Dark
Light

InStant: Layanan Pencarian ‘Instant’ Dari LinkedIn

1 min read
October 12, 2010

Kumunculan Google Instant diikuti dengan hadirnya beberapa produk yang mengadopsi fasilitas yang sama, yaitu memberikan fitur pencarian secara langsung tepat ketika mengetikkan kata kunci, hasil pencarian juga akan berubah secara langsung, bahkan muncul juga satu situs yang merangkum berbagai layanan ‘instant’ dalam satu tempat yaitu Instantise.

Kini layanan jejaring sosial untuk para profesional LinkedIn juga memiliki layanan serupa. Dikembangkan oleh LinkedIn Labs fasilitas ini sama dengan layanan instant lainnya, yaitu memberikan hasil pencarian secara langsung, namun data yang ditampilkan hanya dari dalam LinkedIn saja.

Alamat situs untuk fasilitas instant a la LinkedIn ini adalah instant.linkedinlabs.com. Untuk mencoba fitur pencarian Anda harus terkoneksi atau log in dengan akun LinkedIn Anda. Tampilan InStant cukup sederhana, hanya ada logo serta kotak isian dimana Anda bisa menuliskan kata kunci, seperti nama pengguna atau relasi yang ada cari, pekerjaan, perusahaan atau kata kunci lain yang akan digunakan untuk mendapatkan hasil pencarian.

Sambil Anda mengetikkan kata kunci, hasil pencarian akan tampil pada bagian bawah, berubah sesusai dengan huruf yang Anda ganti atau tambah, hasil pencarian akan berupa akun pengguna yang seusai dengan kata kunci. Meski hanya akan tersedia 15 hasil pencarian untuk akun pengguna, namun hasil pencarian yang didapatkan cukup relevan dengan kata kunci.

Untuk relasi LinkedIn yang telah terkoneksi akan ada keterangan button kecil 1st untuk menunjukkan bahwa pemilik akun tersebut terkoneksi langsung dengan akun Anda, serta keterangan 2nd untuk memperlihatkan tingkatan koneksi secara tidak langsung dengan pemilik akun. Ketika Anda melakukan klik pada akun hasil pencarian maka InStant akan mengarahkan Anda pada halaman LinkedIn akun tersebut.

Meski sepertinya ini hanya berupa produk dari LinkedIn Labs namun layanan ini cukup memudahkan bagi pengguna untuk pencarian cepat kontak relasi yang telah maupun belum terkoneksi dengan akun LinkedIn Anda, namun hasil pencarian memang tetap tergantung pada kata kunci yang digunakan untuk mencari, hanya saja LinkedIn InStant akan bersaing dengan fitur pencarian di situs resminya yang juga memberikan hasil pencarian lengkap, bahkan terorganisir dengan baik.

LinkedIn sendiri terus mengejar popularias jejaring sosial yang lain dengan berbagai fasilitas tambahan yang terus dikembangkan oleh LinkedIn, setelah memperbaharui tampilan serta menambah fitur Company Profile, LinkedIn juga meluncurkan LinkedIn Signal yang merupakan cara baru bagi para profesional dalam mengkonsumsi informasi dan berita serta meluncurkan fitur yang bisa membantu lulusan sekolah tinggi dalam menemukan jalur karir mereka di LinkedIn.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

1 Comment

  1. kelebihannya d banding search engine lain apa nih? 😀

    wuah | Berbagi cerita Berbagi ceria

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Empat Hari Lagi, Registrasi SparxUp Awards 2010 Ditutup

Next Story

TheMobileGamer, Startup Asal Singapura Bersiap Buka Kantor di Indonesia (Updated)

Latest from Blog

Don't Miss

Microsoft dan LinkedIn Sebut AI Sudah Memengaruhi Dunia Kerja di Seluruh Dunia

Bahkan Microsoft Corp dan LinkedIn berani menyebut bahwa AI kini

Discord Luncurkan Fitur ala Clubhouse, LinkedIn Juga Garap Fitur Serupa

Daftar kompetitor Clubhouse terus bertambah. Bulan lalu, kita sudah melihat