Jumlah View EPICENTER CS:GO 2019 Tembus 51 Juta

Total view dari EPICENTER CS:GO 2019 ini mencakup siaran dari berbagai platform streaming

EPICENTER 2019 baru saja selesai digelar di Moscow, Rusia pada 17-22 Desember 2019. Sekarang, Epic Esports Events mengumumkan statistik dari turnamen Counter-Strike: Global Offensive tersebut. EPICENTER 2019 mendapatkan 51.441.282 view, menurut data dari ESforce Holding, perusahaan induk Epic Esports Events. Total view ini mencakup view dari berbagai platform streaming dan sudah menyertakan penonton dari Tiongkok. Turnamen EPICENTER ini disiarkan dalam 15 bahasa yang berbeda. Secara keseluruhan, total durasi siaran ditonton mencapai 48 juta jam, dengan jumlah unique viewers mencapai 15.298.208.

Vitality keluar sebagai juara setelah mengalahkan mousesports di babak final dengan skor 2-1. Pada awalnya, mousesports berhasil menang 19-16 dari Vitality ketika keduanya bertanding di Inferno. Namun, setelah itu, Vitality menyamakan kedudukan dengan merebut kemenangan di Mirage dengan skor 16-12. Pada pertandingan terakhir, yang diadakan di Nuke, Vitality kembali menang dengan nilai 16-9. Mathieu “ZywOo” Herbaut dari Vitality keluar sebagai pemain terbaik, menurut HLTV.org.

Vitality saat dinobatkan sebagai juara EPICENTER CS:GO 2019. | Sumber: Dexerto

Menariknya, bukan pertandingan babak final yang paling menarik minat para penonton. Pertandingan yang mendapatkan jumlah penonton terbanyak justru babak perempat final. Pada puncaknya, ada 729.000 orang yang menonton pertandingan yang mempertemukan Natus Vincere dengan Evil Geniuses.

EPICENTER 2019 menawarkan total hadiah sebesar US$500.000 (sekitar Rp7 miliar). Jika dibandingkan dengan total hadiah EPICENTER 2018, yang hanya mencapai US$295.000 (sekitar Rp4,1 miliar), total hadiah turnamen dari Epic Esports Event ini mencapai hampir dua kali lipatnya. Sama seperti turnamen sebelumnya, ada 8 tim esports yang ikut dalam EPICENTER 2019. Dari 8 tim tersebut, sebagian akan dapat ikut serta berdasarkan undangan sementara sebagian yang lain harus dapat meloloskan diri dari babak kualifikasi.

ESforce Holding adalah salah satu perusahaan esports terbesar di dunia dan merupakan salah satu pemimpin esports di Rusia. Perusahaan ini mengintegrasikan berbagi bagian penting dalam bisnis esports, mulai dari pengadaan turnamen kelas internasional, pembuatan konten, sampai kegiatan iklan. Sementara Epic Esports Events adalah salah satu anak perusahaan ESforce yang fokus untuk menyelenggarakan kompetisi internasional. Selama ini, mereka telah menyelenggarakan turnamen EPICENTER untuk Dota 2 dan CS:GO di Moscow dan Saints Petersburg.

Sumber: VPEsports, TalkEsport