season 2.

Turnamen ini akan berlangsung selama 7 minggu. Empat minggu pertama berakhir pada 31 Juli lalu. Minggu ke-5 akan dimulai pada 27 dan 28 Agustus mendatang. Sementara babak semifinal akan diadakan pada 7 dan 8 September.

Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa melihat jadwal pertandingan dalam turnamen ini di bawah:

• Week 1: 16 & 20 Juli 2019
• Week 2: 21 & 22 Juli 2019
• Week 3: 23 & 24 Juli 2019
• Week 4: 30 & 31 Juli 2019
• Week 5: 27 & 28 Agustus 2019
• Week 6: 3 & 4 September 2019
• Week 7: 5 & 6 September 2019
• Semifinal: 7 & 8 September 2019

Season 1 dari ESL Indonesia Championship dimulai sejak November 2018 dan berakhir pada Maret lalu. Dalam turnamen tersebut, BOOM ID keluar sebagai pemenang setelah bertanding dengan Aura Esports dalam babak final. Dua semifinalis lainnya adalah PG.Barracx dan The Prime.

Menariknya, meski The Prime sempat menjadi semifinalis Season 1, kali ini, mereka justru menjadi juru kunci. Setelah bertanding dalam 7 laga, mereka hanya berhasil memenangkan 1 pertandingan. Mereka kini memiliki 2 pemain baru dari Filipina. Tampaknya, mereka masih belum bisa menemukan ritme yang sesuai.

Ini menunjukkan bahwa tak selamanya tim yang mendominasi akan selalu keluar sebagai pemenang. Ini memunculkan pertanyaan apakah BOOM ID akan bisa mempertahankan posisi mereka sebagai tim yang mendominasi di scene Dota 2 Indonesia? Atau akan ada tim lain yang akan muncul menjadi yang pengganti.

Disclosure: Hybrid adalah perwakilan Media Relations untuk ESL Indonesia Championship Season 2