Esports Ecosystem

IES Indonesia Championship Menyisakan 26 Tim Untuk Laga Grand Final

09 Oct 2020 | Akbar Priono
Diikuti oleh 15.000 peserta, IES Indonesia Championship kini tinggal menyisakan 26 tim terbaik saja yang akan bertanding di laga Grand Final.

Berlangsung sejak bulan Mei 2020 lalu, kini IES Indonesia Championship sudah akan mencapai babak Grand Final. IEL Indonesia Championship sendiri merupakan sebuah kompetisi esports yang mempertandingkan tim dari berbagai provinsi di Indonesia, dengan bantuan pengurus daerah IESPA dari 21 provinsi. Kini setelah babak kualifikasi yang cukup panjang, IES Indonesia Championship tinggal menyisakan 26 tim terbaik, setingkat provinsi.

IES Indonesia Championship 2020 mempertandingkan 4 cabang game, yaitu Dota 2 , Mobile Legends, PUBG Mobile, dan Autochess. Walaupun merupakan pertandingan diikuti oleh tim-tim daerah, namun patut diakui bahwa mereka yang mengikuti pertandingan memiliki kemampuan yang saling bersaing. Tak hanya itu, turnamen tingkat daerah ini ternyata juga disambut antusias oleh para gamers di masing-masing daerah, dengan total 15.000 peserta mendaftar dapat merebut gelar juara nasional.

Maka dari itu, berikut 26 tim terbaik yang akan berlaga di babak Grand Final IES Smartfren Indonesia Championship 2020.

Sumber: IES Official
Sumber: IES Official

FINALIS Dota 2

  1. Sumut Dignity
  2. Sulteng Tadulako
  3. Kalbar Equator
  4. Jakarta Tigers
Sumber: IES Official
Sumber: IES Official

FINALIS Mobile Legends: Bang-Bang

  1. Benteng Kuto Besak – Sumsel
  2. Sulut Fighters
  3. Kalsel Rivers
  4. Jogjakarta Bregada
Sumber: IES Official
Sumber: IES Official

FINALIS PUBG Mobile

  1. Jatim Heroes
  2. Jateng Gayeng
  3. Jakarta Tigers
  4. Sumbar Pride
  5. Sumut Dignity
  6. Lampung Giants
  7. Kepri Berjaya
  8. Benteng Kuto Besak
  9. Babel Underpass
  10. Kaltara Bornesis
  11. Kalteng Isen Mulang
  12. Kalbar Equator
  13. Sulteng Tadulako
  14. Gorontalo Ilato

FINALIS Autochess

  1. TM Lich & Elfman (Sulawesi)
  2. TM-Naga & BOOM.ay (Jawa)
  3. MSG.Jak & SS.MysT (Sumatera)
  4. MN’LoooN & NGID.Sal (Kalimantan)

26 tim ditambah 8 individu di cabang Auto Chess tersebut nantinya akan bertanding kembali di laga Grand Final, yang akan diselenggarakan secara online pada tanggal 17-18 Oktober 2020 mendatang.

Soal regenerasi bisa dibilang memang menjadi salah satu isu penting di ekosistem esports Indonesia. Namun demikian, sedikit demi sedikit, proses tersebut mulai berjalan, lewat turnamen-turnamen yang lebih membumi dan menyentuh kalangan grassroot. Selain IES Indonesia Championship yang merupakan turnamen tingkat daerah, ada juga turnamen lain seperti IEL Indonesia University Series yang merupakan turnamen esports antar mahasiswa, atau High School League yang merupakan turnamen esports antar siswa.

Selain itu, melihat Smartfren yang jadi titlesponsor dalam gelaran IES Indonesia Championship juga menjadi hal lain yang tak kalah menarik untuk dibahas Hal tersebut mengingat Smartfren yang belakangan sedang cukup gencar melebarkan sayapnya di skena esports. Selain turnamen IES Indonesia Championship, Smartfren juga mensponsori tim esports seperti MORPH Team pada Juli 2020 lalu, ataupun Genesis Dogma pada bulan Agustus 2020 lalu.