Dark
Light

Ikon Google Search di Gmail Untuk Tingkatkan Produktivitas

2 mins read
February 2, 2010

gmailEmail adalah sesuatu yang hampir tidak bisa dilepaskan dari para internet savvy, dulu email masih semacam tambahan pelengkap di kartu nama sebagai pelengkap nomor telepon, untuk jaga-jaga jika ada yang akan mengontak.

Kini email telah menjadi internet itu sendiri, berbagai kegiatan bisa dilakukan lewat email, mulai dari reply status di Facebook, mendapat alert dari berbagai social networking, sampai membaca timeline Twitter bisa dilakukan di e-mail.

Gmail sebagai salah satu produk Google juga membawa berbagai fasilitas yang ada di Google ke fitur-fitur mereka, salah satunya adalah Google Search. Jika anda memiliki Gmail, anda bisa mengintegrasikan Google Search ini pada fitur internal anda. Fitur Google Search di Gmail ini sebenarnya sudah tersedia untuk umum sejak April 2009 lalu, tapi seperti yang dilansir oleh TechCrunch, ada yang baru dari aplikasi yang dikembangkan Google Labs ini.

Google Search pada Gmail ini berguna sebagai jalan pintas jika anda ingin mencari sesuatu untuk melengkapi data email anda dengan menggunakan fasilitas yang ada di Google Search. Jika anda telah mengintegrasikan fungsi ini pada Gmail anda, maka sekarang terdapat ikon khas Google di deretan ikon fitur-fitur ‘office’ atau ikon untuk melakukan proses pengetikkan seperti mengubah ukuran huruf, dll, tepat di bagian bawah link fitur untuk attachment file.

Dengan berbagai produk yang dimilikinya mulai dari Docs sampai Gtalk, tidak aneh memang jika produk Google saling terintegrasi antara satu dan yang lain, seperti aplikasi chat yang disync dengan translator tolkit, demikian juga dengan Google Search ini, yang dulunya hanya ada dibagian samping body text kini ikonnya muncul di bagian utama fungsi kerja email.

Yang menarik sebetulnya adalah mencoba memprediksikan bagaimana perilaku user Gmail dalam berinterasksi dengan produk-produk Google dan menghubungkannnya dengan cara mereka berinteraksi dengan user lain. Jika tadinya anda harus membuka tab baru untuk melakukan search maka kini anda tinggal mengklik ikon Google itu dan mulai menggunakan Google Search, anda juga bisa mangambil link atau artikel langsung di halaman web Gmail, kemudian menambahkannya di email anda.

gmail

Kemudahan-kemudahan seperti ini sebenarnya yang bisa membuat kita lebih produktif lagi dalam menggunakan berbagai aplikasi yang ada di internet. Itu pula kenapa saya menulis artikel ini, meski Google Search yang diintegrasikan dalam email sudah bukan barang baru lagi, tapi dengan kemunculan ikon Google Search di sebelah fitur ‘office’ yang merupakan titik utama kerja dalam email, ada beberapa hal yang bisa kita perhatikan.

Pertama adalah, kemungkinan Google untuk terus mempromosikan dan mendorong user untuk melakukan search dari mesin search mereka bukan pesaing lain. Tingkat persaingan search engine memang tidak mudah, apalagi bagi Google yang, posisinya sebagai giant memberikan peluang bagi perusahan lain mencari celah untuk mencuri pasar, terbukti dengan berbagai mesin pencari lain yang bermunculan, mulai dari Bing sampai yang menggunakan teknologi semantik seperti Kngine, serta mesin pencari yang berfoskus pada real time semacam OneRiot. Dan promosi di produk sendiri tentu lebih murah dibandingkan promosi lain bukan?

Yang kedua, mengenai user itu sendiri, bagaimana mereka merespons dengan fitur ini dan bagaimana mereka menggunakannya untuk produktifitas kerja, seperti yang telah saya tulis diatas, apalagi bagi user Indonesia, yang produktifitasnya dalam menggunakan web apps masih bisa dipertanyakan.

Shortcut dan berbagai fitur yang disediakan Google di Google labs, banyak yang bisa digunakan oleh user, sesuai dengan preferensi dan kegunaan yang bisa meningkatkan produktifitas kerja.

Bagaimana dengan pendapat anda, sudah mencoba fitur Google Search di Gmail? Apakah Shortcut yang disediakan oleh berbagai penyedia aplikasi seperti Google sudah membuat anda menggunakan berbagai fiturnya untuk produktifitas? Atau anda punya pendapat lain, share komentar anda pada kolom komentar.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Satu Milyar Pertama Tokopedia

Next Story

Selamat Datang: Weave 1.0 Dari Mozilla

Latest from Blog

Don't Miss

Google integrasikan AI ke Docs, Gmail, Workspace

Google Integrasikan AI ke Gmail, Docs, dan Layanan Produktivitas Lainnya

Maraknya tren generative AI memicu ketertarikan banyak perusahaan untuk mengintegrasikan

Sedih, Google Photos Bakal Tidak Gratis Lagi Tahun 2021

Siapa yang tidak mengambil gambar setiap hari melalui smartphone-nya? Mungkin hanya