2 May 2023

by Daniel Hamiaz

Honkai: Star Rail 1.0 Tier List Karakter, Manakah yang Terbaik?

Dengan mengetahui kemampuan setiap karakter, Anda bisa memilih karakter mana yang akan membantu Anda ketika bermain Honkai: Star Rail

Honkai: Star Rail baru saja dirilis secara global pada 26 April 2023 yang mengusung sebuah game turn-based bergaya anime. Di dalam game buatan HoYoverse ini, terdapat banyak karakter-karakter unik yang muncul di dalam cerita, dan sebagian dari mereka bisa pemain dapatkan dan mainkan.

Karena mengambil genre tersebut, gameplay Honkai: Star Rail lebih mengedepankan strategi dibandingkan RPG lainnya. Apalagi dengan sistem giliran, pemain dituntut untuk memiliki sejumlah strategi untuk bisa menyelesaikan tantangan yang diberikan. Karakter yang dimiliki pemain tentu akan mempengaruhi bagaimana strategi tersebut.

Mirip seperti Genshin Impact, karakter di Honkai: Star Rail dibagi menjadi dua jenis berdasarkan rarity-nya, yaitu bintang 4 (B4) dan bintang 5 (B5). Karakter B5 cenderung lebih jarang didapatkan dibandingkan dengan karakter B4. Namun bukan berarti, karakter B4 selalu lebih buruk dibandingkan karakter B5 maupun sebaliknya. Pemain bisa mendapatkan karakter-karakter tersebut secara gratis ketika bermain story maupun lewat sistem gacha.

Sebelum menyusun strategi, ada baiknya pemain mengenali terlebih dahulu kelebihan dan kelemahan dari masing-masing karakter. Berikut ini tier list Honkai: Star Rail versi 1.0:

SS: Seele, Bronya, Tingyun

  • Seele: Karakter yang sangat kuat untuk situasi single-target, serta memiliki elemen Quantum yang saat ini hanya dimiliki oleh 2 karakter saja. Dengan damage yang sangat tinggi, ia bahkan bisa menyerang lagi ketika berhasil menumbangkan musuh.
  • Bronya: Kemampuannya memberikan berbagai buff kuat dalam satu karakter, menjadikannya sebagai salah satu karakter terbaik untuk saat ini. Karena sejumlah buff yang sangat bermanfaat inilah yang membuat Bronya sepertinya akan sulit untuk terkena powercreep.
  • Tingyun: Satu-satunya karakter B4 yang berada di tier S+. Selain bisa memberikan buff ATK, DMG bonus, ia juga bisa mengisi energi karakter. Kemampuan sebanyak ini tidak ditemukan di karakter buffer lain, khususnya karakter B4.

S: Bailu, Gepard, Pela ,Clara, Welt, Yanqing, Fire Trailblazer

  • Bailu: Perannya sebagai healer sangatlah penting di dalam game ini. Terlebih lagi opsi karakter healer lain untuk saat ini hanyalah Natasha. Selain memulihkan karakter, Bailu sanggup membangkitkan kembali karakter lain yang sudah tumbang.
  • Gepard: Seperti penampilannya, Gepard merupakan karakter yang mampu menyediakan pertahanan melalui shield. Kelebihan Gepard adalah ia mampu memberikan shield langsung kepada semua karakter di dalam tim. Selain itu, ia juga mampu memberikan efek Freeze kepada musuh.
  • Pela: Pela merupakan karakter unik yang mampu menghilangkan buff dari musuh. Meski kemampuan ini tidak terlalu fleksibel, namun ketika dibutuhkan, Pela mampu membalikkan keadaan. Pela akan lebih bermanfaat ketika pemain sudah mengerti seperti apa musuh yang sedang dihadapi.
  • Clara: Meski memiliki tubuh mungil, Clara merupakan karakter yang sangat kuat di situasi AoE. Cara memberikan damage-nya pun cukup unik. yaitu dengan menyerang balik ketika Clara diserang. Ia merupakan karakter tank yang mampu menghasilkan damage AoE yang tinggi.
  • Welt: Sebagai satu-satunya karakter Imaginary di dalam game saat ini, hal ini yang mengangkat Welt masuk ke dalam urutan ini. Welt dapat dikatakan kuat di berbagai kondisi, baik single-target maupun AoE, dengan kemampuan utama yang mampu memberikan buff dan debuff yang cukup bermanfaat.
  • Yanqing: Sebagai karakter DPS single-target, Yanqing mampu memberikan buff kepada dirinya sendiri, sehingga otomatis damage yang ia hasilkan akan sangat tinggi. Kekuatannya bertumpu pada efek pasif yang akan meningkatkan damage secara signifikan.
  • Fire Trailblazer: Meski karakter MC merupakan karakter gratis yang didapatkan pemain di awal game, namun ternyata ia tidak bisa dianggap remeh, khususnya ketika ia mendapatkan elemen Fire. Ia mampu menjadi tank sekaligus memberikan shield serta taunt yang akan menarik aggro musuh.

