Inilah Kelebihan Fitur Adaptive Refresh Rate 90 Hz di OPPO A96

Bahas layar OPPO A96 secara menyeluruh dan keunggulan adaptive refresh rate

OPPO A96 adalah salah satu penawaran paling menarik dari OPPO di segmen menengah. Sebab smartphone seri A ini dilengkapi spesifikasi yang serba ekstra, termasuk pada aspek layar yang memiliki fitur premium yakni adaptive refresh rate.

Sebelum masuk ke fitur tersebut, mari bahas dulu spesifikasi layar secara menyeluruh. Dari ukuran yang membentang luas 6,59 inci, tentunya memuaskan untuk berbagi aktivitas harian, termasuk saat harus melakukan multitasking.

Ditopang resolusi Full HD+ dalam aspek rasio 20:9 yang memberikan tingkat kerapatan sekitar 401 ppi. Layar yang tajam ini menyuguhkan pengalaman imersif saat nonton video dan sudah mengantongi sertifikasi Widevine L1 yang memungkinkan streaming film definisi tinggi.

Terkait gaming, dukungan refresh rate tinggi 90 Hz dan touch sampling rate 180 Hz menjadi modal penting bagi gamer yang bermain game kompetitif, macam MOBA dan battle royale. Grafis yang smooth dan respon layar yang cepat dapat mempengaruhi jalannya pertandingan.

Lalu, apa kelebihan fitur Adaptive Refresh Rate?

Refresh rate sendiri adalah berapa kali piksel (diukur dalam hertz/hz) pada layar diperbarui, secara umum semakin tinggi refresh rate maka gerakan animasi pada antarmuka terlihat lebih halus dan bagi gamer memberikan gameplay yang lebih mulus.

Namun dampaknya konsumsi dayanya lebih tinggi, apalagi jika semua konten dipaksa tampil pada 90 Hz. Berkat adaptive refresh rate, refresh rate bisa turun ke kecepatan yang lebih rendah saat tak diperlukan seperti saat menampilkan gambar statis sehingga konsumsi dayanya lebih efisien.

Lebih lanjut tentang layar OPPO A96, ia mengemas desain bergaya punch hole di pojok kiri atas yang menampung kamera depan 16 MP. Bezel sekeliling layarnya sangat tipis dan memiliki rasio screen-to-body 90,8%.

Jenis layar yang digunakan tipe IPS LCD, yang secara kualitas sudah terbilang oke dan warnanya pun natural. Didukung 96% NTSC Wide Color Gamut dan fitur All-day AI Eye Comfort yang mencakup sunlight display dan moonlight display yang memberikan kenyamanan penggunaan baik di siang dan malam hari.

Disclosure: Artikel ini adalah advertorial yang didukung oleh OPPO.