Dark
Light

IdblogNetwork, Menghubungkan Pengiklan Dengan Blogger

2 mins read
August 24, 2010

Iklan adalah salah satu sumber pendapatan yang cukup klasik, namun tetap relevan untuk dijalankan sebagai strategi dalam mendapatkan pemasukan, tidak hanya bagi para pelaku media besar, namun peluang untuk mendapatkan pemasukan juga terbuka lebar bagi para blogger.

Salah satu yang melihat peluang pertumbuhan blogger serta konten yang berkualitas yang bisa disandingkan dengan iklan adalah idblogNetwork, sebuah startup yang didirikan sejak 1 Agustus 2010, dan di dalamnya diisi oleh Kukuh TW, Mubarika Damayanti yang merupakan mantan karyawan AdMax, serta Moch Farid.

Seperti yang dijelaskan di situs mereka, idblogNetwork ini berdiri karena permintaan pasar, dimana ada kebutuhan pengiklan untuk melakukan penempatan iklan yang lebih personal dengan menggunakan perantara blog atau blogger dalam menyampaikan komunikasi pemasaran mereka atas konsumen. Kukuh TW, melaui email, juga menambahkan bahwa banyak dari klien AdMax yang menginginkan untuk memasang iklan mereka pada jaringan blogger Indonesia, namun menemukan kendala, antara lain kesepakatan dengan para blogger yang jumlahnya cukup banyak serta urusan teknis yang berhubungan dengan monitoring data.

Beberapa hal yang ditawarkan oleh idblogNetwork untuk pengiklan adalah, jaringan blog atau blogger yang cukup luas dan profesional dimana konten yang dimiliki berkualitas serta tersegmentasi, ada tiga pilihan layanan yang ditawarkan yaitu PPP (Pay Per Click), PPA (Pay Per Action) untuk layanan berupa umpan balik berupa isian formulir, permintaan penjualan atau unduhan brosur, serta PPP (Pay Per Post) untuk layanan berupa review atas produk atau jasa dari pengiklan. Selain itu, seperti yang dituliskan di situs mereka, idblogNetwork menyediakan platform yang menghubungkan pengiklan dengan blogger yang dapat diakses secara realtime.

Sedangkan untuk para penerbit atau blogger, mereka akan mendapatkan pendapatan dengan sistem pembagian 65% untuk blogger dan idblogNetwork mengambil sisa bagian sebesar 35%, dengan minimum payout Rp 50.000.

Saat ini idblogNetwork masih membuka pendaftaran untuk para blogger yang ingin masuk ke jaringan mereka dan sampai saat tulisan ini ditulis, sudah ada 66 blog, termasuk blog dari Pitra (media-ide.com), blog pribadi founder Kutukutubuku.com, Ollie (salsabeela.com), blog Valent Mustamin (valentmustamin.com) atau blog teknologi Teknojurnal.com, serta berbagai blog lain.

Iklan di blog memang agak sensitif, meskipun banyak juga blogger yang telah mendesain sedemikian rupa tampilan blog mereka untuk penempatan iklan. Beberapa teman saya yang mempunyai blog cukup populer atau setidaknya banyak dikunjungi juga masih ragu untuk menempatkan iklan, apalagi iklan masih sering diasosiasikan secara negatif, salah satunya alasan utama mungkin masih seputar tampilan, dimana beberapa teman saya ini ‘takut’ tampilan blog mereka menjadi ‘kotor’.

Untuk tampilan situs atau blog, memang diserahkan pada blogger itu sendiri, namun untuk desain banner iklan itu sendiri pasti sudah disediakan, dan blogger tinggal menempatkan dari beberapa pilihan ukuran banner yang disediakan idblogNetwork, nah, terkadang desain banner pengiklan ini tidak cocok dengan tampilan situs yang sudah ada.

Apakah nantinya penempatan serta desain iklan dari idblogNetwork ini bisa menjawab keraguan para blogger yang termasuk dalam kategori diatas? Semoga saja, sampai saat ini sepertinya belum ada contoh blog yang telah diimplementasikan oleh idblogNetwork. Untuk klien pengiklan mereka telah mengatakan mendapatkan klien pertama mereka yaitu Telkom Flexi dan baru akan mulai diimplementasikan pada bulan September mendatang.

Ada beberapa klien yang mereka umumkan tengah bernegosiasi, satu hal penting lain dari jaringan iklan tentu saja pengiklan itu sendiri, tingkat persaingan juga sepertinya cukup ketat, ada AdMax, AdMob, dan berbagai agensi lain yang juga mentargetkan pada iklan media online.

