Dark
Light

Jimmy Wales Luncurkan WikiAnswers

1 min read
February 2, 2009

Perubahan dari mesin pencari (search engine) ke mesin penjawab (answer engine) sudah mulai tampak. Meskipun kepopuleran Yahoo Answers, dan Mahalo Answers, rupanya tidak menyurutkan niat Jimmy Wales dari Wikia Inc., untuk bergabung dalam kompetisi ini. Otak dibalik UGC paling populer ini (Wikipedia) kemarin secara diam-diam merilis WikiAnswers yang berusaha menggabungkan User Generated Content dengan answering engine miliknya. Setiap pengguna bisa mendaftarkan diri secara gratis dan memberikan pertanyaan dan juga membantu menjawab pertanyaan yang sudah ada.

“Wikianswers uses the unique characteristics of a wiki to form the very best answer to any question.” – Jimmy Wales

Pertanyaannya adalah, apakah fitur pembeda dari WikiAnswers?

Platform yang digunakan oleh WikiAnswers adalah platform Wiki yang juga digunakan di Wikipedia, sehingga dari sisi UGC sudah sangat mumpuni. Dan hal ini merupakan sebuah kelebihan yang ditawarkan WikiAnswers, dimana pengguna umum bisa berpartisipasi lebih jika dibandingkan dengan layanan sejenis. Pengguna juga bisa mengedit dan menghapus jawaban yang tidak benar atau tidak relevan (junk) demi mendapatkan jawaban yang terbaik dari komunitas.

Layanan yang sudah dimulai sejak tahun 2004 dan beberapa minggu lalu diluncurkan kembali dengan tampilan yang berbeda (jauh lebih baik). Kini WikiAnswers menerima 1000 pertanyaan dan jawaban setiap harinya. Dan salah satu pertanyaan yang menarik adalah : Kenapa co-founder Wikia selalu mencuri ide orang lain? 😀

Rama Mamuaya

Founder, CEO, Writer, Admin, Designer, Coder, Webmaster, Sales, Business Development and Head Janitor of DailySocial.net.

Contact me : [email protected]

5 Comments

  1. @iiiccchhhaaa tergantung crowdnya sih .. kalo di luar negeri, somehow mereka bijak dalam menggunakannya. Kalo disini, nggak tau deh 😀 Tapi yg pasti Wisdom Of Crowd dan moderasi tetap sebagai core function.

  2. @iiiccchhhaaa tergantung crowdnya sih .. kalo di luar negeri, somehow mereka bijak dalam menggunakannya. Kalo disini, nggak tau deh 😀 Tapi yg pasti Wisdom Of Crowd dan moderasi tetap sebagai core function.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Install Google Chrome

Next Story

Google Earth : Ke Laut Aje

Latest from Blog

Don't Miss

Wikimedia Foundation Tak Lagi Menerima Donasi Mata Uang Kripto

Wikimedia Foundation (WMF), organisasi yang berada di balik Wikipedia, baru

Fitur Baru Wikipedia, Tak Perlu Klik untuk Meninjau Isi Tautan

Dalam suatu artikel Wikipedia, pastinya ada banyak tautan menuju ke