Esports Ecosystem

Hasil Mobile Legends Intercity Championship di Medan, Palembang, dan Bandung

25 May 2019 | Ayyub Mustofa
Masih ada 5 kali turnamen lagi yang akan digelar di berbagai kota besar Indonesia.

Turnamen esports tentunya sudah bukan hal asing lagi bagi para penggemar Mobile Legends: Bang Bang. Game bergenre MOBA karya Moonton ini sudah beberapa tahun memiliki kompetisi level profesional, baik Mobile Legends Professional League (MPL) yang berskala nasional ataupun Mobile Legends Southeast Asia Cup (MSC) yang berskala regional Asia Tenggara.

Dengan maraknya turnamen tersebut, tak heran bila kemudian banyak juga pemain Mobile Legends amatir yang terinspirasi untuk bertanding juga. Banyak organizer independen sudah mengadakan turnamen, baik secara lokal di daerah-daerah maupun secara online. Tapi itu semua skalanya masih kecil dan tak resmi. Kini, Moonton menyediakan wadah kompetisi amatir resmi yang bernama Mobile Legends Intercity Championship (MIC).

Luis Andre
Luis Andre, Esports Manager Moonton | Sumber: Dokumentasi Moonton

“Dengan rangkaian acara skala besar yang disiapkan pada tahun 2019 seperti MPL Season 3, MSC 2019, kami tidak pernah melupakan penggemar MLBB di Indonesia. MIC adalah jawaban untuk para penggemar semua kota di Indonesia!” demikian pernyataan Luis Andre dari Moonton dalam siaran pers.

MIC memang dirancang agar tak kalah heboh dengan turnamen profesional resmi. Bukan hanya satu lokasi, kompetisi ini digelar di 8 kota besar berbeda Indonesia yaitu Palembang, Medan, Yogyakarta, Bandung, Semarang, Makassar, Surabaya, dan Jakarta. Turnamen digelar 1 bulan sekali di masing-masing kota, sehingga total periode kompetisi MIC adalah 8 bulan.

Tim yang berhasil menjadi juara nantinya akan mendapat gelar “Legends of Nusantara”. Moonton juga menyediakan hadiah total senilai US$5.000 (sekitar Rp72 juta) dan Diamond MLBB sebanyak 162.000 Diamond. Uniknya, pemenang dari turnamen sebuah kota akan ditandingkan melawan pemenang kota berikutnya dalam ronde yang bernama City Fight, seperti perjalanan pendekar yang berkelana untuk mencari lawan terkuat.

MIC Pengunjung
Suasana pengunjung MIC | Sumber: Dokumentasi Moonton

Hingga kini sudah ada 3 kota yang telah menyelenggarakan MIC, yaitu Medan, