Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Jepang Buka Hotel Esports Dengan 3 Lantai Berisi PC Gaming Berspesifikasi Tinggi

14 July 2020Akbar Priono

Berlokasi di Osaka, hotel esports e-ZONe menyediakan 3 lantai gaming room dengan total 72 PC Gaming berspesifikasi tinggi.

Tren industri gaming dan esports memang sedang positif belakangan. Newzoo, salah satu badan riset gaming dan esports ternama, melaporkan bahwa jumlah gamers diproyeksikan akan mencapai jumlah 3 miliar orang pada 2023. Dari sisi industri esports, dikabarkan bahwa pada tahun 2020 saja, nilai industrinya diproyeksikan akan mencapai 15,4 miliar Rupiah.

Tidak heran jika berbagai brand dan bisnis di bidang selain game, melirik, dan mencoba peruntungan di ekosistem game dan esports. Satu peluang yang mungkin menarik adalah mengkombinasikan bisnis tourism dengan gaming dan esports. Untuk gamers, kita sudah sempat melihat The Arcade Hotel atau Atari Hotel yang memanjakan para pecinta game. Kini muncul inovasi baru lagi yaitu esports hotel.

Sumber: e-zone.site
Bentuk bangunan hotel e-ZONe yang terletak di kota Osaka. Sumber: e-zone.site

Memiliki nama e-ZONe, hotel ini terletak kota Osaka, Jepang. Mengutip dari laman booking.com e-ZONe, hotel ini berada sangat dekat dari Nipponbashi Shopping District. Daerah tersebut kerap kali dipanggil sebagai “Den-Den Town” atau “Akihabara of Japan’s west”, karena menjadi pusat budaya anime dan manga, serta pusat penjualan barang-barang elektronik juga game.

Mengutip dari laman resmi e-ZONe, dikatakan bahwa hotel ini terdiri dari 9 lantai. Berhubung memiliki tema, lantai 1 sampai 3 hotel e-ZONe adalah gaming floor yang berisikan total 72 PC yang bisa digunakan oleh penghuni hotel layaknya. Lantai 4 sampai 6 berisikan kamar hotel standar dengan tipe hotel kapsul. Sementara lantai 7 sampai 8 merupakan kamar yang berisikan kasur Twin Size dan dilengkapi dengan ruang gaming privat, dengan lantai 9 menjadi lantai khusus untuk perempuan.

Pada gaming floor, hotel e-ZONe menyediakan PC dengan spesifikasi beragam, mulai dari Intel Core i7 sampai AMD Ryzen 3600 dan GPU mulai dari RTX 2080 Super sampai GTX 1660ti. Tak hanya itu kebanyakan PC juga sudah dilengkapi dengan monitor 144 Hz, Headset, bahkan Webcam, dan tentunya Gaming Chair. Fasilitas tersebut bisa Anda gunakan dengan biaya sewa sebesar 250 yen / jam (sekitar 33 ribu Rupiah).

Sumber: e-zone.site
Penampakan gaming floor dari hotel esports, e-ZONe. Sumber: e-zone.site

Sementara itu kamar hotel di e-ZONe juga memiliki harga yang bervariasi mulai dari harga Rp1 juta per malam untuk kamar single bed hingga Rp4,9 juta per malam untuk kamar berisikan 4 single bed. Namun jika mengutip dari laman booking.com, tidak ada informasi yang mengatakan bahwa penyewa kamar bisa menikmati fasilitas iCafe secara bebas. Ini mungkin fasilitas iCafe memang disewakan secara terpisah, yang mungkin artinya Anda harus membayar lagi jika ingin menggunakan fasilitas tersebut.

Melihat fasilitas yang disediakan, ini tentu bisa menjadi pilihan hotel yang menarik bagi atlet esports yang bertanding di Jepang dan di area sekitar Osaka. Namun hotel ini juga mungkin akan cocok, jika Anda orang biasa yang ingin jalan-jalan ke Jepang di siang hari, dan menikmati bermain game kompetitif pada komputer berspesifikasi di malam harinya. Mungkin ini sudah saatnya untuk menabung demi bisa mencoba fasilitas hotel milik e-ZONe suatu hari nanti.