Dark
Light

HP Perkenalkan Jajaran Laptop AI Profesional ke Pasar Indonesia

by
3 mins read
July 15, 2024

Dengan terus meningkatnya penggunaan AI di berbagai bidang profesional saat ini, Hewlett Packard atau yang lebih dikenal dengan HP baru saja meluncurkan portofolio laptop terbarunya. Laptop ini memanfaatkan AI untuk meningkatkan produktivitas, kreativitas, dan pengalaman pengguna.

Pihak HP melihat bahwa tren kerja hybrid mempengaruhi para karyawan dalam mengatur pola kerja mereka. HP Work Relationship Index mengungkapkan bahwa 38% pekerja intelektual di Indonesia memiliki hubungan yang sehat dengan pekerjaan, dan 76% mengatakan bahwa harapan mereka terhadap hubungan dengan pekerjaan telah meningkat.

Menariknya, dalam laporan tersebut besar karyawan Indonesia percaya bahwa AI akan membuka peluang baru untuk menikmati pekerjaan dan membuat pekerjaan mereka lebih mudah. Karena itulah mereka membutuhkan alat dan teknologi AI yang tepat.

Ada lima tipe laptop AI yang dibawa oleh HP ke Indonesia, masing-masing memiliki spesifikasi dan fiturnya masing-masing. Sehingga konsumen nantinya dapat menyesuaikan kebutuhan dan beban kerja yang akan mereka jalankan melalui laptop-laptop ini.

HP Pavilion Series

Yang pertama adalah seri entry yaitu Pavilion, lini seri ini didesain untuk menjadi teman kerja ideal bagi Gen Z. Seri laptop ini juga mempertimbangkan penampilan, pengalaman premium, gaya hidup dinamis, dan harga yang terjangkau.

Ada tiga varian yang ada pada seri Pavilion ini, yaitu HP Pavilion, Pavilion Plus, dan Pavilion Aero. Ketiganya menawarkan kombinasi spesfikasi yang sangat memadai untuk mengakomodir kebutuhan para Gen Z, mulai dari pekerjaan kantoran hingga komputasi AI tingkat dasar.

Bahkan, seri Pavilion ini telah dilengkapi dengan mesin AI bawaan, sehingga seri ini menawarkan keseimbangan yang sempurna antara performa, mobilitas, dan kualitas, sehingga memastikan pengalaman komputasi terbaik untuk pelanggan Generasi Z.

HP ProBook Series

Bagi para pekerja hybrid yang harus membagi waktu antara kantor dan rumah, HP menawarkan ProBook Series sebagai peralatan tempur yang dapat mengakomodir semuanya. Sehingga pengguna dapat menyelesaikan berbagai tugas dimanapun mereka berada.

Ada dua varian dalam seri ProBook ini, yaitu HP ProBook 400 Series G11 dan HP ProBook 405 Series G11. Kedua laptop ini memiliki beberapa fitur profesional tambahan seperti hadirnya HP Wolf Security for Business yang akan memberikan proteksi di luar maupun di dalam laptop.

Seri ProBook ini menyuguhkan alur kerja berbasis AI dan performa penting sambil menawarkan penyimpanan dan memori yang dapat di-upgrade. Seri ini mengandung 50% alumunium daur ulang pasca-industri yang dicap di sasisnya.

HP EliteBook Series

Seri EliteBook merupakan seri laptop bisnis AI tertinggi yang ditawarkan HP. Laptop seri ini dirancang secara sempurna untuk menggabungkan portabilitas, performa, dan daya tahan baterai hingga 21 jam. Laptop ini memanfaatkan kekuatan AI untuk memberikan ketahanan lebih.

Seri ini memiliki banyak varian mulai dari HP Elitebook 600 Series G11, HP Elitebook 605 Series G11, HP Elitebook 800 Series G11, HP Elitebook 805 Series G11, dan yang terakhir adalah varian tertingginya yaitu HP Elitebook 1000 Series G11.