Tetapi kalau melihat daftar blog yang sudah ada, sepertinya pada blogger cukup antusias untuk bergabung pada jaringan idblogNetwork, kita lihat nanti perkembangan selanjutnya ketika mereka sudah mengimplementasikan iklan pada jaringan blogger mereka. Sementara itu bagaimana pendapat Anda tentang layanan yang diberikan oleh idblogNetwork, jika Anda blogger, apakah Anda tertarik untuk bergabung dengan idblogNetwork? Pendapat Anda kami tunggu pada kolom komentar.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

16 Comments

  1. Tanpa mengurangi apresiasi atas hasil kerja situs idblogNetwork, saya kok banyak melihat layanan seperti ini (menjembatani publisher dan advertiser) sering malah diisi dengan materi iklan yang sebangsa cara dapat duit cepat, penghasilan jutaan, dan sejenisnya.

    Ini adalah salah satu alasan saya tidak pernah ikut dalam program semacam ini. Maaf ya, sekali lagi bukan bermaksud gimana-gimana sih…

    good luck untuk idblogNetwork, semoga bisa menjawab tantangan dan keraguan dari advertiser dan publisher yang akan terlibat didalamnya.

  2. This is a good point. Jadi sebagai ad network juga harus bisa terpercaya di mata publisher/blogger dan tidak menaruh iklan yang tidak sesuai dengan konten blog.

  3. idblognetwork dibuat/didevelop karena sudah dapat 1 client dari operator seluler dan beberapa brand lain sudah menyatakan minat/ketertarikaannya untuk beriklan melalui jaringan blogger indonesia.

  4. oke, pertanyaannya adalah: pendaftarannya sendiri apakah hanya sampai september? lalu gimana yg join setelah bulan september tsb, apakah ad ketentuan khusus atau memang bisa tetep mendaftar layaknya seperti skrg ini?

    sejujurnya gwe pribadi tertarik, abis bener kata @thomas diatas, banyak pengiklan yg kdg ngk terlalu relevan kali yaa dgn konten kita biasanya. tp semoga aj idblognetwork bs ngejawab tantangan ini di mata blogger, GBU

    Thanks

  5. seleksi blog mana saja yg akan diikutsertakan di bulan september, dimulai saat ini, blog yg bergabung di bulan september nanti menunggu campaign berikutnya oleh brand/advertiser lain.

  6. Kemunculan idblognetwork mudah2an mampu menberikan dampak yg baik bagi dunia periklanan online dalam negeri, khususnya iklan2 di blog, yg saat ini didominasi oleh contents penjual mimpi.

  7. kalo menurut saya, yg ini beda (untuk saat ini),, iklannya dari perusahan besar (xl dan telkom).. malah bnyak yg bilang, ini PPC Premium,, coz pendaftarannya ketat, nilai per kliknya katanya nyampe 1000 lebih / klik.. sayang iklan yg ditampilkan ga rawan klik..

  8. tidak terbatas juga pada itu sekarang id blognetwork sudah menerapkan tweet campaig

  9. blogger sangat mendukung adanya idblognetwork.com yang menjembatani blogger dengan advertiser. contoh kecil dari supportnya para blogger yaitu.. Dapat membawa IBN (sebutan keren idblognetwork). menjadi sturtup loka 2010

  10. Waktu review yang terlalu lama, membuat para blogger menjadi kesengsem (agak2 kesal). Bayangkan, anda harus menunggu selama 6 bulan untuk jawaban blog anda ditolak atau tidak.

    Ini seharusnya menjadi pertanyaan bagi kita semua. Bayangkan, hari-lepas-hari berapa banyak blog yang mendaftar menjadi publisher, di home page tertulis sekitar 4,400 lebih blog yang sedang menunggu. Review blog seharusnya bisa dilakukan 3 atau 4 hari, agar para blogger dapat meng-improve blognya (untuk yang ditolak), ini jika idblognetwork.com serius dalam advertising.

    Jika kekurangan staff, saya pikir bisa saja merekrut staff baru, saya yakin idblognetwork.com punya banyak uang dari sponsor.

    Dalam bisnis advertising, kecepatan layanan merupakan salah satu kunci kesuksesan sebuah layanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

CloudMagic, Permudah Pencarian di Gmail

Next Story

Founder of Indonesia’s Most Popular PPC AdNetwork Starts Another PPC AdNetwork

Latest from Blog

Don't Miss

Meta luncurkan tools generative AI untuk iklan

Meta Luncurkan Tools Generative AI untuk Para Pemasang Iklan

Tren generative AI dan keberadaan program seperti ChatGPT maupun Stable
Playground Web3 platform

Playground Hadirkan Platform untuk Menemukan Proyek dan Game Web3 Terpercaya

Meski kerap menjadi topik pembicaraan dalam setahun terakhir, tren Web3