16 August 2023

by Dimas Galih W.

Huawei Bakal Hadirkan MatePad 11.5: Tablet Entry Level Baru di 2023

Huawei bakal kembali meluncurkan sebuah tablet baru di Indonesia yang memiliki harga lebih terjangkau dan juga sebuah TWS baru

Kesuksesan Huawei dalam menjual tablet di tahun 2023 sepertinya tidak akan berhenti dengan 2 perangkat saja. Setelah Huawei Matepad 11 yang ditujukan untuk pasar mainstream serta Matepad Air yang dijual pada pasar premium, akan hadir satu lagi tablet dari Huawei. Nama dari perangkat tersebut adalah Huawei Matepad 11.5.

Tablet yang satu ini bakal hadir di Indonesia pada tanggal 21 Agustus 2023 mendatang. Huawei Matepad 11.5 ini memang sengaja dihadirkan di Indonesia untuk mereka yang merasa bahwa 2 perangkat sebelumnya masih kemahalan. Jadi, Huawei menjual Matepad 11.5 untuk pasar entry level dengan harga yang lebih terjangkau.

Seperti biasa, Huawei mengundang para jurnalis untuk berkenalan terlebih dahulu dengan perangkat barunya sebelum acara peluncuran. Undangan tersebut dilakukan pada tanggal 15 Agustus 2023 yang bertempat di SAB House Panglima Polim. Pada acara kali ini, saya diundang pada sesi pertama yang dilakukan pada jam 10 pagi.

Hal tersebut dikatakan oleh Patrick Ru sebagai Country Head of Huawei Device Indonesia, bahwa kebutuhan tablet  performa dengan harga terjangkau makin meningkat di Indonesia. Oleh sebab itu, Patrick mengatakan bahwa mereka kembali menghadirkan tablet rasa PC, HUAWEI MatePad 11.5. Peluncuran tablet ini menegaskan komitmen Huawei dalam menghadirkan solusi produktivitas terbaik dengan harga terjangkau. Tablet entry-level ini mengusung kinerja andal dan dukungan berbagai aksesoris seperti tablet kelas premium.

Pada perangkat yang satu ini, Huawei kembali membawa WPS Office yang khusus dibuat untuk Matepad. Hal tersebut berarti user interface-nya akan mirip dengan versi desktop WPS. Memang inilah yang membedakan tablet Huawei dengan perangkat lainnya yang ada di pasar Indonesia. Penggunaannya pun juga akan minim pembelajaran saat Anda sudah cukup familiar dengan software seperti Microsoft Office.

Perangkat ini juga nantinya bakal mendapatkan aksesoris yang kurang lebih sama dengan kedua kakaknya. Hal tersebut seperti back case keyboard, Huawei M-Pen, dan juga Mouse dengan merek Robot. Namun perbedaannya kali ini, Huawei Matepad 11.5 tidak mendukung pengisian baterai M-Pen langsung, jadi harus melalui sebuah kabel.

Huawei Matepad 11.5 datang dengan prosesor Snapdragon 7 Gen 1. Hal ini membuatnya menjadi perangkat pertama yang menggunakan SoC tersebut. RAM yang terpasang nantinya akan memiliki kapasitas 8 GB. Layarnya sendiri memiliki resolusi 2.2K, rasio aspek 3:2 dan refresh rate 120Hz.

Selain Matepad, Huawei juga bakal memperkenalkan sebuah TWS baru yang bernama Freebuds SE 2. Sama seperti tabletnya, TWS yang satu ini juga masuk dalam kategori entry level. Total pemakaian baterainya bisa mencapai 40 jam.

Untuk harga kedua perangkat ini, tentu saja kita harus menunggu pada tanggal 21 Agustus 2023 mendatang. Kabarnya, Huawei Matepad 11.5 akan dijual pada tingkat harga 5 jutaan. Untuk kepastiannya mari kita tunggu saja hingga peluncurannya.