6 September 2023

by Lukman Azis

Ini Tips Memaksimalkan Kemampuan Nightography Samsung Galaxy Z Fold5

Untuk pengambilan gambar dalam kondisi pencahayaan minim, kita bisa mengandalkan mode Night dan Expert RAW dengan fleksibilitas FlexCam

Night photography adalah salah satu jenis fotografi yang sangat menantang, apalagi jika menggunakan kamera smartphone. Agar mendapat foto malam yang bagus tidak hanya memerlukan smartphone dengan sensor kamera yang besar tetapi juga teknik yang tepat.

Pada hari kedua acara Join The Flip Side Trip with Galaxy Z Fold5 | Z Flip5 di Bandung, Fold Team ditantang untuk mengambil foto di kondisi cahaya rendah dan malam hari mengandalkan Nightography di Galaxy Z Fold5. Meski begitu, saya amat percaya diri dengan hasilnya, ini alasannya dan beberapa tips mengambil foto malam.

Nightography dengan Pemrosesan Gambar AI Canggih

Ada beberapa alasan mengapa saya percaya dengan kemampuan Nightography Galaxy Z Fold5, yang pertama karena dukungan chipset terbaik Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy. Chipset flagship Qualcomm ini dibekali fitur Cognitive ISP yang mampu mengenali objek pada frame dengan lebih baik dan Multi-frame Noise Reduction (MFNR) yang mampu mengoreksi noise yang lebih optimal.

Selain itu, kamera utama di Galaxy Z Fold5 ditenagai sensor gambar Samsung ISOCELL GN3 50MP berukuran 1/1.56 inci dengan piksel 1 µm. Di atas lensa wide 23mm f/1.8, Dual Pixel AF, dan OIS. Untuk foto malam, pastikan pilih kamera utama pada mode 12,5MP dengan ukuran piksel individu lebih besar 2 µm yang mampu menyerap lebih banyak cahaya.

Tips Memotret Night Photography

Ada dua mode kamera yang dapat digunakan untuk pengambilan gambar dalam kondisi pencahayaan minim, yakni mode Night dan Expert RAW. Mode Night ini akan secara otomatis memberikan pengaturan terbaik untuk memotret di malam hari, dengan pemrosesan gambar berbasis AI yang begitu canggih untuk memperoleh foto yang lebih detail, lebih cerah, dan minim noise secara instan.

Nah yang perlu diperhatikan adalah shutter speed yang dibutuhkan, bisa dilihat di pojok bawah kanan, dan itu tergantung kondisi pencahayaan. Jika memotretnya secara handheld, tipsnya tarik nafas sebelum memotret dan keluarkan perlahan sambil menunggu waktu yang dibutuhkan.

Di sini fitur Optical image stabilization (OIS) di Galaxy Z Fold5 sangat membantu untuk mengkompensasi getaran tangan. Karena menggunakan shutter speed rendah, masih ada kemungkinan foto malam yang dihasilkan sedikit kabur kalau tangan bergoyang, maka dari itu ambil beberapa jepretan untuk jaga-jaga dan pegang smartphone dengan stabil.

Ada cara untuk memaksimalkan mode Night, caranya klik shutter speed yang diperlukan di pojok kanan bawah dan pilih max. Shutter speed yang dibutuhkan akan lebih lama lagi, tetapi kita bisa memanfaatkan FlexCam. Kita bisa menempatkan Galaxy Z Fold5, lalu menyesuaikan lipatan layarnya sehingga tidak perlu khawatir hasil gambar menjadi buram karena kamera tergoyang. Ini hasilnya:

Sementara untuk mode Expert RAW, ini akan memberikan keleluasaan untuk menyetel pengaturan kamera seperti ISO, Shutter Speed, EV, Focus, White Balance, Multi Exposure, Astrophoto, dan banyak lagi. Bagi penggemar fotografi, tentunya mode Expert RAW ini dapat memberikan hasil foto berkualitas tinggi di malam hari dan memungkinkan pengolahan foto yang lebih mendalam.

Ingin Join The Flip Side dan merasakan pengalaman Nightography untuk foto malam? Anda bisa kunjungi Galaxy Studio untuk mendapatkan Galaxy Z Fold5 dengan penawaran menarik. Saat ini sedang berlangsung di Central Park Mall Jakarta pada 6-10 September 2023, dilanjutkan Delipark Mall Medan pada 20-24 September 2023, Botani Square Mall Bogor pada 20-24 September 2023, dan BEC Mall Bandung pada 27 September-1 Oktober 2023.