12 January 2023

by Yubian Asfar

Bersama Jagat.io, IBL Siap Promosikan Basket Lewat Metaverse di Indonesia

IBL hadir ke dunia metaverse sebagai upaya untuk menarik kaum muda di era digital

Kejutan datang dari liga basket lokal yaitu Indonesia Basketball League (IBL) yang mengumumkan gebrakan di dunia metaverse. Inisiasi ini muncul melalui kerja sama antara Jagat.io dan pihak IBL dalam kolaborasi di dunia virtual.

Selain memberikan warna baru di dunia sportstainment, gerakan metaverse dari IBL ini juga menjadi ajang promosi olahraga bola basket di hadapan para kaum muda di era digital yang kian pesat.

“Saya yakin dengan menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, bola basket Indonesia akan semakin berkembang dan dikenal masyarakat Indonesia. Apalagi, demam atau booming basket masih terus berlanjut dan Indonesia akan menjadi tuan rumah FIBA World Cup 2023,” ucap Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah.

Sumber: Skor

Sebagai permulaan dari kolaborasinya, Jagat.io akan menghadirkan kreasi lapangan basket di metaverse dan tidak lupa baju basket yang dirancang secara unik dengan sentuhan khas IBL.

Kerja sama ini sekaligus memeriahkan bergulirnya liga basket IBL di musim 2023 selama 6 bulan yang menghampiri berbagai daerah seperti Bali, Malang, Surabaya, Solo, Semarang, Yogyakarta, Bandung, dan Jakarta.

Sumber: IBL Indonesia

“Pendekatan IBL memupuk fanbase terhadap basket Indonesia melalui metaverse ini sangat progresif, sejalan dengan energi yang Jagat.io ingin tangkap," ucap CEO & Co-Founder Jagat.io, Barry Beagen.

"Terlebih Jagat.io sebagai platform sosial juga memiliki beberapa fitur yang dapat memudahkan fans basket Indonesia dalam berkomunitas, dari kemudahan membuat acara, berkumpul, atau bahkan berbincang seperti di grup chatting. User-user di Jagat.io memiliki antusiasme yang tinggi dalam bidang olahraga, terlihat selama ajang Piala Dunia tahun lalu banyak user kami yang berkomunitas secara organik untuk membahas ajang Piala Dunia," imbuhnya.

Napak Tilas Jagat.io di Dunia Metaverse Lokal

Sumber: Telset

Nama Jagat.io sendiri memang masih asing, karena baru pertama kali diluncurkan pada 28 Oktober 2022, bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda, dan langsung diresmikan oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Ingin mengembangkan ekosistem metaverse, kini Jagat.io bisa berkolaborasi dengan berbagai pihak termasuk IBL sebagai partner kerja sama perdananya di indsutri olahraga. Sebelumnya Jagat.io juga bekerjasama dengan beberapa brand seperti Noice, Play3, Bumilangit, dan lain sebagainya.

Dari segi keragaman kolaborasi, IBL dan Jagat.io akan melakukan eksplorasi secara bertahap. Sebagai awal, akan hadir lapangan basket dan jersey basket khas IBL di metaverse yang bisa diakses publik sejak 12 Januari 2023 melalui mobile app Jagat.io.