Dark
Light

In-Page Analytics: Fitur Baru dari Google Analytics

1 min read
October 18, 2010

Google mengumumkan pembaruan atas layanan Google Analytics mereka, dengan meluncurkan In-Page Analytics versi beta. Fitur baru ini akan mempermudah para pengguna Google Analytics dalam melihat tampilan visual yang berhubungan dengan data statistik dari interaksi pengguna atas halaman situs tertentu.

In-Page Analytics akan menampilkan data statistik dari klik yang dilakukan pengunjung pada setiap halaman situs. Data akan ditampilkan dalam kotak berbentuk balon dan akan tampak ‘diatas’ tautan yang ada di halaman situs.

Fitur yang menggantikan fasilitas Site Overlay yang sebelumnya dimiliki Google Analytics ini, bisa Anda temukan pada menu Content di akun Google Analytics Anda, jika Anda telah sign in ke akun Google Anda dan telah masuk ke akun Google Analytics, maka Anda cukup melakukan klik pada pilihan menu Content maka akan ada pilihan In-Page Analytics, setelah pilihan ini Anda klik menu utama dari fitur ini akan muncul.

Pada bagian tengah akan terdapat halaman lengkap situs Anda yang telah ditambahkan keterangan angka statistik, yang tampil berupa balon mirip balon percakapan di komik, ketika Anda menggeser tetikus pada keterangan angka ini atau tautan dari situs Anda maka akan muncul kotak berisi keterangan lengkap tentang jumlah serta persentasi klik dari tautan atau bagian tententu di halaman situs Anda yang diklik oleh pengguna.

Dibagian kiri akan tampak kolom yang berisi keterangan tentang statistik detail dari konten situs Anda, termasuk keterangan tentang jumlah pageviews, unique views serta berbagai fasilitas lain untuk mendapatkan insight yang lebih, dalam metrik tertentu.

Fasilitas dari Google Analytics ini mungkin tidak begitu asing, terutama jika Anda telah menggunakan fasilitas yang sama yang ditawarkan oleh layanan lain, misalnya misalnya ClickTale dan Crazy Egg, namun, seperti yang dituliskan oleh ReadWriteWeb, salah satu kelebihan yang ditawarkan Google adalah fasilitas ini ditawarkan secara gratis dan beberapa kelebihan lain dari penyediaan data yang lebih lengkap.

Setelah mencobanya beberapa saat, saya sendiri merasa fitur ini adalah fitur yang bisa sangat membantu dalam melihat perkembangan statistik untuk halaman situs tertentu, terutama yang berhubungan dengan data atas tautan yang diklik oleh pengunjung situs, dimana kita bisa melihat hasil interaksi pengunjung atas halaman tertentu dari situs kita, keterangan statistik akan muncul secara ‘langsung’ dari halaman situs yang sedang kita lihat, dan ketika kita berpindah halaman dengan melakukan klik pada tautan tertentu atau bagian lain dari situs, maka data statistik juga secara otomatis akan muncul hanya untuk halaman yang kita lihat tersebut. Fitur ini juga melengkapi fasilitas Google Analytics lain yang memberikan data yang lebih umum.

Google menjelaskan bahwa fasilitas ini baru bisa digunakan bagi mereka para pengguna Google Analytics dalam bahasa Inggris, selain itu karena masih bersifat beta, Google juga menjelaskan bahwa kemungkinan beberapa hasil laporan data yang dihasilkan masih belum bekerja secara sempurna. Berikut penjelasan video dari Google atas fitur baru ini.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Yahoo! Groups Kini Dengan Tampilan Baru

Next Story

LinkedIn Tambahkan Fasilitas Baru Untuk Melakukan Personalisasi Profil

Latest from Blog

Don't Miss

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

Tak hanya bertambah cerdas, Gemini juga semakin fleksibel dalam memenuhi

Google Cloud Skills Boost: Pelatihan Online untuk Berkarir di Industri Teknologi

Pengguna Google Cloud Skills Boost bisa akses beragam course dan