3 February 2022

by Galih

Apex Legends Mobile akan Adakan Soft Launch di Beberapa Negara Termasuk Indonesia

Untuk yang tidak sabar, jangan lupa untuk registrasi.

Setelah sekian lama dinanti, Respawn Entertainment akhirnya secara resmi mengumumkan akan melakukan soft launch untuk versi mobile dari Apex Legends.

Soft launch ini nantinya akan dilaksanakan untuk 10 negara terpilih saja di seluruh dunia. Dan berita baiknya, Indonesia merupakan salah satu negara yang ikut dalam gelombang pertama.

Negara-negara beruntung lainnya antara lain Argentina, Kolombia, Meksiko, Peru, Malaysia, Filipina, Singapura, Australia, dan Selandia Baru.

Selain terbatas untuk negara-negara tertentu, soft launchApex Legends Mobile ini hanya dapat dimainkan pada smartphone Android saja. Sedangkan akses untuk para pengguna smartphone iOS kelihatannya akan menyusul di kemudian hari.

Pengumuman ini disampaikan oleh Respawn Entertainment lewat akun media sosialnya sekaligus merekomendasikan para pemain yang berada di negara yang disebutkan untuk mengakses Google Play Store untuk melakukan pre-register.

Cukup unik melihat negara-negara yang masuk mayoritas merupakan negara-negara di Asia Tenggara dan Amerika Selatan. Sedangkan negara-negara yang merupakan pasar besar untuk Apex Legends seperti Tiongkok, Jepang, Korea, dan negara-negara Eropa malah belum mendapatkan akses.

Apex Legends Mobile mulai dikerjakan oleh Respawn Entertainment sejak Oktober 2019 lalu. Proyek ini tidak dikerjakan sendiri, melainkan secara kolaborasi dengan bantuan Tencent.

Di tahun 2021, game-nya sempat melakukan sesi uji beta tertutup untuk beberapa negara untuk waktu singkat untuk memastikan tidak ada masalah serius ketika game ini meluncur di smartphone nanti.

Apex Legends Mobile ini merupakan porting dari Source Engine yang digunakan pada versi PC dan konsol yang dikonversi ke dalam Unreal Engine. Dari beberapa video yang menampilkan versi beta tahun lalu, porting ke mobile dari Apex Legends ini terbilang cukup akurat.

Mulai dari map dan berbagai obyek yang ada hingga animasi para karakter ditampilkan sangat mirip dengan versi PC dan konsolnya. Namun penggunaan Unreal Engine pada game mobile tentu membawa masalah pada kebutuhan spesifikasi smartphone yang cukup tinggi.

Sayangnya, Respawn Entertainment telah mengonfirmasi bahwa Apex Legends Mobile tidak akan dilengkapi dengan cross-play dengan versi PC dan konsolnya. Sehingga progres skin dan aksesoris yang sudah didapatkan tidak akan bisa dibawa ke versi mobile-nya.