Esports Ecosystem

Hybrid Day: Diskusi dan Edukasi Mengenai Ekosistem Esports

04 Mar 2019 | JuLi Andrian
Lewat tema How to Kickstart Your Career in Esports, tingkatkan ketertarikan untuk berkarir di Esports

Hybrid.co.id adalah media online yang membahas tentang esports ecosystem (ekosistem esports) dan gaming, khususnya di Indonesia dan secara umum di seluruh dunia. Tujuan utama didirikannya Hybrid adalah untuk berperan serta dalam mengembangkan dan memajukan ekosistem esports dan gaming di Indonesia, serta menjadi penghubung antara para pelaku di dalam ekosistem tersebut, mulai dari para pemain (gamer), industri dan pengembang game, penyelenggara kompetisi esports, hingga kepada pemerintah yang menyediakan regulasi.

Hybrid.co.id merupakan sistersite dari DailySocial.id yang diluncurkan pada bulan Oktober 2018 lalu. Salah satu misi Hybrid adalah memberikan edukasi kepada masyarakat umum mengenai kondisi dan perkembangan ekosistem esports di Indonesia, serta berbagai nilai positif dari esports yang selama ini belum banyak diketahui masyarakat.

Sebagai upaya mewujudkan visi dan misinya, Hybrid menyelenggarakan Hybrid Day dengan tema How to Kickstart Your Career in Esports di SMA 1 PSKD, Jakarta Pusat pada tanggal 6 Maret 2019. Tema tersebut diharapkan dapat memberikan wawasan kepada para audiens bahwa Esports juga dapat menjadi salah satu potensi karir yang sangat menjanjikan. Bukan hanya menjadi pemain professional, berbagai jenis karir lainnya juga tersedia seperti shoutcaster, host, coach, analyst, developers, publishers, dan banyak lagi.

hybrid day esports

Dalam acara ini akan dilaksanakan talkshow dengan berbagai pembicara dari kalangan industri esports. Mulai dari Yohannes P. Siagian (Executive Principal SMA 1 PSKD), Dimas “Dejet” Surya Rizki (Professional Caster), Andrew Tobias (Esport Manager Tencent Games), Marzarian Ojan (General Manager BOOM ID), dan Yabes Elia (Senior Editor Hybrid.co.id). Pembicara yang dihadirkan mewakili latar belakang karir yang berbeda, namun tetap dalam satu ranah yaitu esports. Acara ini juga dapat terselenggara berkat dukungan dari beberapa brand, yaitu Logitech, Tencent Games, dan INDOMOG.

Hybrid Day kali ini merupakan acara pertama yang diselenggarakan oleh Hybrid.co.id, sekaligus sebagai pembuka bagi Hybrid Day selanjutnya yang akan dilaksanakan secara berkala di berbagai sekolah menengah dan perguruan tinggi.

Hybrid Day diharapkan dapat meningkatkan pemahaman kepada masyarakat mengenai bagaimana ekosistem esports ini bekerja, serta mengedukasi masyarakat tentang peluang esports sebagai sebuah industri.