Di tengah gencarnya serbuan brand-brand smartphone baru, orang semakin sadar betapa krusialnya online shop. Ketika para pemain lama masih mengusung pendekatan tradisional dalam memasarkan produk mereka, Infinix bersandar pada teknik yang sedang populer seperti pre-order dan flash sale. Namun Infinix tentu ingin merek mereka lebih dekat dengan konsumen Indonesia.
Karena alasan itulah, sang produsen handset asal Hong Kong melakukan ‘ekspansi’ di Indonesia dengan meresmikan Infinix House, kebetulan juga merupakan yang pertama di Asia. Infinix memilih Ruko Roxy Mas sebagai tempatnya, sebuah lokasi strategis sekaligus kawasan niagara elektronik terbesar di Jakarta. Mungkin Anda penasaran, apa fungsi Infinix House jika online sale terbukti efektif bagi mereka?
Infinix House sendiri dirancang sebagai showroom, di mana Anda juga dapat membeli bermacam-macam aksesori resmi, serta berperan menjadi service center. Marketing manager Anis Thoha Manshur menyampaikan hal menarik, bahwa meskipun sejauh ini smartphone hanya dijual secara eksklusif di Lazada, service center tetap berkenan menanggung perbaikan handset pengguna yang membelinya di tempat lain.
Dibukanya Infinix House ialah hasil kerjasama Infinix dengan M-Care. Artinya jaringan aftersales menggapai lebih banyak tempat, saat ini tersebar di 13 cabang di 10 kota besar, yaitu Jakarta, Tangerang, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Medan, Denpasar, Makassar, Surabaya dan Banjarmasin. Tiap cabang service center menawarkan layanan identifikasi masalah, upgrade software, serta menyediakan suku cadang.
Infinix percaya, showroom akan meyakinkan khalayak sebelum membeli. Satu kelemahan besar bagi brand yang mengandalkan metode penjualan online adalah tidak ada wadah bagi konsumen baru untuk mencoba langsung produk Infinix – misalnya buat sekedar menjajalnya, mengomparasi desain dan performa dengan handset lain, atau menakar build quality-nya. Kini khalayak tinggal mengunjungi Infinix House.
Berbicara lebih lanjut dengan Anis, tersedianya Infinix House juga tampaknya akan memudahkan mereka mengeksekusi penjualan secara offline. Infinix memang tidak menyebutkan kapan tepatnya hal itu akan dilakukan, dan sudah pasti mereka tak akan meninggalkan metode penjualan online. Sang marketing manager bilang, perbandingan antara offline dan online ditargetkan memiliki perbandingan 30:70, membuktikan bahwa online masih jadi teknik andalan.
Anis Thoha menjelaskan, banyak aspek yang harus dipersiapkan buat berjualan offline, misalnya memperoleh izin serta menyiapkan langkah-langkah distribusi. Berkolaborasi bersama Lazada sendiri memberikan banyak keuntungan, salah satunya ialah topangan warehouse berkapasitas besar, memastikan barang tidak cepat habis ketika diserbu konsumen.
Berbincang-bincang dengan country manager Marcia Sun, saya mendapatkan kesan, Infinix House juga dipersembahkan spesial bagi para X-fans. Uniknya lagi, Infinix tidak mempunyai rencana untuk menunjuk brand ambassador di waktu dekat, lebih fokus melayani penggemar, serta menghimpun lebih banyak orang dalam ekosistem X-Club. Sejumlah app turut di-pre-load di handset demi memudahkan konsumen bercengkerama ke sesama pengguna.
Di momen ini pula, Infinix mengumumkan kemitraan dengan PT. Haier Electrical Appliances Indonesia buat melakukan perakitan lokal demi memenuhi standard TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) pemerintah. Diskusi antara Infinix dan Haier kabarnya sudah dimulai sejak 2015. MoU sendiri ditandatangani pada awal tahun ini. Di 2016, pemerintah menetapkan TKDN smartphone sebesar 20 persen.
“Kami senang Infinix memilih kami sebagai manufaktur lokal untuk merakit produk terbaik dan berkualitas,” ungkap direktur Haier Indonesia Nakase Shinichi secara tertulis. “Kami yakin melalui kerjasama ini, Haier dan Infinix bisa bersama-sama membangun dan mengembangkan industri smartphone bagi pasar Indonesia berbasis teknologi tinggi.”
Infinix House akan mulai beroperasi setelah Tahun Baru China 2016, tanggal 8 Februari nanti. Ini dia nama-nama, lokasi, serta kontak service center Infinix:
- M-Care Roxy Square – Ruko Mall Roxy Square No. A5. Jl. Kyai Tapa No. 1 Jakarta Barat – (021) 5695-3488/89
- M-Care ITC Cempaka Mas – ITC Cempaka Mas Lt. 7 No. H7-H8, Jln. Letjen R. Suprapto, Jakarta Pusat – (021) 2148-0901
- Bhinneka Mentari Dimensi – Jl. Gunung Sahari Raya 73C No. 5-6 Jakarta, 11610 – (021) 420-3388 / (021) 420-995
- Berrindo – Supermall Karawaci Lt. UG A5 No. 7-8, Tangerang – (021) 5421-0928
- M-Care Bandung – Balubur Town Square Lt. 1, T10-T11, Jl. Taman Sari, Bandung – (022) 2100-0300
- Alfa Selular – Jl. Jendral Sudirman 256, Semarang – (024) 7014-8778
- M-Care Yogyakarta – Ramai Shopping Mall Lt. 2 No. A26, Jl. Ahmad Yani No. 73, Yogyakarta – (0274) 557-015
- M-Care Surabaya – Mastech Blok F11 (Maspion Square), Jl. A. Yani 78, Surabaya – (031) 8477-889
- Telemarco – Jl. Sutomo No. 490, Medan – (061) 456-8988
- Graha Insan Surya – Komp. Ruko Investama, Jl. Teuku Umar No. 123, Blok C-8, Denpasar, Bali – (0361) 246-553
- Karya Electronic – Jl. Yos Sudarso No. 300, Blok A7, Makassar, 90165 – (0411) 365-3800
- Arthomoro Cell – Jl. Ahmad Yani Km. 2, Banjarmasin – (0511) 327-6219