Laptop seri EliteBook ini dirancang untuk perusahaan dan organisasi di berbagai sektor yang membutuhkan performa, ketahanan, fleksibilitas, dan juga fitur kolaborasi yang kuat. Mulai dari aplikasi-aplikasi bisnis yang berat, hingga aplikasi berbasis AI dapat dijalnkan dengan lancar.

HP ZBook Series

Selanjutnya adalah seri ZBook yang menghadirkan solusi komputasi berkinerja tinggi yang dirancang untuk mendukung beban kerja berat, namun tetap memikirkan mobilitas penggunanya. Ada empat varian dari seri ini yaitu HP ZBook Power G11, HP ZBook Fury G11, HP ZBook Studio G11, dan HP ZBook Firefly G11.

Keempat seri ZBook ini menawarkan fleksibilitas untuk pilihan spesifikasinya, mulai dari prosesor terbaru Intel Core Ultra 5, 7, dan 9 dengan NPUs khusus. Untuk pengolahan AI, laptop seri ini diperkuat dengan GPU NVIDIA, mulai dari RTX A500, RTX 500, RTX 1000, RTX 3000, hingga RTX 5000.

Laptop seri Zbook cocok diperuntukkan bagi para pengguna produktif yang menjalankan tugas berat seperti 3D modelling, konten berbasis AI, pengeditan video 8K, VFX, hingga melakukan penyetelan dan menjalankan model AI lokal langsung dari laptop.

Omen Transcend Series

Terakhir, HP juga memberikan perhatian kepada para gamer yang membutuhkan laptop serbaguna yang mampu memainkan game-game AAA terbaru dengan lancar. Maka dari itulah HP menghadirkan seri Omen Transcend yang memfasilitasi kebutuhan para gamer.

Khusus dirancang untuk gaming dan pekerjaan kreatif, laptop gaming Omen Transcend ini hadir dengan layar OLED canggih, bodi yang elegan dan ramping, komponen internal kelas atas, dan bentuk yang tetap kompak dan ringkas sehingga dapat dibawa dengan mudah.

Ada dua varian laptop gaming Omen Transcend ini berdasarkan ukuran layarnya. Konsumen dapat memilih varian 14 inci atau 16 inci sesuai dengan preferensinya. Di dalam, laptop ini ditenagai oleh prosesor Intel Core Ultra 9 185H dan GPU NVIDIA GeForce RTX 4070 Laptop.

Tujuan teknologi AI di laptop-laptop HP

“AI menciptakan kondisi yang lebih setara bagi semua orang, sehingga semua orang dapat mengeluarkan potensi mereka untuk menjadi kreator, inovator, dan pengusaha.” ujar Choon Teck Lim, Managing Director HP Indonesia

Lim memberikan gambaran bagaimana berkembangnya beragam aplikasi dan layanan di Indonesia dan di wilayah Asia. Karena hal itu adalah bukti adanya kebutuhan akan solusi lokal yang sesuai dengan kebutuhan lokal, sehingga AI akan memastikan ide-ide tersebut dapat dieksekusi.

Lebih dari itu, Lim merasa bahwa AI akan sangat membantu meningkatkan produktivitas bagi semua orang, dengan menangani tugas-tugas yang menghabiskan waktu. Sehingga para karyawan dapat fokus pada kreativitas dan inovasi yang lebih tinggi.

Previous Story

Genjot Solusi Kecerdasan Buatan, AMD Akuisisi Silo AI

Fitur baru Shorts
Next Story

Kejar TikTok, YouTube Tambahkan Fitur-Fitur Baru Ini di Shorts

Latest from Blog

Don't Miss

OPPO Pamerkan 6 AI Generatif Canggih yang Hadir di Reno12 Series

Kehadiran fitur-fitur AI ke dalam smartphone kini jadi semakin populer,

ASUS Umumkan Event Peluncuran Laptop Next-Gen Ryzen Mereka

Setelah  secara resmi mengumumkan kehadiran prosesor Ryzen AI pada Computex