Dark
Light

IniFotoKu : Jejaring Sosial Untuk Fotografer

1 min read
April 13, 2009

Satu lagi situs jejaring sosial dengan audience yang niche. IniFotoku.com, sebuah situs yang bermarkas di Bandung ini memiliki misi memperkaya khasanah fotografi di Indonesia dan dunia, sebagai sarana belajar meningkatkan kemampuan di bidang fotografi, dan juga mempererat tali persahabatan di dunia fotografi.

IniFotoku.Com dibuat sebagai sarana menjalin persahabatan, membuka network, serta sarana pembelajaran dalam dunia fotografi.

Di halaman situs ini, anda dapat melihat beberapa thumbnail foto-foto yang diupload oleh para member IniFotoKu, namun untuk browsing lebih lanjut anda terlebih dahulu mendaftar menjadi anggota. Proses pendaftaran member di IniFotoku terbilang agak rumit. Seharusnya proses registrasi menjadi member tidak perlu mengisi daftar panjang form input yang sedikit membuat malas mendaftar. Informasi seperti “Nama ibu” juga saya rasa tidak perlu dicantumkan pada form registrasi. Dan juga berkaitan denga isu Hak Cipta, pada saat registrasi, calon member dihadapkan dengan 3 halaman berisi Syarat dan ketentuan mengenai foto yang diupload dan juga kegiatan yang berlangsung di IniFotoKu.

Namun diluar itu, aktivitas para member IniFotoku terbilang cukup aktif dengan kurang-lebih 5860 member terdaftar, dan mencapai 2.6 juta pageviews (menurut statistik). Sebuah angka yang cukup menarik untuk para advertiser.

Jika anda menjadi member di situs ini, anda bisa mengupload foto (karya sendiri) atau sekedar browsing foto-foto hasil karya member lain dan juga memberikan rating / komentar. Dengan interface yang intuitif menggunakan AJAX di berbagai section, mempermudah pengguna dalam berkegiatan dan sangat user-friendly. Fitur-fitur yang ada pun terbilang cukup lengkap, antara lain dengan fitur komentar, forum, dan juga integrasi (optiona) dengan PicLens. Sayang sekali situs ini belum mendukung pool FLickr, padahal banyak juga fotografer professional (dan amatir) yang berkegiatan di Flickr.

Satu hal yang pasti, IniFotoku memberikan rasa baru baik dalam dunia social networking dan juga dunia online photography. Untuk anda para penggemar fotografi, situs ini layak dipertimbangkan.

Rama Mamuaya

Founder, CEO, Writer, Admin, Designer, Coder, Webmaster, Sales, Business Development and Head Janitor of DailySocial.net.

Contact me : [email protected]

15 Comments

  1. Fotokita.net juga sedang ancang-ancang untuk menjadi Flickr-nya Indonesia. Tunggu tanggal mainnya yak 😉

  2. Hihi. Iya Rama. Sebenarnya kita udah mulai ini sejak tahun lalu, tapi proses developingnya nyicil-nyicil 🙂 Jumlah member aktifnya sudah mencapai 9.000 lho 😉

    kendala saat ini adalah di akses (server) yang masih di luar. Mudah2an dalam waktu dekat sudah bisa pindah ke lokal.

    Thanks ya kalo mau ngereview 😉

  3. Hihi. Iya Rama. Sebenarnya kita udah mulai ini sejak tahun lalu, tapi proses developingnya nyicil-nyicil 🙂 Jumlah member aktifnya sudah mencapai 9.000 lho 😉

    kendala saat ini adalah di akses (server) yang masih di luar. Mudah2an dalam waktu dekat sudah bisa pindah ke lokal.

    Thanks ya kalo mau ngereview 😉

  4. Hihi. Iya Rama. Sebenarnya kita udah mulai ini sejak tahun lalu, tapi proses developingnya nyicil-nyicil 🙂 Jumlah member aktifnya sudah mencapai 9.000 lho 😉

    kendala saat ini adalah di akses (server) yang masih di luar. Mudah2an dalam waktu dekat sudah bisa pindah ke lokal.

    Thanks ya kalo mau ngereview 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Twitter Diserang Worm Bertubi-tubi *UPDATED*

Next Story

YouTube Larang Upload dan Komentar di Korea

Latest from Blog

Don't Miss

Ide Kegiatan Fotografi di Masa Liburan dengan Galaxy S23 Series

Momen liburan akan segera tiba. Salah satu kegiatan yang tidak
Deretan-Effect-Instagram-yang-Menarik-untuk-Dicoba-oleh-Penggemar-Fotografi

Deretan Effect Instagram yang Menarik untuk Dicoba oleh Penggemar Fotografi

Sebagai penggemar fotografi, bagi saya Instagram masih menjadi platform terbaik