Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Indonesia Harapkan 6 Medali Emas dari Esports di SEA Games Vietnam, Garena Kerja Sama dengan Perusahaan Retail Brasil

18 April 2022Ellavie Ichlasa Amalia

Riot Games kerja sama dengan Intel untuk rombak Intel Arabian Cup

Minggu lalu, PB ESI mengungkap keputusan mereka untuk menaikkan target medali untuk cabang esports dalam SEA Games 2021 Vietnam, dari lima medali emas menjadi enam medali emas. Sementara itu, Garena berhasil menjadikan perusahaan retail Casas Bahia sebagai sponsor dari liga Free Fire di Brasil. Riot Games bekerja sama dengan Intel untuk merombak Intel Arabian Cup. Dan Mercedes-Benz Mesir memutuskan untuk menjadi sponsor dari tim League of Legends lokal, yaitu Anubis Gaming. Terakhir, perusahaan esports ReKTGlobal baru saja diakuisisi oleh perusahaan metaverse, Infinite Reality.

Indonesia Targetkan Enam Medali Emas dari Cabang Esports di SEA Games Vietnam

Indonesia memperkirakan, para atlet dari cabang olahraga esports akan bisa membawa pulang enam medali emas dalam SEA Games 2021 Vietnam. Sebelumnya, perwakilan Indonesia diharapkan bisa membawa lima medali emas. Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) Bambang Sunarwibowo menjelaskan, keputusan untuk menaikkan target perolehan medali emas dari cabang esports didasarkan pada analisa tim pelatih di seleksi pelatihan nasional tahap dua.

“Para pelatih yang tahu pasti setelah melihat pertandingan uji coba dengan beberapa negara dan hasilnya ada peningkatan kemampuan,” kata Bambang, dikutip dari Antara. “Saya berharap, atlet-atlet ini dapat mengibarkan nama besar esports.” Di SEA Games Vietnam, Indonesia akan bertanding di Free Fire, FIFA Online, Cross Fire, serta Mobile Legends, baik solo maupun tim.

Riot Games Gandeng Intel untuk Rombak Intel Arabian Cup

Riot Games baru saja menjalin kerja sama dengan Intel untuk merombak penyelenggaraan Intel Arabian Cup (IAC) tahun ini. Dengan begitu, IAC akan menjadi bagian dari program untuk mengembangkan talenta esports di kawasan Afrika Utara dan Timur Tengah (MENA). Sementara total hadiah yang ditawarkan dari IAC tahun ini mencapai US$130 ribu.

Intel Arabian Cup bakal tawarkan total hadiah sebesar US$30 ribu. | Sumber: Millenium

Menurut laporan Esports Insider, IAC baru ini akan terdiri dari beberapa kompetisi dari game-game Riot, termasuk League of Legends, VALORANT, dan Wild Rift. Selain itu, dalam IAC juga akan diadakan turnamen amatir IAC Playground, yang menawarkan total hadiah sebesar US$30 ribu. Kompetisi tersebut akan digelar di tiga kawasan yang berbeda, yaitu Gulf Cooperation Council (GCC) dan Irak, Levant dan Mesir, serta Amerika Utara.

Perusahaan Raksasa Retail Brasil Jadi Sponsor Liga Free Fire Brasil

Minggu lalu, perusahaan retail raksasa asal Brasil, Casas Bahia, telah menandatangani kontrak kerja sama dengan Garena. Dengan begitu, Casas Bahia resmi menjadi sponsor dari Brazilian Free Fire League (LBFF) untuk tahun 2022. Sebagai bagian dari kerja sama tersebut, brand Casas Bahia akan ditampilkan pada babak final dari LBFF Season 7. Setelah itu, brand tersebut juga akan ditampilkan di Free Fire World Series (FFWS) yang bakal digelar pada Mei 2022 serta pada LBFF Season 8, yang akan diadakan pada semester kedua tahun ini, lapor Esports Insider.

Casas Bahia memutuskan untuk menjadi sponsor dari LBFF setelah liga tersebut memperluas jangkauan audiens dan mengubah model bisnis mereka. Sekarang, pertandingan dari liga Free Fire tersebut juga ditayangkan di TV Brasil, yaitu RedeTV! Selain itu, LBFF juga telah meluncurkan album stiker untuk memperkenalkan para pemain profesional yang berlaga di liga tersebut. Tak hanya itu, babak final dari LBFF Season 7 juga ditayangkan di beberapa bioskop Cinemark pada 16 April 2022.

Mercedes-Benz Mesir Sponsori Tim League of Legends Lokal, Anubis Gaming

Mercedes-Benz Mesir akan menjadi sponsor dari Anubis Gaming. Didirikan pada 2015, Anubis adalah tim pertama yang memenangkan kompetisi League of Legends untuk kawasan Mesir serta Afrika Utara dan Timur Tengah (MENA). Sebagai bagian dari kontrak sponsorship ini, logo Mercedes akan disematkan di bagian depan dari jersey pemain Anubis. Dan sebagai gantinya, Mercedes akan memberikan dukungan pada tim Anubis sepanjang tahun.

Anubis Gaming. | Sumber: Albawaba

Mercedes-Benz mulai menjajaki esports pada 2017. Ketika itu, mereka menggandeng ESL sebagai rekan kerja sama. Pada 2020, Mercedes-Benz menjadi rekan otomotif eksklusif dari semua event League of Legends, menurut laporan Albawaba. Memang, esports merupakan salah satu industri baru yang menjadi fokus dari Mercedes dalam beberapa tahun belakangan.

Perusahaan Esports ReKT Diakuisisi oleh Perusahaan Metaverse, Infinite Reality

Perusahaan hiburan metaverse, Infinite Reality (iR) telah setuju untuk mengakuisisi konglomerasi esports, ReKTGlobal. Akuisisi tersebut bernilai US$470 juta. Dengan ini, aset-aset esports dari ReKTGlobal — termasuk franchise tim esports, layanan marketing dan partnership, manajemen talenta, serta teknologi yang mereka buat — akan menjadi bagian dari iR. Dengan mengakuisisi ReKT, Infinite Reality berharap, mereka dapat memperkenalkan merek mereka di industri esports.

Pendiri dan Chairman ReKTGlobal, Amish Shah mengatakan, akuisisi ini akan memberikan dampak positif pada industri esports. “Kedua perusahaan sedang dalam fase pertumbuhan besar-besaran. Dengan menggabungkan aset-aset dari kedua perusahaan, perjanjian akuisisi ini akan menguntungkan kedua belah pihak,” kata Shah pada Esports Insider. Lebih lanjut, dia menjelaskan, alasan ReKTGlobal menerima akuisisi dari perusahaan metaverse seperti iR adalah karena mereka memang telah tertarik untuk membuat NFT atau memulai program Web3 lainnya.

Sumber header: The Esports Observer

Play video

4 July 2022

Ini Alasan realme Rilis Banyak Varian realme GT Neo 3 #quickquery

realme belum lama ini hadirkan smartphone terbaru realme GT Neo 3. Ponsel ini hadir dalam beberapa varian. Simak alasan ...

Others from #HybridTV