A: Natasha, March 7th, Arlan, Dan Heng, Himeko, Hook, Sampo, Serval, Sushang, Asta

  • Natasha: Karakter ini menjadi sangat penting ketika Anda tidak memiliki Bailu. Natasha akan diberikan secara cuma-cuma dan merupakan satu dari dua karakter healer yang ada di game saat ini. Kekuatan dan fungsinya akan cenderung turun, ketika pemain mendapatkan Bailu.
  • March 7th: Kemampuannya dalam memberikan shield sangatlah baik untuk karakter gratis. Selain untuk melindungi, karakter yang diberikan shield akan mendapatkan Aggro, sehingga memudahkan fokus serangan musuh. Ia juga memiliki kemampuan Freeze area di dalam Burst-nya. Efek tersebut cukup bermanfaat untuk menghentikan pergerakan musuh untuk beberapa saat.
  • Arlan: Kemampuannya dalam menukarkan damage dengan darahnya sendiri menjadikannya sebagai sebuah karakter yang unik. Ditambah lagi, karena ia tidak menggunakan skill point, maka secara tidak langsung akan membantu karakter lain untuk lebih leluasa mengeluarkan skill. 
  • Dan Heng: Salah satu karakter gratis yang diberikan di awal game, yang kuat di situasi single-target. Ia juga memiliki elemen Wind yang cukup jarang ditemukan di dalam game saat ini. Kemampuannya memanipulasi speed menjadikannya karakter yang cukup kuat, terutama di awal game.
  • Himeko: Meski merupakan karakter B5, Himeko tidak se-fleksibel karakter B5 Standar lainnya. Kemampuannya juga cukup bergantung pada memecahkan toughness musuh. Namun jika menghadapi situasi AoE, Himeko menjadi salah satu pilihan terbaik yang bisa pemain gunakan.
  • Hook: Karakter satu ini bisa menghasilkan damage yang baik untuk situasi single-target. Apalagi dengan kemampuan self-heal-nya, ia bisa meringankan tugas healer untuk memulihkan karakter lain. Dengan memanfaatkan status burn, Hook mampu memberikan damage DoT yang cukup berguna di kondisi tertentu.
  • Sampo: Karakter satu ini memiliki spesialisasi untuk DoT atau damage over time. Kemampuan ini akan mengurangi HP musuh yang banyak secara berkala. Sayangnya di luar itu, Sampo tidak memiliki manfaat lain.
  • Serval: Mirip dengan Sampo, Serval juga merupakan karakter DoT. Bedanya ia merupakan karakter DPS, sedangkan Sampo adalah karakter debuffer. Semua skill Serval bersifat area dan berfokus ke status Shock.
  • Sushang: Karakter Physical satu ini akan memanfaatkan Sword Stance, yang akan memberikan damage tambahan seusai memakai skill. Ketika ia berhasil melakukan weakness break, Sushang akan langsung menyerang lagi, tanpa menggunakan skill point.
  • Asta: Kemampuannya memberikan buff ATK dan SPD yang sangat berharga bagi karakter lain, khususnya DPS. Namun, karena sejumlah kemampuannya yang baru akan terpicu ketika melawan musuh berelemen api, hal ini menjadikan Asta sebagai karakter yang sangat tergantung dengan musuh yang dihadapi.

B: Qingque, Herta

  • Qingque: Alasan terbesar mengapa Qingque ada di posisi ini adalah karena kemampuannya yang random. Cara ia menyerang hingga jurus Burst-nya tergantung dari papan permainan yang ia miliki. Kelebihan Qingque terletak pada elemen Quantum yang dimilikinya. Karena karakter Quantum lain untuk saat ini adalah Seele, Qingque bisa dipakai ketika Anda sedang benar-benar butuh elemen tersebut.
  • Herta: Meski didesain untuk menghadapi situasi AoE, Herta tidaklah sebaik karakter lain. Alasannya terletak pada multiplier-nya yang tergolong kecil, sehingga masih banyak karakter dengan kemampuan serupa yang bisa digunakan selain dirinya.

Perlu diingat bahwa karena tier list di atas merupakan tier list versi rilis, yang urutannya dapat berubah dalam beberapa waktu ke depan seiring waktu. Jing Yue yang masih akan dirilis pada fase kedua tidak dimasukkan ke dalam tier list ini.

Tier list di atas lebih menggambarkan bagaimana nilai sebuah unit ketika berdiri sendiri. Sehingga ketika dikombinasikan dengan karakter spesifik, kekuatannya akan meningkat akibat sinergi tersebut. Contoh kombo yang sering digunakan adalah Clara-March 7th dan Himeko-Herta.

Honkai: Star Rail dirilis untuk PC, Android, iOS, PlayStation 4, dan PlayStation 5.