Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Laporan Data: Industri Streaming Game Tumbuh 21% di 2021

9 March 2022Ellavie Ichlasa Amalia

Selama 2021, total hours watched dari industri game tetap tumbuh walau pandemi mulai teratasi

Viewership dari platform streaming game seperti Twitch dan YouTube Gaming naik pesat selama pandemi COVID-19. Pada tahun lalu, pandemi mulai teratasi. Meskipun begitu, industri streaming game tetap mengalami pertumbuhan. Hal ini membuktikan bahwa konten game tetap diminati. Dan belum lama ini, perusahaan analitik Stream Hatchet merilis laporan tentang kondisi industri streaming game selama 2021. Berikut ulasan lengkapnya.

Industri Streaming Game Secara Umum

Pada 2021, industri streaming game berhasil mengumpulkan 34,6 miliar jam hours watched. Hal itu berarti, industri streaming game di 2021 mengalami pertumbuhan sebesar 21% dari tahun 2020. Total hours watched pada 2020 hanya mencapai 28,7 miliar jam. Fakta bahwa industri streaming game tetap mengalami pertumbuhan walau kondisi pandemi mulai membaik merupakan bukti bahwa minat masyarakat untuk menonton konten gaming tidak hanya didorong oleh pandemi.

Namun, harus diakui, pertumbuhan industri streaming game pada 2021 tidak sebesar pertumbuhan pada 2020, yang mencapai 81%. Kabar baiknya, sepanjang Q1-Q3 2021, jumlah hours watched di industri streaming game memang selalu lebih besar dari tahun 2020. Total hours watched baru mengalami penurunan sebesar 2% pada Q4 2021. Hal ini terjadi karena peluncuran dari sebagian game ditunda dan begitu pula dengan penyelenggaraan beberapa kompetisi esports.

Total hours watched dari industri game dari 2018-2021. | Sumber: Stream Hatchet

Saat ini, ada tiga platform streaming game besar: Facebook Gaming, Twitch, dan YouTube Gaming. Dari tiga platform tersebut, Twitch masih menjadi pemimpin industri. Platform milik Amazon itu memberikan kontribusi sebesar 71% pada total hours watched dari industri streaming game pada 2021.

Tahun lalu, Twitch juga mengalami pertumbuhan viewership yang cukup signifikan. Begitu juga dengan Facebook Gaming. Sayangnya, tidak begitu dengan YouTube Gaming. Sementara viewership dari Twitch dan Facebook Gaming menunjukkan tren naik, jumlah hours watched dari YouTube Gaming justru mengalami penurunan. Alhasil, persaingan antara YouTube Gaming dan Facebook Gaming pun menjadi semakin ketat.

Pada semester pertama 2021, YouTube Gaming masih lebih unggul dari Facebook Gaming. Ketika itu, YouTube Gaming berhasil mendapatkan total hours watched sebanyak 2,7 juta jam, sementara Facebook Gaming hanya mendapatkan 2,2 juta jam. Keadaan berbalik pada semester dua 2021. Ketika itu, jumlah hours watched dari Facebook Gaming naik menjadi 2,5 juta jam. Sebaliknya, jumlah hours watched dari YouTube Gaming justru mengalami penurunan, menjadi 2,3 juta jam.

Viewership dari Twitch, Facebook Gaming, dan YouTube Gaming

Walau sudah menjadi pemimpin pasar streaming game, Twitch masih tumbuh pesat pada 2021. Faktanya, Twitch merupakan platform streaming game dengan pertumbuhan paling besar di tahun lalu. Pada 2021, total hours watched Twitch mencapai 24,3 miliar jam, naik 31,6% dari total hours watched pada 2020, yang hanya mencapai 18,5 miliar jam.

Pada tahun lalu, sebagian besar pertumbuhan viewership Twitch terjadi pada kuartal pertama. Pada Q1 2021, total hours watched Twitch mengalami pertumbuhan sebesar 97% dari 2020. Viewership Twitch bisa tumbuh pesat pada Q1 2021 karena peraturan lockdown yang ditetapkan oleh berbagai negara.

Menariknya, walau digadang-gadang sebagai platform streaming game, Twitch juga mendapatkan penonton dari kategori non-gaming. Malahan, jumlah penonton Twitch di kategori non-gaming terus bertambah. Pada tahun lalu, kategori non-gaming menyumbangkan 12% dari total hours watched yang didapat oleh Twitch. Angka ini tumbuh 64% jika dibandingkan dengan total hours watched dari kategori non-gaming di tahun 2020.

Viewership dari Twitch pada 2021. | Sumber: Stream Hatchet

Twitch bukan satu-satunya platform streaming game yang tumbuh pesat pada tahun lalu. Sepanjang 2021, Facebook Gaming berhasil mendapatkan hours watched sebanyak 4,8 miliar jam, naik 52,74% dari total hours watched 3,1 miliar jam di 2020. Sama seperti Twitch, pertumbuhan viewership terbesar dari Facebook Gaming terjadi di Q1 2021. Ketika itu, total hours watched Facebook Gaming mengalami pertumbuhan sebesar 87%. Hingga akhir tahun, total hours watched Facebook Gaming terus naik.

Pada Q3 2021, Facebook Gaming mendapatkan total hours watched sebesar 1,3 miliar, naik 59% dari tahun sebelumnya. Dengan begitu, Facebook Gaming berhasil mengalahkan YouTube Gaming sebagai platform streaming game terbesar ke-2 setelah Twitch. Namun, pada Q4 2021, YouTube Gaming kembali dapat menyamai total hours watched dari Facebook Gaming. Ke depan, tampaknya, kedua platform streaming game itu akan bersaing ketat untuk memperebutkan audiens.

