21 August 2023

by Glenn Kaonang

Huawei Resmi Luncurkan MatePad 11.5, Tablet 5 Jutaan tapi Kaya Fitur

MatePad Air atau MatePad 11 kemahalan? Silakan melirik MatePad 11.5, kata Huawei

Tiga bulan terakhir ini menjadi bulan yang sangat sibuk bagi Huawei Indonesia. Di bulan Mei, Huawei resmi membawa tablet MatePad 11 ke tanah air. Kemudian di bulan Juli, giliran tablet MatePad Air yang menyusul. Seakan belum puas, hari ini (21/8/2023) Huawei Indonesia meluncurkan tablet baru lagi, yakni MatePad 11.5.

Sebelumnya sempat diperkenalkan lebih dulu secara tertutup di hadapan awak media, MatePad 11.5 secara pas melengkapi lini tablet yang Huawei luncurkan di Indonesia tahun ini. Dengan harga jual Rp5.499.000, MatePad 11.5 dimaksudkan untuk mengisi segmen entry level, sekaligus menjadi alternatif yang lebih terjangkau ketimbang Matepad 11 maupun Matepad Air.

Dengan positioning seperti itu, tentunya cukup wajar apabila MatePad 11.5 bakal dibanding-bandingkan dengan kedua kakaknya yang lebih mahal. Kabar baiknya, penyunatan yang Huawei terapkan untuk menekan harga jual MatePad 11.5 bisa dibilang masih dalam tahap wajar.

Sesuai namanya, Huawei MatePad 11.5 hadir membawa layar 11,5 inci dengan resolusi 2,2K, aspect ratio 3:2, dan refresh rate 120 Hz. Layar tersebut dikemas dalam rangka logam unibody, dengan tebal hanya 6,85 mm dan bobot 499 gram. Seperti yang dijelaskan oleh Edy Supartono selaku Training Director Huawei Consumer Business Group, mobilitas tinggi masih menjadi salah satu highlight dari perangkat ini.

Aspek mobilitas itu penting karena MatePad 11.5 datang bersama sejumlah aksesori. Yang pertama adalah smart detachable keyboard yang juga merangkap sebagai case pelindung. Kemudian ada pula stylus M-Pencil generasi kedua yang sangat minim latensi dan irit daya, tidak ketinggalan pula mouse Bluetooth standar.

Masih membahas soal hardware, MatePad 11.5 ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 7 Gen 1, RAM 8 GB dan penyimpanan internal 128 GB. Perangkat mengemas baterai berkapasitas 7.700 mAh yang diklaim bisa tahan hingga 10 jam pemutaran video, serta mendukung pengisian cepat berdaya 20 W.

MatePad 11.5 turut dibekali sistem quad speaker untuk semakin memaksimalkan potensinya di bidang hiburan. Melengkapi hardware-nya adalah kamera belakang 13 megapiksel serta kamera depan 8 megapiksel yang mendukung fitur Followcam.

Beralih ke software, Huawei membekali MatePad 11.5 dengan sistem operasi HarmonyOS 3.1 yang sarat fitur penunjang produktivitas. Kendati demikian, yang mungkin bakal menjadi sorotan terbesar adalah kehadiran PC-Level WPS Office, yang dapat diakses secara gratis seumur hidup. Menurut Huawei, aplikasi produktivitas dengan kemampuan hampir setara versi desktop-nya ini bisa menjawab keraguan konsumen yang ingin menjadikan tabletnya sebagai perangkat kerja utama.

Seperti yang sudah disebutkan, Huawei MatePad 11.5 akan dijual secara resmi dengan harga Rp5.499.000. Menariknya, Huawei menjanjikan sederet bonus menarik bagi yang melakukan pemesanan selama periode penjualan perdananya pada 25 Agustus sampai 10 September 2023.

Bonus tersebut mencakup tiga aksesori yang sudah disinggung tadi (detachable keyboard case, stylus, mouse), plus gratis keanggotaan VIP layanan WeTV dan Huawei Cloud Storage 50 GB selama 1 bulan. Total benefit gratis yang dicapai berkisar 3 juta rupiah menurut Huawei.

Dalam kesempatan yang sama, Huawei turut menyingkap TWS baru bernama FreeBuds SE 2. Seperti MatePad 11.5, FreeBuds SE 2 pada dasarnya juga menawarkan value-for-money yang tinggi. Beberapa keunggulan yang menjadi highlight antara lain adalah fisik tahan air dan debu dengan sertifikasi IP54, kontrol sentuh, Bluetooth 5.3, dan daya baterai total 40 jam.

Huawei FreeBuds SE 2 dibanderol seharga Rp599 ribu, namun selama periode flash sale dari 1-10 September 2023, konsumen bisa mendapatkannya seharga Rp399 ribu saja.