Esports Ecosystem

IEFTL Masuki Minggu Ke-2, Posisi Puncak Klasemen Berpindah Tangan

11 May 2020 | Ellavie Ichlasa Amalia
Ghezato Storia kini duduk di peringkat satu, sementara Remaong FC harus puas dengan peringkat empat

Minggu lalu merupakan minggu ke-2 dari kompetisi Indonesia Efootball Team Lobby (IEFTL) yang diadakan oleh Online PES Community (OPC). Saat ini, puncak klasemen diduduki oleh Ghazeto Storia dengan 16 poin dan 14 selisih gol. Sementara Remaong FC, yang menduduki puncak klasemen pada akhir pekan pertama, harus puas dengan peringkat 4 setelah kalah dua kali berturut-turut dari tim Miracle dengan skor 1-4 dan dari tim Aliansi dengan nilai 0-3.

Pada minggu pertama, Ghazeto Storia duduk di peringkat empat. Dari dua pertandingan, mereka berhasil memenangkan satu pertandingan melawan Aco Glory dengan skor 5-2 dan bertanding imbang melawan Garuda Ten dengan skor 2-2. Mereka berhasil naik ke peringkat satu berkat empat kemenangan berturut-turut yang mereka raih pada IEFTL minggu ke-2.

Pada pekan ke-2, hari ke-3, Ghazeto menang melawan Black Mamba dengan nilai 3-0. Pada hari berikutnya, mereka mengalahkan tim Canon Ball dengan skor 3-0. Pada hari ke-5, mereka memenangkan pertandingan melawan Impromptu dengan skor 4-0 dan pada hari terakhir minggu ke-2, mereka berhasil mengalahkan tim Hanoman walau dengan skor tipis, 3-2.

IEFTL minggu ke-2
Klasemen sementara dari IEFTL pada akhir minggu ke-2. | Sumber: Facebook

Pada akhir pekan pertama, tim Gatot Kaca duduk di posisi kedua. Mereka berhasil mempertahankan posisi tersebut pada IEFTL minggu ke-2. Sama seperti Remaong FC, tim Gatot Kaca juga sukses mendapatkan dua kemenangan pada pekan pertama. Hanya saja, selisih gol mereka lebih kecil. Pada hari ke-3, pekan ke-2, tim Gatot Kaca harus bertekuk lutut di hadapan Remaong FC dengan skor 8-4. Namun, kekalahan tersebut tidak mematahkan semangat tim Gatot Kaca, yang kembali tampil perkasa pada hari ke-4. Mereka menang melawan tim Aliansi dengan skor 7-2. Pada hari ke-5 dan ke-6, Gatot Kaca juga mendapatkan  kemenangan berturut-turut.

Saat dihubungi melalui pesan singkat, Prima Bastian dari OPC menjelaskan, tergesernya Remaong FC dari posisi pertama bukanlah hal yang aneh. Menurutnya, salah satu hal yang menarik dari format 11v11 adalah biasanya, tidak ada satu tim yang terlalu dominan. “Pertandingan dipengaruhi banyak faktor. Salah satunya koneksi internet. Pada saat bermain, jika kiper tiba-tiba disconnect, harus diganti oleh pemain yang masih bermain,” ujarnya. “Lalu, lineup pemain yang turun jika lapis kedua atau yang sering bermain tiba-tiba berhalangan, diganti dengan yang jarang bermain.”

IEFTL minggu ke-2
Hasil pertandingan pada hari ke-6 IEFTL minggu ke-2. | Sumber: Facebook

Dalam sebuah liga sepak bola, tim dituntut untuk bermain secara stabil agar bisa menjadi juara. Begitu juga dalam IEFTL. Ketika ditanya tentang bagaimana cara agar sebuah tim bisa memiliki performa yang stabil sepanjang liga, Prima menjawab, “Seperti layaknya sepak bola asli, kehadiran pemain atau rekan bermain yang bisa mempertahankan mental bermain sesama player. Sebisa mungkin, tidak memengaruhi mental sesama player. Jangan sampai satu atau dua player drop kepercayaan dirinya.”

Saat mengadakan IEFTL, OPC ingin meniru format liga sepak bola sebenarnya. Karena itu, selain menyelenggarakan liga utama — yang pertandingannya diadakan setiap hari Kamis dan Jumat — OPC juga menyelenggarakan IEFTL Cup. Jadwal IEFTL Cup adalah pada hari Selasa setiap 2 minggu. IEFTL bakal berlangsung selama 8 minggu dengan 1 minggu break, yaitu saat pada libur lebaran. IEFTL mulai diadakan pada 2 Mei 2020. Berbeda dengan kebanyakan pertandingan PES lainnya, IEFTL menawarkan format 11v11.

Kompetisi Team Lobby tersebut kini memasuki minggu ke-3. Pertandingan hari ke-7 dan ke-8 akan diadakan pada 14 Mei 2020 sementara hari ke-9 dan ke-10 akan diadakan pada 15 Mei 2020. Pada minggu ke-4, akan diadakan IEFTL Cup Quarter-Finals pada 19 Mei 2020. Sementara pertandingan untuk liga utama IEFTL tetap berjalan seperti biasa. Dalam minggu ke-4, 2 hari pertandingan untuk liga utama diadakan pada 21 Mei dan 22 Mei. Minggu berikutnya adalah jeda istirahat, yang juga bertepatan dengan bursa transfer pemain.

Pada minggu ke-5, selain diadakannya  IEFTL Cup Semi-Finals pada 2 Juni 2020, pertandingan untuk liga IEFTL tetap berjalan. Di minggu ke-6, dua hari pertandingan liga utama akan diadakan pada 11 Juni dan 12 Juni 2020. IEFTL Cup Grand Final akan diadakan pada minggu ke-7, untuk lebih tepatnya, pada 16 Juni 2020. Sementara liga utama IEFTL akan berlanjut ke minggu ke-8. Dalam minggu terakhir ini, pertandingan akan diadakan pada 25 dan 26 Juni 2020.