Dark
Light

IDC: Pasar TI Dunia Menunjukkan Performa yang Membaik

by
1 min read
August 7, 2014

IDC (International Data Corporation) baru-baru ini menerbitkan publikasi yang melaporkan bahwa saat ini pasar industri TI secara keseluruhan memperlihatkan adanya kebaikan. Dalam siaran pers resmi yang dirilis IDC dituliskan bahwa dewasa ini volatilitas secara bertahap memberi pandangan yang lebih positif pada pasar TI di paruh kedua 2014. IDC sendiri merupakan sebuah perusahaan global intelijen pasar, penyedia jasa konsultasi, dan aktivitas untuk pasar teknologi informasi, telekomunikasi, dan teknologi konsumen.

Pembelanjaan solusi TI di seluruh dunia kini diperkirakan akan meningkat sebesar 4,5% pada tahun 2014 pada mata uang konstan, atau 4,1% dalam dolar AS. Sebuah proporsi yang signifikan dari pertumbuhan ini masih didorong oleh produk berbasis smartphone. Belanja smartphone sendiri dikabarkan meningkat sebesar 3,1% tahun ini dalam mata uang konstan (2,8% dalam dolar AS). Selain smartphone, pertumbuhan terkuat akan datang dari perangkat lunak, termasuk beberapa solusi perangkat lunak yang sedang berkembang pesat pasar seperti analisis data, manajemen data, dan aplikasi kolaboratif termasuk sosial media untuk lingkup enterprise. Tiga pilar besar Big Data yaitu sosial, mobile dan cloud akan terus mendorong hampir semua pertumbuhan belanja TI.

Meskipun beberapa pasar negara berkembang tetap saja dibatasi oleh makroekonomi dan geopolitik wild-card, ada permintaan terpendam yang sekarang signifikan bagi investasi TI yang mendorong pertumbuhan yang lebih kuat tahun depan di pasar, termasuk India, Brazil, dan Rusia. Terpendamnya permintaan telah didorong rebound yang signifikan oleh konsumen dan perusahaan yang belanja TI di China tahun ini, karena kepercayaan yang stabil. Status ekonomi dewasa masih berbanding terbalik pada tahun 2014, sedangkan pasar negara berkembang akan kembali mendominasi pada tahun 2015.

Perlambatan ekonomi pada tahun 2013 memiliki dampak negatif pada belanja TI di Cina, tapi ini juga menciptakan gelombang signifikan dari permintaan terpendam yang kini menjadikan suatu perbaikan dalam investasi teknologi.

Beberapa segmen pasar TI berjalan lebih lemah dari yang diharapkan pada kuartal pertama 2014 (1Q14), sejalan dengan perlambatan terkait cuaca dalam output AS dan dampak dari peristiwa wild-card termasuk konflik di Ukraina. Secara khusus, siklus penyegaran perusahaan infrastruktur terlambat dan terganggu oleh penurunan kepercayaan bisnis jangka pendek. Permintaan yang kuat untuk siklus investasi ini akan mendorong perbaikan di pasar server, storage, dan infrastruktur jaringan dalam beberapa bulan mendatang.

“Berakhirnya dukungan untuk Windows XP jelas bagian dari cerita, tetapi ada juga transisi dari beberapa pengeluaran dari tablet ke PC sebagai konsumen dan bisnis telah mengalokasikandisposable income dan anggaran TI untuk menggantikan notebook yang lebih tua dan desktop,” kata Stephen Minton, Vice President Global Technology & Industri Organisasi Penelitian IDC (GTIRO). “Pasar perangkat tablet juga lebih sensitif terhadap wild-card ekonomi dan persaingan harga, saat ini tingkat penetrasi telah meningkat. Masih banyak pertumbuhan ke depan untuk tablet, namun, dan masih terlalu dini untuk mengatakan bahwa perbaikan di pasar konsumen PC merupakan sesuatu pembalikan pergeseran jangka panjang untuk tablet dan perangkat hibrida dalam jangka panjang.”

[Gambar: Shutterstock]

Artikel sindikasi ini pertama kali dimuat di DSenterprise dan ditulis oleh Randi Eka Yonida. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

idEA dan MasterCard Gelar “Pesta Belanja Online” dan Upayakan Edukasi tentang Transaksi Online

Next Story

Traffic Isikota Meningkat 300% di Platform Android Sepanjang Ramadhan 2014

Latest from Blog

Don't Miss

Penjualan PC awal 2023 turun

Penjualan PC Awal Tahun Turun Drastis, Apple yang Terparah

Dengan semakin majunya teknologi smartphone dan tablet, eksistensi PC tradisional
Apple-iPad-10th-gen-lifestyle

IDC: Penjualan Tablet Turun 3,3% Pada Tahun 2022, Chromebook Terjun 48%

IDC telah menerbitkan laporan pengiriman tablet dan Chromebook secara global