Pertumbuhan hours watched dari Facebook Gaming pada 2021. | Sumber: Stream Hatchet

Jika Twitch dan Facebook Gaming mengalami pertumbuhan dari segi hours watched, viewership YouTube Gaming justru mengalami penyusutan. Sepanjang 2021, total hours watched yang didapatkan oleh YouTube Gaming hanya mencapai 5 miliar jam, turun 19,29% dari tahun 2020, yang mencapai 6,2 miliar jam hours watched. Tahun lalu, YouTube Gaming hanya mengalami pertumbuhan hours watched pada Q1. Setelah itu, total hours watched yang didapat oleh YouTube Gaming terus turun.

Menariknya, walau total hours watched yang didapat oleh YouTube Gaming menunjukkan tren turun, YouTube tetap menjadi platform pilihan utama para penonton untuk konten video-on-demand. YouTube melaporkan, saat ini, konten terkait gaming telah ditonton oleh 800 miliar penonton.

Salah satu strategi YouTube untuk tumbuh sebagai platform streaming game adalah menjalin kerja sama eksklusif dengan beberapa kreator konten gaming. Tahun lalu, pada September 2021, YouTube berhasil mendapatkan kontrak kerja sama eksklusif dengan Benjamin “DrLupo” Lupo dan Timothy John Betar alias TimTheTatMan. Sejak saat itu, kedua YouTubers tersebut berhasil mendapatkan 19 juta jam hours watched.

Hours watched dari YouTube Gaming pada 2021. | Sumber: Stream Hatchet

Baik Twitch, Facebook Gaming, maupun YouTube Gaming punya pasar sendiri-sendiri. Misalnya, Twitch menguasai pasar streaming game di kawasan Amerika, Eropa, serta Afrika bagian selatan. Sementara itu, Facebook Gaming dan YouTube Gaming lebih populer di kawasan Asia, yang kebanyakan penggunanya mengakses internet melalui smartphone.

Di Indonesia dan negara-negara tetangga, Facebook Gaming merupakan platform streaming game nomor satu. Facebook Gaming berhasil mendulang sukses setelah mereka bekerja sama dengan publisher seperti Tencent, Moonton, dan Riot Games. Sebagai bagian dari kerja sama ini, Facebook Gaming mendapatkan hak untuk menyiarkan turnamen esports dari game-game milik publisher tersebut. Selain kerja sama dengan publisher, Facebook Gaming juga berusaha untuk membangun komunitas gamers dengan menjalin kerja sama dengan streamers lokal.

Game dan Streamers Terpopuler Sepanjang 2021

Dalam laporannya, Stream Hatchet juga membuat daftar 10 game terpopuler di kalangan audiens konten gaming. Menariknya, Grand Theft Auto V merupakan game yang paling populer di 2021. GTA V berhasil naik ke peringkat pertama setelah duduk di peringkat lima pada 2020. Dalam setahun, total hours watched yang didapat oleh GTA V mencapai 2,7 miliar jam. Setelah GTA V, game terpopuler ke-2 adalah League of Legends, diikuti oleh Free Fire dari Garena yang duduk di posisi ke-3.

Selain Free Fire, ada dua mobile game lain yang masuk dalam daftar 10 game terpopuler di 2021. Kedua game itu adalah PUBG Mobile dan Mobile Legends: Bang Bang. Hal ini menunjukkan bahwa sekarang, konten streaming dari mobile game tidak kalah populer dari game PC atau konsol. Dan walau Twitch menguasai pasar streaming game untuk game PC dan konsol, pasar streaming dari mobile game dikuasai oleh Facebook dan YouTube.

10 game terpopuler di industri streaming game pada 2021. | Sumber: Stream Hatchet

Dari segi genre, battle royale dan shooter menjadi genre favorit bagi audiens konten gaming. Secara total, game-game shooter dan battle royale — seperti Free Fire, Fortnite, VALORANT, PUBG Mobile, dan Call of Duty: Warzone — mendapatkan 5,67 miliar jam atau sekitar 32,3% dari keseluruhan hours watched pada tahun lalu. Selain itu, kategori game lain yang populer adalah game open-world. Selain GTA V, game open-world lain yang populer adalah Minecraft dan Rust. Secara total, kategori open-world mendapatkan total hours watched sebanyak 4,28 miliar jam. Hal ini membuktikan bahwa metaverse punya potensi untuk menarik perhatian para penonton konten gaming di masa depan.

Sementara itu, gelar streamer terpopuler masih dipegang oleh Félix “xQcOW” Lengyel. Dalam 2021, total hours watched yang dia dapatkan mencapai 272,9 juta jam, 100 juta jam lebih banyak dari Alexandre “Gaules” Borba yang ada di posisi ke-2. Untuk mendapatkan pencapaian tersebut, xQcOW juga harus bekerja keras. Total durasi streaming yang dia lakukan pada 2021 mencapai 3.629 jam atau 151 hari.

10 streamers terpopuler di 2021. | Sumber: Stream Hatchet

Semua streamers dalam daftar 10 streamers terpopuler menjadikan Twitch sebagai platform utama mereka. Satu hal yang menarik, streamer yang tidak menggunakan Bahasa Inggris kini menjadi semakin populer. Dari 10 streamers terpopuler, 3 streamers melakukan siaran dalam Bahasa Spanyol, sementara 2 streamers lainnya menggunakan Bahasa Portugis.

Sumber header: Red Bull

Play video

5 July 2022

Ledger NFT Marketplace #shorts

Produsen hardware crypto wallet Ledger resmi menjalani debutnya di ranah marketplace NFT lewat Ledger Market.

Others from #HybridTV