Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Peluang HOYO dan ZeroTwo di DPC SEA 2021 Lower Division

14 January 2021Akbar Priono

Jhocam bersama HOYO, InYourDream serta Dreamocel bersama ZeroTwo akan bertanding di DPC SEA 2021 Lower Division. Apa tantangan dan peluang bagi keduanya?

Setelah kurang lebih satu pekan kualifikasi Dota Pro Circuit 2021 berjalan, akhirnya 8 tim kontestan untuk Lower Division Regional League SEA telah terpilih. Dua dari delapan tim tersebut memiliki pemain Indonesia sebagai roster utama mereka. Ada tim HOYO yang memainkan Tri Kuncoro (Jhocam). Ada juga tim ZeroTwo yang memainkan Muhammad Rizky (InYourDream) dan Randy Muhammad Sapoetra (Dreamocel). Selain itu, 6 tim sisanya adalah Galaxy Racer, Omega Esports, Assault, Cignal Ultra, Yangon Galacticos, dan Lilgun.

Beberapa tim dari daftar tersebut mungkin terdengar asing. Saya yang belakangan tidak sepenuhnya mengikuti skena Dota 2 pun sedikit kaget melihat ada tim seperti Yangon Galacticos yang berisi pemain-pemain Myanmar ataupun Lilgun yang berisi pemain-pemain asal Mongolia. Walaupun demikian, beberapa tim tersebut sempat menunjukkan performa yang cukup baik pada kualifikasi kemarin. Dengan lawan-lawan yang akan dihadapi, mampukah HOYO ataupun ZeroTwo mendapatkan kemenangan demi kemenangan guna melaju ke Upper Division nantinya?

Sumber Gambar - Twitter @wykrhm
Sumber Gambar – Twitter @wykrhm

Membicarakan hal tersebut, saya mewakili redaksi Hybrid.co.id pun berbincang dengan Gideon “ANONIM” Arief. ANONIM terbilang jadi salah satu dari beberapa sosok shoutcaster yang hingga saat ini masih sangat aktif mengamati dan juga mengomentari pertandingan-pertandingan Dota 2. Pada babak kualifikasi kemarin pun dirinya mengomentari pertandingan-pertandingan yang berlangsung di channel YouTube WxC Indonesia, salah satu channel YouTube yang belakangan menyeruak di tengah komunitas Dota 2 Indonesia.

Menanggapi pertanyaan saya seputar hal tersebut, ANONIM pun menyoroti soal kerja sama dari kedua tim tersebut. “Dari apa yang gue lihat, dua tim tersebut masih belum mendapatkan konsep kerja sama tim yang tepat sih. Terlihat masih saling eksplorasi untuk menyesuaikan keadaan dengan hero pool dari masing-masing pemain. Apabila mereka berhasil menjadi lebih klop, gue merasa kesempatan mereka akan jadi cukup besar untuk melaju ke Upper Division. Kenapa? Karena mereka sudah punya skill individu yang tajam. Cuma kalah dari sisi chemistry dan strat aja.” tutur ANONIM.

Bagi Anda yang terlewat dengan perkembangan skena kompetitif Dota 2, Valve baru-baru ini meluncurkan beberapa perubahan di Dota Pro Circuit 2021. Salah satu perubahan terbesar adalah kehadiran pertandingan liga berjenjang dengan durasi yang cukup panjang. Ada dua jenjang liga, Upper Division dan Lower Division. HOYO dan ZeroTwo saat ini berada di liga Lower Division. Ibarat liga sepak bola Italia, mereka seperti bertanding di liga Serie B. Berada di Upper Division sangat penting karena dari sana mereka bisa lolos ke turnamen Major. Tim yang menjadi juara Major akan mendapat kesempatan yang lebih besar melaju ke The International. Dua tim tersebut bisa lolos ke Upper Division asalkan mereka finish di peringkat top 2 Lower Division pada akhir Regional League Season 1.

Lalu siapa saja di antara 6 tim tersebut yang akan jadi tantangan terbesar bagi HOYO ataupun ZeroTwo. “Kalau lawan berat, menurut gue sih Galaxy Racer dan Omega Esports. Omega Esports kiprahnya sudah terlihat ketika masih menggunakan nama Adroit. Lalu kalau Galaxy Racer kelebihannya adalah karena mereka merupakan tim yang berasal satu negara (Malaysia). Ditambah lagi pemain-pemain Galaxy Racer juga berpengalaman dan sempat bermain bersama dalam beberapa momen.”

Sumber Gambar - MET Official Website
Gideon Arief atau ANONIM, sosok shoutcaster yang terkenal cukup analitis ketika membahas sebuah pertandingan. Sumber Gambar – MET Official Website

Melihat rosternya di Liquidpedia, saya memang cukup setuju dengan ANONIM bahwa Galaxy Racer jadi patut diwaspadai. Galaxy Racer menyertakan nama-nama yang sudah cukup lama malang melintang di kancah Dota seperti KyXy dan 343. Lalu bagaimana dengan tim lainnya? Saya sendiri cukup penasaran dengan tim seperti Yangon Galacticos ataupun Lilgun karena berasal dari negara yang terbilang cukup minim terdengar berkiprah di kancah esports.

“Dari 2 tim tersebut, yang secara mengejutkan bagus itu Yangon Galacticos menurut gue. Tapi mungkin memang karena faktor kelima roster tim tersebut yang berasal dari satu negara (Myanmar). Chemistry-nya jadi bagus sehingga strat mereka pun berjalan terbilang cukup mulus.” ANONIM menjelaskan.

Pertandingan Regional League DPC SEA 2021 sendiri akan dimulai tanggal 18 Januari 2021 mendatang secara online. Mengacu pada informasi resmi dari Valve, pertandingan Lower Division SEA dilakukan setiap hari senin sampai jumat. Mari kita dukung dan berikan doa yang terbaik untuk Jhocam, InYourDream, dan Dreamocel yang berjuang di pertandingan Lower Division Regional League DPC SEA 2021 mendatang!

Play video

16 June 2021

HY ESPORTS - ESPORT TIDAK MENGENAL DAERAH

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV