Dark
Light

iGoogle Jadi Jejaring Sosial

1 min read
August 13, 2009

Semalam, Google mengumumkan update untuk salah satu produknya iGoogle. iGoogle adalah halaman milik pengguna yang dapat dicustomize sesuai keinginannya, bisa diisi dengan widget-widget seperti gmail, rss feed, games, notes, calendar, dan lain-lain. Hampir mirip dengan Netvibes, namun lebih sederhana.

Google mengumumkan bahwa mereka telah menambahkan fitur-fitur sharing konten di iGoogle, jadi anda dapat berbagi informasi seperti News Widget, bermain games online bersama rekan anda, dan menulis note secara kolaboratif. Fitur – fitur ini membawa iGoogle menjadi seperti Social Network, seperti yang coba dilakukan Google dengan Google Reader dengan fitur sharing, fitur “like”, dan sebagainya.

Beberapa produk Google seperti Google Maps juga telah mengadopsi fitur social networking yang di-bundle menjadi Google Latitude. Saya pikir Google sedang mencoba-coba merilis produk baru dan melihat apa respon pasar, kalau responnya bagus akan dikembang kalau tidak ya dimatikan. Beberapa pengembangan dari produk-produk tersebut salah satunya adalah dengan menambahkan fitur sosial, menjadikannya lebih mudah untuk berbagi kepada pengguna lain.

Marissa Meyer, VP Product Google Inc, berkata bahwa sekarang ini fitur sosial adalah hal yang wajib dimiliki oleh situs-situs yang consumer-oriented. Pertanyaannya adalah, masih kita perlu jejaring sosial? Begitu banyak situs jejaring sosial yang kita gunakan, masihkah ada ruang untuk Google? Dari pertanyaan ini, muncul pertanyaan satu lagi (halah). Apa sih yang produk Google yang tidak kita gunakan? Hampir semua produk Google digunakan dan memang diciptakan berdasarkan kebutuhan (demand). Variannya pun sangat luas, mulai dari alat produktivitas, kolaboratif, pengelola, alat bantu, banyak sekali.

Langkah Google untuk mengintegrasikan beragam produk ini menjadi sebuah jejaring sosial yang amat besar tentu terlintas di pikiran saya. Dan pastinya jika memang benar, ada kemungkinan Facebook langsung dibalap. Atau justru kebalikannya? Bagaimana pendapat dan analisa anda?

Rama Mamuaya

Founder, CEO, Writer, Admin, Designer, Coder, Webmaster, Sales, Business Development and Head Janitor of DailySocial.net.

Contact me : [email protected]

8 Comments

  1. web browser uda ada google chrome, buat jejaring sosial ada iGoogle.. aduh mudah2an mozilla dan FB mampu mempertahankan posisinya skrg deh. ga asik kl semuanya buatan google.. hehe

  2. web browser uda ada google chrome, buat jejaring sosial ada iGoogle.. aduh mudah2an mozilla dan FB mampu mempertahankan posisinya skrg deh. ga asik kl semuanya buatan google.. hehe

  3. masing-masing punya fungsi masing-masing..twiiter, fb ataupun konsep social google akan saling melengkapi kebutuhan user.

  4. masing-masing punya fungsi masing-masing..twiiter, fb ataupun konsep social google akan saling melengkapi kebutuhan user.

  5. Tidak semua produk Google sukses disukai banyak orang. Orkut yang telah dimiliki Google jumlah penggunanya juga tidak terlalu banyak, hanya dibeberapa negara tertentu saja laris. Jauh jika dibanding dengan Facebook yang disukai pengguna secara global. Begitu juga dengan Jaiku yang dulunya sempat mau laris. Tetapi setelah dibeli Google malah sekarang tidak terdengar lagi suaranya, kemungkinan Jaiku malah akan ditutup. iGoogle mungkin akan berkembang menjadi social networking, tetapi untuk sampai dalam tahap menyaingi Facebook, sepertinya masih belum. Tapi, ya let’s see

  6. Tidak semua produk Google sukses disukai banyak orang. Orkut yang telah dimiliki Google jumlah penggunanya juga tidak terlalu banyak, hanya dibeberapa negara tertentu saja laris. Jauh jika dibanding dengan Facebook yang disukai pengguna secara global. Begitu juga dengan Jaiku yang dulunya sempat mau laris. Tetapi setelah dibeli Google malah sekarang tidak terdengar lagi suaranya, kemungkinan Jaiku malah akan ditutup. iGoogle mungkin akan berkembang menjadi social networking, tetapi untuk sampai dalam tahap menyaingi Facebook, sepertinya masih belum. Tapi, ya let’s see

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

[Video] Hitler Tidak Suka Facebook Akuisisi Friendfeed

Next Story

Koprol Goes User Generated dan Twitter Cross-Posting

Latest from Blog

Don't Miss

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

Tak hanya bertambah cerdas, Gemini juga semakin fleksibel dalam memenuhi

Google Cloud Skills Boost: Pelatihan Online untuk Berkarir di Industri Teknologi

Pengguna Google Cloud Skills Boost bisa akses beragam course dan