Dark
Light

Hompostera dan Desain Baru KapanLagi.com

1 min read
June 1, 2010

KapanLagi mengubah tampilan situs mereka. Kini jika anda ‘mampir’ ke situs mereka, maka pertama-tama anda akan disuguhi tampilan 8 kotak yang berada di tengah layar, background grafis yang tidak biasa, serta logo KapanLagi yang tampil tidak terlalu besar dan dibawahnya terdapat kolom mesin pencari.

Pada awalnya saya agak kaget juga dengan tampilan baru ini, biasanya masuk portal entertainment, semacam KapanLagi kita akan disuguhi dengan tampilan headline berita terbaru yang sedang in, pop up iklan sampai berbagai tampilan banner yang kadang cukup menggangu. Tapi setelah stay agak lama dan melihat-lihat, ternyata ada fitur baru yang bernama Hompostera yang juga merupakan bagian dari perubahan ‘wajah’ baru KapanLagi.

Apa itu Hompostera, dari keterangan di situs mereka, fitur ini adalah semacam skin yang bisa diganti dan bisa disesuaikan dengan interest dari pengguna. Hompostera diambil dari kata Home dan Poster, Home bisa dimaksudkan dengan homepage sedangkan Poster dimaksudkan adalah semacam gambar yang bisa diganti-ganti sesuai dengan keinginan pengguna.

Mengingatkan anda pada skin iGoogle, atau persona Firefox? Yup, KapanLagi juga merujuk pada personalisasi skin ini sebagai salah tujuan Hompostera yang ingin memberikan pengalaman berbeda sehingga pengguna tidak melihat halaman awal yang itu-itu saja.

Pengguna juga bisa mengganti ‘poster’ ini, KapanLagi menyediakan berbagai pilihan grafis untuk skin ini, ada sekitar 29 pilihan grafis (sepertinya akan terus bertambah) yang bisa diganti dan dipilih sesuai dengan keinginan pengguna, selain itu KapanLagi juga mengajak para pembaca mereka untuk submit Hompostera buatan mereka sehingga bisa juga digunakan oleh user lain.

Kalau dari segi grafis, beberapa ‘poster’ yang disediakan oleh KapanLagi memang digarap dengan serius, selain desainnya mengikuti trend yang ada, juga terdapat grafis yang sesuai dengan tema atau ciri KapanLagi yang mengkaver berbagai berita mulai dari hiburan, olahraga, musik dan lainnya. Sayangnya, dengan ajakan untuk mengirimkan ‘poster’ buatan sendiri, saya tidak menemukan cara atau link untuk submit, mencoba sign-up serta menggunakan kolom search tapi tetap tidak menemukan cara untuk mengirimkan hasil desain.

Hompostera juga hanya berlaku untuk tampilan awal atau homepage KapanLagi, jika anda melakukan klik salah satu kanal berita maka anda akan masuk kehalaman utama KapanLagi dan ‘poster’ yang sudah anda pilih akan hilang berganti dengan layout utama (yang sepertinya juga sudah diperbaharui) serta berbagai konten berita dari KapanLagi.

Meskipun tampilan KapanLagi kini terlihat lebih rapih, saya malah merasa bahwa personalisasi yang ingin dikejar dengan fitur Hompostera kurang kena, karena hanya ada ditampilan muka saja yang notabene tidak berisi konten. Akan lebih seru sepertinya kalau ‘poster’ itu bisa nempel kemana pun selama kita mengakses berbagai kanal berita yang ada di KapanLagi.

Perubahan tampilan memang seperti sebuah mantra yang harus terus diulang pemilik portal yang fokus pada konten dan user, dimana tingkat kebosanan bisa menjadi salah satu pertimbangan untuk menyegarkan tampilan situs. Seperti misalnya Kompas yang juga beberapa waktu yang lalu mengubah kembali layout mereka.

Meskipun agak melebar dari topik re-design, tapi apakah perubahan tampilan ini termasuk salah satu dari strategi mereka setelah menolak diakuisisi Yahoo! ? Well, bagaimana menurut anda dengan tampilan serta fitur Hompostera KapanLagi ini? Jangan lupa share pendapat anda pada kolom komentar.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

4 Comments

  1. setuju kerasa lebih bersih, kalau iklan yang fixed itu sih, kayaknya memang udah kodratnya 😀

  2. tampilan KapanLagi yang baru lebih clean dan lebih enak diliat. apalagi ditambah fitur hompostera.
    menunggu gebrakan dari situs berita yang satu itu

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Firefox Home: Dari Si Rubah Cerdik Untuk iPhone

Next Story

Urbanesia.com TIDAK Diakuisisi Investor Singapura (Update)

Latest from Blog

Don't Miss

Japan-Based FreakOut Arrives in Indonesia

As per last August 2015, Japan-based digital marketing platform FreakOut

Opera Ungkap Logo Baru Mereka

Opera adalah salah satu pemain veteran di ranah browser internet.