Dark
Light

Ilmuwan MIT Mengembangkan Sepasang Robot Jari Tambahan

1 min read
July 18, 2014

Tangan dan jari adalah organ tubuh terpenting serta terkompleks yang manusia miliki. Otot-otot di dalamnya dapat melakukan gerakan apa saja yang otak Anda perintahkan, tanpa harus mengontrolnya satu per satu. Didorong oleh ketertarikan pada mekanisme tangan, sekumpulan tim riset dan mahasiswa Massachusetts Institute of Technology membuat sebuah robot unik.

Robot ini mereka namai supernumerary robotic fingers. Ia adalah robot jari tambahan yang dapat pengguna pasangkan di pergelangan. Robot tersebut berperan sebagai ekstensi dari tangan Anda, dan memudahkan pengguna untuk melakukan berbagai hal yang tadinya membutuhkan kedua tangan.

Supernumerary robotic fingers 02

Profesor Harry Asada dari Department of Mechanical Engineering menjelaskan bahwa hasil karya timnya terinspirasi dari berbagai alat pembantu yang kita gunakan sehari-hari. Contohnya saja seperti pisau dan garpu untuk makan, hingga mobil yang kita kendarai. Semua ini merupakan perpanjangan dari fungsi anggota badan kita.

 

Info menarik: Jibo Ialah Robot Pintar Pertama yang Dibuat Khusus Untuk Keluarga Anda

 

Dan itulah alasannya mengapa supernumerary robotic fingers dibuat. Mereka merancang sedemikan rupa agar robot tersebut dapat dikontrol secara intuitif layaknya menggunakan alat bantu. “Anda tidak perlu memerintahkan robot secara manual, hanya perlu menggerakan jari-jari dengan natural. Robot jari tersebut akan langsung segera bereaksi dan membantu Anda,” jelas Asada.

Supernumerary robotic fingers 03

Untuk membuatnya, tim peneliti melengkapi supernumerary robotic fingers dengan dua buah actuator yang diintegrasikan bersama, dan berbagai macam sensor. Faye Hu, mahasiswa yang turut serta dalam proyek ini, mendemonstrasikan kemampuan robot jari tersebut: ia mengenakan supernumerary robotic fingers di pergelangan, kemudian saat Wu menggenggam objek, sang robot segera mengikutinya.

Proses pembuatan supernumerary robotic fingers tidaklah mudah. Wu harus memprogram gerakan secara manual dengan objek yang berbeda, merekam, lalu menganalisa seluruh data. Ia menemukan bahwa tiap cengkraman bisa diterjemahkan dengan kombinasi dua hingga tiga pola gerakan ‘ketujuh’ jari di tangannya.

 

Info menarik: Robot Lego Ini Bisa Membangun Dirinya Secara Otomatis

 

Dengan begitu, tim peneliti bisa menggunakan informasi tersebut untuk mengembangkan algoritma dalam menciptakan postur yang pas agar supernumerary robotic fingers dapat optimal dalam membantu pengguna. Untuk sekarang, sang robot baru bisa melakukan gerakan mencengram – otomatis membuka dan menutup – mengikuti gerakan jari Anda.

Supernumerary robotic fingers 04

Lalu apa sebenarnya kegunaan dari robot jari tambahan ini? Supernumerary robotic fingers memungkinkan kita melakukan pekerjaan yang awalnya tidak bisa dilakukan hanya dengan satu tangan. Contohnya seperti membuka tutup botol, mengaduk secangkir kopi, membuka tutup toples, mengangkat benda-benda yang berat, hingga bisa dimanfaatkan untuk membantu orang-orang yang memiliki keterbatasan fisik.

Dalam video presentasinya, Profesor Asada mengingatkan bahwa karya mereka ini masih merupakan prototype, dan berencana untuk memperkecil ukurannya, serta membuat supernumerary robotic fingers dengan rancangan yang bisa dilipat.

Via Daily Mail.

0 Comments

  1. Teknologi semakin berkembang dan memudahkan pekerjaan manusia. Luar biasa.Robot jari tambahan ini pasti bermanfaat jika digunakan secara bijak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Selain Nokia X Android, Microsoft Juga Hentikan Pengembangan Feature Phone

Next Story

Id Software Pamerkan Doom 4 Dalam QuakeCon 2014

Latest from Blog

Don't Miss

Elon Musk Pamerkan “Optimus”, Robot Pintar Serbaguna Tesla Seharga Rp300 Juta

Di ajang Tesla AI Day 2022, Tesla baru saja unjuk

Amazon Astro Adalah Robot Rumahan dengan Integrasi Alexa

Amazon resmi jadi produsen robot. Bersamaan dengan sejumlah produk lain,