13 January 2023

by Dimas Galih W.

Intel luncurkan Core-i9 13900KS: Prosesor 6 GHz Pertama di Dunia

intel kembali meluncurkan sebuah prosesor yang kencang. Kali ini, mereka berhasil menjadi yang pertama untuk menggunakan clock 6 GHz tanpa OC

Intel baru saja mengumumkan bahwa mereka telah mengeluarkan sebuah prosesor yang memiliki clock terkencang untuk desktop. Prosesor tersebut adalah Intel Core i9 13900Ks yang memiliki kecepatan hingga 6 GHz, yang tentunya merupakan yang pertama di dunia tanpa harus melakukan overclocking. Arsitekturnya masih menggunakan Raptor Lake-S yang hingga saat ini masi menjadi andalan mereka.

Prosesor yang satu ini memiliki TDP 150 watt yang sedikit lebih tinggi dari Core i9 13900K. Daya ini akan meningkat hingga 250 watt pada saat Turbo-nya berjalan. Tidak hanya itu, ternyata prosesor ini memiliki profile baru yang bernama Extreme Power Delivery yang bakal memakan daya 320 watt.

Pada dasarnya prosesor yang satu ini dibuat berdasarkan sang pendahulunya, yaitu Core i9-13900K. Namun, dengan ditambahkannya S pada akhir nama menunjukkan bahwa prosesor ini memiliki silicon yang dipilih oleh Intel untuk bisa berjalan pada 6 GHz di 2 core. Hal ini tentu saja menghasilkan prosesor yang lebih kencang dari 13900K tanpa harus melakukan overclocking.

Untuk spesifikasinya, Intel Core i9-13900KS juga memiliki kecepatan dasar 200 MHz lebih kencang dari 13900K, yaitu 3,2 GHz pada P-Core-nya. Jumlah core yang dimiliki oleh prosesor ini juga sama, yaitu 24 core dengan 8 P-Core dan 16 E-Core. Dengan begitu, prosesor ini juga memiliki total 32 threads secara bersamaan. Kecepatan turbo dari E-Core-nya juga sama dengan pendahulunya, dibatasi pada 4,3 GHz.

Untuk keperluan demonstrasi, Intel juga sudah mempersiapkan sebuah video untuk bisa memberitahukan mengenai prosesor yang satu ini. Berikut adalah videonya

Marcus Kennedy, Intel Client Computing Group manager, Gaming and Channel mengatakan bahwa prosesor yang satu ini melanjutkan rangkaian prosesor desktop Intel Core Generasi ke 13 dengan menampilkan puncak kinerja baru. Marcus juga yakin dengan performa tersebut, konsumen mereka yang merupakan gamer dan pengguna enthusiast bakal bisa mendapatkan kinerja yang lebih tinggi karena prosesor yang satu ini merupakan yang pertama untuk desktop dengan kecepatan 6 GHz.

Prosesor yang satu ini juga ternyata sudah tersedia dipasaran dengan harga yang ternyata lebih murah dari Core i9-12900KS, yaitu $699. Sebagai informasi, Core i9-12900KS saat diluncurkan memiliki harga $739.

Peluncuran prosesor yang satu ini tentu saja juga dilakukan untuk menghadang kemunculan prosesor AMD 7000 X3D yang diumumkan pada saat CES 2023. Hal ini tentu saja akan menjadi semakin seru mengingat AMD juga nantinya akan memiliki prosesor Ryzen 9 7950X3D yang sama-sama ditujukan untuk para gamer dan pengguna enthusiast.

Lalu bagaimana dengan ketersediaannya di Indonesia? Tentu saja hal tersebut harus menunggu pengumuman lebih lanjut lagi dari Intel.

sumber: Intel