IESPA Resmi Menginduk ke PB Esports Indonesia Untuk Sinergi Kepengurusan Esports

Pengindukan ini membuat PB Esports Indonesia sebagai satu-satunya asosiasi esports resmi di Indonesia.

Kabar terbaru datang dari lembaga esports di Indonesia yaitu pengindukan IESPA ke lembaga PB Esports Indonesia. Melalui sang Ketua Umum IESPA, Ibnu Riza mengirimkan surat resmi secara simbolis ke lembaga PBESI.

Ketua Harian PBESI, Bambang Sunar Wibowo menerima surat tersebut di kantor pusat PBESI di Gandaria, Jakarta Selatan pada Jumat (11/2) lalu. Penyerahan ini juga dihadiri banyak tokoh-tokoh penting seperti Diaz Hendropriyono, Staf Khusus Presiden, hingga Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Budi Gunawan.

Sumber: IESPA

Ketua Harian PB ESI Bambang Sunar Wibowo mengatakan, tahun ini akan ada banyak kompetisi esports yang dipertandingkan.

Dengan pengindukan IESPA diharapkan keputusan ini berkontribusi terhadap pengembangan dan prestasi ranah esports di Indonesia.

"Tahun ini kita banyak diselenggarakannya berbagai pertandingan maupun liga yang ada di Indonesia yang bersifat Nasional maupun Internasional. Saya dari PB ESI ini berterima kasih kepada upaya Masbos Diaz Hendropriyono menyatukan kami PB ESI dengan Ibnu Riza beserta jajarannya.

Dengan bergabungnya IeSPA tentunya ini kita harapkan kita ini lebih fokus mengembangkan prestasi esports di tanah air," ujar Bambang melalui keterangan persnya pada Sabtu (12/2)

Diaz juga mengharapkan kehadiran jajaran pengurus IESPA menjadi lebih koordinatif dalam menjalankan tugasnya. Pengindukan ini menjadi bagian langkah bersama dalam pembinaan esports yang lebih bersingeri ke depannya.

"Terpilihnya Ibnu sebagai Ketua Umum IESPA ada suatu gesture untuk menekankan, menguatkan komitmen kita bahwa kita di satu payung dan dengan demikian saya harapkan Ibnu dengan jajarannya di IESPA harus selalu berkoordinasi dengan PB ESI agar bisa berjalan beriringan sesuai arahan.

Tugas saya sebagai pembina untuk memastikan bahwa kita tetap berkomitmen pada apa yang kita tegaskan dari awal," ujar Diaz.

Sumber: IESPA

Ibnu Riza sendiri baru dilantik sebagai Ketua Umum IESPA yang baru menggantikan Eddy Lim yang merupakan pendiri IESPA sejak awal tahun 2000an.

Meskipun baru menginduk, IESPA telah mendukung PBESI dalam menyelenggarakan cabang ekshibisi esports di PON XXV Papua 2021.

Pihak IESPA juga terpilih untuk menjadi panitia penyelenggara IESF World Championship, turnamen yang mengundang atlet esports dari 120 negara. Kejuaraan tersebut rencananya akan digelar pada akhir tahun 2022.