20 March 2018

by Bambang Winarso

Instagram Diam-diam Godok Fitur Re-gram?

Sejumlah kecil grup penguji beta disebut mulai mencoba menggunakannya

Salah satu fitur yang paling ditunggu di Instagram akhirnya segera tiba dalam waktu dekat. Instagram dan sejumlah kecil pengguna disebut sedang melakukan pengujian sebuah fitur yang memungkinkan pengguna untuk membagikan sebuah tulisan dari lini masa secara publik, membubuhkan caption versi sendiri kemudian meninggalkan komentar di Instagram Story mereka.

Ketika dikonfirmasi kembali oleh Techcrunch, pihak Instagram tidak menjawab secara langsung namun mengatakan bahwa fitur re-gram saat ini tersedia untuk sekelompok penguji beta. Sayang tak ada informasi tambahan yang dapat membantu atau mengaitkan antara fitur regram dengan rumor baru ini. Apakah keduanya merupakan fitur yang sama atau berbeda.

Dengan asumsi bahwa fitur yang sedang dibicarakan adalah fitur yang sama, bahwa fitur re-gram yang dimaksudkan memungkinkan pengguna men-tap tombol โ€œsee postโ€ yang kemudian bakal menampilkan opsi embed yang bisa disisipkan ke Story masing-masing. Dengan cara ini, postingan asli tetap akan dipertahankan untuk menghormati orisinalitasnya. Alternatifnya, pengguna mendapatkan ruang ekstra untuk membubuhkan caption atau komentar versi mereka sendiri. Besar kemungkinan Instagram juga bakal menambahkan panel pengaturan untuk mematikan atau menghidupkan opsi ini.

Tambahan fitur re-gram, jika nanti terwujud dan bisa digunakan secara luas, berpotensi membantu Instagram untuk menjaga pengguna lebih lama di dalam platform. Pengguna diharapkan bakal menemukan konten-konten yang jauh lebih relevan, sehingga mendorong interaksi yang lebih lama dan luas. Meski dianggap meniru Snapchat ketika meluncurkan Story, namun banyak elemen di fitur ini merupakan produk asli Instagram, misalnya fitur Super Zoom dan Highlight. Bahkan jika fitur re-gram benar-benar terwujud, maka akan membuat Snapchat semakin terlihat inferior.

Sumber gambar header Pixabay.