5 December 2022

by Glenn Kaonang

Timex Luncurkan Jam Tangan Edisi Terbatas, Eksklusif untuk Kolektor NFT Bored Ape

Timex mematok harga 40 jutaan rupiah per arloji, tapi sebelumnya Anda harus merogoh kocek cukup dalam untuk menggaet NFT Bored Ape atau Mutant Ape

Salah satu cara termudah untuk memamerkan NFT yang baru kita beli adalah dengan memajangnya sebagai foto profil di media sosial. Namun alternatif yang lebih keren adalah lewat suatu produk fisik yang punya keterikatan dengan NFT tersebut, salah satu contohnya seperti yang dibuat oleh Timex baru-baru ini.

Salah satu merek jam tangan terlaris asal Amerika Serikat itu mengumumkan bahwa mereka telah menjalin kerja sama dengan komunitas pemilik NFT Bored Ape Yacht Club untuk memproduksi koleksi jam tangan eksklusif. "Timex Goes Ape," demikian nama proyeknya, benar-benar akan mengintegrasikan NFT Bored Ape ke dalam desain fisik arlojinya secara langsung.

Model arloji spesifik yang dibicarakan di sini adalah Timex Waterbury Classic yang sudah melegenda, tapi dengan karakter Bored Ape sebagai gambar latar belakangnya. Karakter Bored Ape yang mana? Ya sesuai dengan milik masing-masing pembeli.

Ya, untuk bisa membeli jam tangan eksklusif Timex ini, Anda harus lebih dulu memiliki NFT dari koleksi Bored Ape Yacht Club atau Mutant Ape Yacht Club. Ini berarti akan ada 30.000 opsi karakter yang bisa dipakai sebagai referensi desain oleh Timex, akan tetapi jam tangannya sendiri cuma bakal diproduksi sebanyak 500 unit saja.

Aspek personalisasi yang Timex tawarkan tidak hanya terbatas pada gambar karakternya saja. Total ada 17 atribut yang dapat dikustomisasi, mulai dari warna case, jenis strap, sampai ukiran laser di sisi belakang arloji. Sebagai bonus, produk fisiknya nanti juga akan hadir bersama replika NFT-nya.

Untuk membeli jam tangan eksklusif ini, kolektor Bored Ape dan Mutant Ape harus merogoh kocek sebesar 2 ETH, atau kurang lebih setara 40 jutaan rupiah saat artikel ini ditulis. Buat sebagian besar orang angka tersebut mungkin terkesan mahal, tapi seharusnya tidak demikian bagi mereka yang mampu membeli NFT Bored Ape atau Mutant Ape, yang harga terendah masing-masingnya berada di angka 69,69 ETH dan 13,8 ETH (per 5 Desember 2022 di marketplace OpenSea).

Buat yang tertarik, mereka punya waktu sampai 31 Desember untuk melakukan pemesanan. Jam tangannnya sendiri baru akan diproduksi dan dikirim mulai kuartal kedua tahun depan.

Timex Goes Ape bukanlah proyek pertama yang menyinergikan produk fisik dengan NFT populer. Sebelum ini, peritel perhiasan Tiffany & Co. lebih dulu memasarkan kalung eksklusif yang hanya dapat dibeli oleh pemilik NFT CryptoPunks.

Sumber: PR Newswire via Decrypt.