15 July 2022

by Galih

Indonesia jadi Negara Kelima yang Rajin Bahas Game di Twitter

Genshin Impact dan Wordle jadi game yang paling banyak dicuitkan.

Ternyata banyak juga ya gamer asal Indo yang nongkrong di Twitter. Lalu, negara mana yang paling aktif di Twitter?

2022 memang menjadi tahun yang menarik bagi para gamer, sejak awal hingga pertengahan tahun ini banyak hal dan kejutan baru dari industri video game. Hal itu juga terlihat dari banyaknya pembicaraan yang dilakukan oleh para gamer melalui media sosial Twitter.

 
View this post on Instagram
 

A post shared by Hybrid.IDN (@hybrid.dojo)

Lewat laporan insight terbarunya, Twitter bahkan memberikan data lengkap mengenai percakapan seputar video game yang dilakukan oleh para penggunanya selama setengah tahun ini. Twitter bahkan menyebut bahwa para gamer berhasil mencetak rekor baru pada 2022 ini.

Sebagai pembuka, Twitter menyebutkan bahwa ada sekitar 1,5 miliar tweets atau cuitan mengenai gaming pada semester pertama tahun ini. Peningkatannya volume cuitannya pun mencapai 36% dibandingkan tahun lalu. Padahal masih ada setengah tahun lagi yang berarti bukan tidak mungkin akhir tahun ini akan menembus 3 juta cuitan.

Image Credit: Twitter

Dan dari jumlah yang masif tersebut ternyata Twitter masih didominasi oleh para pengguna asal Jepang. Para gamer di Jepang kelihatannya setia menjadikan Twitter sebagai media sosial utama mereka membagikan cerita maupun berdiskusi seputar gaming.

Di belakangnya, ada Amerika Serikat, Korea Selatan,  dan Thailand yang juga ikut mempertahankan posisinya dari tahun lalu. Indonesia sendiri kini berada di posisi kelima. Pada laporan tahun 2021 silam Indonesia masih berada di posisi ke-7. Menggeser Brazil dan Filipina yang sekarang berada di posisi 6 dan 7.

Hal ini menunjukkan bahwa para gamer di Indonesia kini mulai menggunakan atau kembali ke Twitter untuk membicarakan video game. Sayangnya, tidak ada informasi lebih mendetail mengenai akun gaming lokal mana yang paling disukai ataupun game apa yang paling banyak dibicarakan oleh gamer Indonesia.

Image Credit: MiHoYo

Namun secara global, pembicaraan video game tahun ini kembali didominasi oleh Genshin Impact. Game free-to-play milik MiHoYo ini tetap bertahan di posisi puncak. Kejutan tampaknya ada di posisi kedua yang kini ditempati oleh Wordle.

Permainan tebak kata harian ini ternyata benar-benar menjadi kejutan besar di tahun 2022 ini. Karena baru dirilis pada akhir tahun 2021 lalu, namun game ini sudah berhasil menjadi game yang paling banyak dibicarakan nomor 2 oleh para gamer di seluruh dunia.

Untuk daftar lebih lengkapnya, Anda bisa melihat artikel berikut "Inilah 10 Game Terpopuler di Semester Pertama 2022 Menurut Cuitan Twitter".