Inilah Fitur Kamera Inovatif Berbasis AI Pada OPPO Reno8 Z 5G

Dengan fotografi komputasional, Reno8 Z 5G menghadirkan fitur kamera inovatif seperti AI Portrait Retouching dan Bokeh Flare Portrait

OPPO Reno8 Z 5G telah resmi dijual di Indonesia, smartphone 5G bertenaga Snapdragon 695 5G ini dibanderol Rp5.999.000. Sebagai “The Portrait Expert”, OPPO membekali Reno8 Z 5G dengan 64 MP AI Portrait Camera, kamera depth untuk bokeh 2 MP, dan kamera macro sedekat 4 cm 2 MP.

Dengan dukungan fotografi komputasional, Reno8 Z 5G menghadirkan berbagai fitur kamera inovatif dengan teknologi AI yang canggih. Namun seberapa jauh fotografi komputasional dapat meningkatkan kemampuan kamera Reno8 Z 5G?

Fitur Kamera Inovatif Berbasis AI

Sebelum membahas fitur kamera inovatif yang ada pada perangkat Reno8 Z 5G, mari kita cari tahu sedikit tentang fotografi komputasional. Salah satu tujuannya untuk mengatasi tantangan fisik terkait dengan ukuran sensor gambar yang relatif kecil di smartphone dan juga keterbatasan komponen optik dalam lensa.

Teknologi AI pada Reno8 Z 5G membantu meningkatkan kinerja kamera dan kualitas gambar, seperti scene recognition yang dapat mengidentifikasi hampir semua hal dalam sebuah scene dan menyesuaikan pengaturan dengan tepat. Machine learning juga membantu meningkatkan autofocus, noise reduction, dan banyak lagi.

Contoh fitur kamera inovatif berbasis AI pada Reno8 Z 5G termasuk AI Portrait Retouching yang dapat mempertahankan pesona kecantikan alami masing-masing orang yang ada dalam foto. Fitur ini akan menyempurnakan wajah dan sentuhan warna kulit secara berbeda untuk setiap wajah.

Kemudian ada Bokeh Flare Portrait yang memungkinkan menghasilkan foto portrait malam dengan bokeh yang artistik. Bokeh Flare Portrait yang menggunakan algoritme low light HDR dan skenario pemotretan terbaiknya adalah di area perkotaan dengan latar belakang yang dihiasi banyak lampu.

Selain itu, pengguna Reno8 Z 5G juga dapat berkreasi dengan AI Color Portrait. Fitur yang satu ini akan memisahkan antara subjek dengan latar belakang, dapat menonjolkan subjek dengan tetap mempertahankan warna, sedangkan latar belakangnya dibuat hitam putih klasik.

Bagi pecinta selfie, kamera depan 16 MP dan fitur Selfie HDR memungkinkan menghasilkan foto portrait yang memukau. Algoritme AI akan menyeimbangkan wajah Anda agar tetap cerah dan menekan cahaya di latar belakang.

Mode kamera belakang di Reno8 Z 5G meliputi mode photo, video, night, pro, pano, portrait, time-lapse, slo-mo, text scanner, Google Lens, extra HD, macro, sticker, dan dual-view video. Sedangkan mode kamera depannya meliputi photo, video, pano, portrait, night, time-lapse, dan sticker.

Agar karya foto terlihat lebih menonjol dan unik, mengedit foto juga diperlukan meski proses mengedit semua foto akan memakan banyak waktu. Namun di Reno8 Z 5G ada fitur AI Palettes yang memungkinkan pengguna menyalin filter warna dan menjadikannya sebagai filter khusus yang diterapkan ke foto Anda.

Di samping menekankan kemampuan kamera, Reno8 Z 5G dilengkapi desain stylish dengan Dual Orbit Lights. Dua buah breathing light (lampu notifikasi) yang letaknya tersembunyi di bawah dua cincin dekorasi lensa kamera belakang.

Smartphone 5G bersistem operasi ColorOS 12.1 berbasis Android 12 ini ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 695 5G, disokong RAM 8 GB, dan penyimpanan internal 256 GB. Kapasitas baterainya 4.500 mAh dengan pengisian daya cepat 33W SUPERVOOC.