Indosat Ooredoo Hutchison atau yang lebih dikenal sebagai Indosat tentunya masih menjadi salah satu provider jaringan paling dikenal di Indonesia. Dan kini, Indosat tengah berkomitmen untuk melakukan transformasi dari perusahaan Telco menjadi AI Native Tehco.
Dalam misinya tersebut, Indosat ingin memaksimalkan penggunaan kecerdasan buatan (AI) di seluruh operasional perusahaan. Untuk merealisasikannya, Indosat mennggandeng raksasa teknologi Microsoft dengan menggunakan Copilot for Microsoft 365.
“Di Indosat, kami tidak hanya mengintegrasikan kecerdasan buatan ke dalam strategi kami, kami turut membudayakan inovasi. Kami memiliki tujuan untuk memberdayakan setiap individu Indonesia melalui solusi yang diperkaya oleh kecerdasan buatan,” ujar Sanjeev Rawat, Chief Digital Officer Indosat Ooredoo Hutchison.
Sanjeev juga menjelaskan bahwa operasional dari Indosat seringkali terjebak dalam aspek teknis, sehingga hanya menyisakan sedikit waktu untuk tugas-tugas rutin seperti pembuatan dokumen dan manajemen konten. Masalah itulah yang diharapkan dapat dipecahkan oleh Copilot for Microsoft 365.
Tidak hanya meningkatkan produktivitas saja, tetapi juga memungkinkan kami fokus pada inisiatif strategis dan pelayanan pelanggan. Dengan pengelolaan sumber daya yang efisien, Indosat dapat meningkatkan kualitas layanan untuk lebih dari 100 juta pelanggan untuk mendorong pertumbuhan perusahaan.
Di sisi lain, Presiden Direktur Microsoft Indonesia, Dharma Simorangkir juga merasa terhormat untuk dapat memberikan dukungan terhadap Indosat dalam perjalanan transformasinya menjadi TechCo. Dharma yakin bahwa Microsoft Copilot dapat mendorong konektivitas digital di seluruh Indonesia.
Pendekatan Indosat sejalan dengan Microsoft Work Trend Index 2024 yang menunjukkan perubahan dinamika kerja di Indonesia dengan penggunaan AI. Studi ini mencatat bahwa 92% profesional di Indonesia memanfaatkan AI generatif di tempat kerja, dan 92% pemimpin menganggap AI penting untuk meningkatkan daya saing.
Nantinya, asisten kecerdasan milik Microsoft tersebut akan diintegrasikan dengan sistem operasional Indosat. Harapannya, teknologi tersebut dapat meningkatkan produktivitas dan menghubungkan masyarakat di seluruh kepulauan Indonesia.
Copilot for Microsoft 365 akan menyederhanakan berbagai pekerjaan seperti mengatur jadwal pertemuan, merangkum notulen rapat, menyiapkan email, dan banyak lagi. Penggunaannya di Indosat kini meluas dari Divisi Digital ke Divisi lain termasuk Sumber Daya Manusia (SDM), Business-to-Business (B2B), dan Jaringan.
Dalam transformasi dari Telco ke AI Native TechCo, Indosat didukung oleh Microsoft dalam memanfaatkan Copilot untuk meningkatkan dampak bisnis dan kontribusi strategis terhadap konektivitas digital. Dan hal tersebut nantinya juga akan memberi dampak luas di luar Indosat.