31 October 2022

by Yubian Asfar

5 Hero Counter Esmeralda Mobile Legends yang Mudah Digunakan

Sebagai hero mage yang fleksibel di berbagai posisi, rasanya sangat penting untuk tahu cara mengatasi hero Esmeralda

Setelah membahas cara counter hero Wanwan, kini Esmeralda jadi hero Mobile Legends: Bang Bang berikutnya yang bisa Anda pelajari cara mengalahkannya. Memang hero yang satu ini sangat baik di segala bidang karena memiliki kemampuan bertahan yang cukup lama.

Hero Esmeralda juga menjadi pilihan yang baik saat melakukan ranked match mengingat ia memiliki role yang fleksibel: bisa mengisi posisi jungle, midlane, hingga offlane.

Banyak hal yang membuat Esmeralda hebat, seperti skill pasifnya yaitu Starmoon Casket yang membuatnya mampu menghasilkan magic damage dari basic attack sekaligus memberikan efek shield. Lalu skill 1 miliknya, yaitu Frostmoon Shield yang memberikan shield dan tambahan movement speed.

Tidak lupa serangan utamanya, yaitu skill 2, Stardust Dance yang memberikan serangan di area sekitar dengan magic damage, dan setiap damage yang dihasilkan memberikan kontribusi shield tambahan untuk Esmeralda.

Terakhir ada ultimate skill miliknya, yaitu Falling Starmoon yang membuatnya sangat baik untuk melakukan inisiasi sekaligus menyerang banyak lawan sekaligus. Menyerang target area dengan total 350–650 (+140% total magic power) magic damage dan memberikan efek immobilize (diam).

Sumber: Mobile Legends

Esmeralda juga populer di esports scene, bahkan tampil di Grand Final MPL ID Season 10 yang digunakan R7 melawan ONIC Esports.

Penulis dengan rank Mythic juga sering melawan Esmeralda, sebab hero ini cukup stabil dari segi patch bahkan sejak September 2020 atau era MPL ID Season 6.

Masih bingung cara melawannya? Berikut ada 5 hero yang bisa digunakan untuk mengalahkan Esmeralda, antara lain:

5. Baxia

Sumber: Mobile Legends

Hero yang satu ini sangat ampuh melawan Esmeralda dan sangat mudah digunakan. Untuk mengalahkan Esmeralda, Baxia hanya perlu mengandalkan skill pasif (Baxia Mark) dan skill 2 (Shield of Spirit) yang memberikan damage 6% dari total HP lawan.

Baxia Mark mengurangi damage sebesar 25 dan juga mengurangi regenerasi HP dan shield dari lawan sebesar 30%, sangat efektif melawan Esmeralda.

4. Lapu-Lapu

Sumber: Mobile Legends

Sama seperti Baxia, Lapu-Lapu juga cocok melawan Esmeralda dengan kombinasi skill pasif (Homeland Defender) dan ultimate skill (Bravest Fighter). Lapu-Lapu cocok karena dia memiliki serangan burst damage dengan kombinasi skill miliknya, hal yang menjadi kelemahan Esmeralda.

3. Lunox

Sumber: Mobile Legends

Mage pertama yang menghiasi herocounter Esmeralda, Lunox cocok digunakan karena skill 2 miliknya, Chaos Assault, dapat menghasilkan magic damage setara dengan +130% dari total magic power ditambah 1,5% dari maksimal HP lawan.

2. Karrie

Sumber: Mobile Legends

Tentu salah satu hal yang membawa Karrie sebagai seorang counter Esmeralda adalah kemampuan true damage miliknya. Karrie memiliki stack serangan dasar dari skill pasifnya, yaitu Lightwheel Mark yang memberikan 8-12% maksimal HP lawan sebagai true damage.

1. Dyyroth

Sumber: Mobile Legends

Terakhir adalah Dyyroth, seorang Fighter yang menjadi andalan karena memiliki kemampuan sustain yang kuat dan burst damage yang besar. Skill set miliknya sangat baik melawan hero mana pun dalam urusan satu lawan satu.

Anda bisa menggunakan kombinasi ini untuk melawan Esmeralda yaitu skill 2 (Spectre Step) lalu skill 1 (Burst Strike), dan diselesaikan dengan ultimate skill (Abysm Strike).

Ultimate skill, yaitu Abysm Strike, adalah alasan utama mengapa Esmeralda jadi target yang cocok karena skill ini menghilangkan 20% dari total HP lawan.

Gambar header: YouTube Mobile Legends.