Huawei Perkenalkan MateBook D16, Bakal Hadir di Indonesia Bulan Ini

Laptop baru untuk mengisi ekosistem Huawei bakal hadir di Indonesia. Huawei MateBook D16 ternyata menggunakan Intel Alder Lake

Untuk melengkapi ekosistemnya, Huawei bakal menghadirkan sebuah laptop baru yang masuk dalam kelas D, yang digadang menjadi laptop serbaguna. Laptop yang satu ini nantinya bakal memiliki layar yang lebih besar dengan ukuran 16 inci. Laptop ini juga sudah menggunakan Alder Lake sebagai penggerak utamanya. Nama dari laptop tersebut adalah Huawei MateBook D16.

Patrick Ru, Country Head of Huawei Device Indonesia mengatakan, “Huawei selalu berkomitmen menawarkan kualitas terbaik dari yang terbaik pada setiap inovasi produk yang diciptakan, termasuk pada Huawei MateBook D16 yang akan resmi diluncurkan tidak lama lagi. Tidak hanya dirancang dengan indah, Huawei MateBook D16 juga dirancang sebagai laptop layar besar dengan performa andal. Ditenagai oleh prosesor Intel Core H-Series Generasi ke-12, keyboard luas dengan numpad dan webcam 1080p, Huawei MateBook D16 sangat direkomendasikan bagi  pelajar dan pekerja yang membutuhkan dukungan komputasi untuk multitasking maupun kebutuhan hiburan, dari gaming, nonton video, atau bahkan editing.”

Layar 16 inci yang digunakan oleh Huawei MateBook D16 bertipe IPS dengan resolusi 1080p. Layar ini sendiri memiliki tingkat kecerahan 300 nits dengan gamut 100% sRGB. Rasio layarnya sendiri memiliki tingkat kelebaran 16:10 dan memiliki pelindung layar yang akan menghindarkan penggunanya saat silau. Bezel-nya memiliki ketipisan 4,6 mm pada sisi kiri dan kanannya.

Laptop yang satu ini juga diklaim mampu memiliki koneksi WiFi yang lebih baik dibandingkan dengan perangkat sejenis. Hal tersebut dikarenakan Huawei sudah menerapkan teknologi Metaline Antenna pada MateBook D16. Huawei mengklaim bahwa teknologi ini mampu meningkatkan kekuatan sinyal hingga 2 dB. Hal ini tentu saja berpengaruh pada segala pekerjaan yang membutuhkan jaringan WiFi.

Teknologi Metaline Antenna ini berbasis Metamaterial dengan struktur komposit yang dapat mengakibatkan gelombang elektromagnetik tersebar dengan lebih baik tanpa mengubah frekuensi antena. Huawei mengklaim bahwa teknologi ini mampu meningkatkan kecepatan download hingga 55%. Saat digunakan untuk bermain game, latensi juga diklaim akan turun hingga 57%. Dan bagi mereka yang sering melakukan video conference, teknologi ini akan menurunkan delay hingga 67%.

Teknologi baru lainnya yang muncul pada laptop ini adalah fitur FollowCam. Dengan teknologi ini, fokus kamera akan selalu mengikuti penggunanya, walaupun sang pengguna sedang berjalan-jalan. Selain itu, kamera dari Huawei MateBook D16 juga sudah memiliki fitur virtual background yang cukup berguna jika sebuah aplikasi konferensi video tidak memiliki fitur tersebut.

Dengan menggunakan Intel Core i7-12700H dan Core i5-12450H, laptop ini tentu saja bakal memiliki kinerja tinggi. RAM yang terpasang berkapasitas 16 GB dengan SSD NVMe 512 GB. Namun sayang, sepertinya laptop ini belum mendukung Thunderbolt 4. Padahal, chipset-nya sendiri sudah mendukung teknologi tersebut.

Laptop Huawei MateBook D16 bakal diluncurkan pada tanggal 27 Juli 2022. Pada tanggal tersebut, semua informasi termasuk harga akan diumumkan oleh Huawei. Selain D16, Huawei juga mengeluarkan laptop dengan harga yang lebih terjangkau. Adalah MateBook D14 yang menggunakan Intel Core i3-1115G4 yang juga bakal muncul pada tanggal tersebut.