Dark
Light

Indonesia Pengguna Opera Mini Terbesar

1 min read
June 30, 2010

“Prestasi” berhasil ditorehkan pengguna internet bergerak di Indonesia, menurut Opera dalam laporan State of Mobile Web-nya, Indonesia adalah negara terbesar pengguna peramban Opera Mini di bulan Mei mengalahkan “musuh bebuyutan” selama berbulan-bulan yaitu Rusia.

Selebihnya belum ada kejutan baru di perilaku pengguna. Situs nomor satu yang diakses masih Facebook, dan 10 besar alat yang digunakan masih didominasi Nokia.

Untuk situs lokal, posisi tertinggi saat ini masih dipegang oleh Detik.com. Saat ini kita tanyakan kepada Ario Tamat, GM Mobile-nya yang baru, Ario memberikan kisaran angka 1.5 juta* page view per hari untuk situs bergeraknya, walau bukan semuanya berasal dari Opera Mini. *RALAT: angka pageview per harinya untuk Detik.com berkisar di 7.5 juta per harinya.

Menurut Opera, pertumbuhan pengguna Opera Mini dari Indonesia setahun terakhir naik 570%. Pertumbuhan ini tentunya didukung oleh maraknya ponsel Cina yang berkisaran harga di bawah 1 juta rupiah namun sudah berkemampuan jelajah internet, bahkan banyak di antaranya yang sudah ada Opera Mini terinstall langsung.

Opera Mini memang solusi yang sempurna untuk perangkat kelas bawah dan menengah, karena kemampuannya menerjemahkan halaman website biasa untuk tataletak layar kecil. Namun teryata penggunaannya di iPhone juga cukup populer, terbukti di China yang menduduki negara keempat terbanyak yang menggunakan Opera Mini, iPhone sudah masuk di peringkat kesembilan dari tidak ada di bulan lalu, dan di Amerika Serikat langsung menduduki peringkat pertama sejak kehadirannya bulan April lalu.

9 Comments

  1. One of the reason is, Indonesia is [one of] the biggest social network users in the world.
    Then, unknowing about another sites, such as Search Engine. [Most of] them only know about Facebook.
    Test: Give a question, “Do you know Google?” to hundreds [or all] of Facebook users in Indonesia.
    More than 50% said, “No”.

    First fact: from @WatchMouse http://j.mp/9sx0Jc

  2. I partly agree – many people still don't know what search engines are for, thus are ignorant to find out. They just go to the sites that they know will give them benefit – social networks, to name one. So, content discovery (news, music, etc) happens through these social networks, and not through search engines.

    reversely, they know how to use the search function on Facebook to look for other friends 😀

  3. Absolutely – The reason of Google lose from Facebook in Indonesia.
    You should check this information by Pingdom http://j.mp/aCKfHQ
    Indonesia surpassed to the 13th largest Internet users, but with Facebook.

  4. Opera mini memang banyak digunakan di Indonesia, tapi belum tentu cukup aksesibel untuk semua situs. Misalnya untuk sistem komentar disqus ini, rasanya belum bisa dengan baik dibuka di opera mini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Foursquare Terima Kucuran Dana Series-B

Next Story

Woot Dibeli Oleh Amazon

Latest from Blog

Don't Miss

Integrasi AI pembuat gambar pada Microsoft Edge

Microsoft Edge Kini Dilengkapi Sistem AI Pembuat Gambar

Microsoft terus menyematkan kecanggihan AI ke berbagai produknya. Februari lalu,
Microsoft dan Intel buat alat upscaling video

Microsoft dan Intel Buat Alat Upscaling Videonya Sendiri

Perkembangan teknologi video online kini mulai memanas, terutama sejak Google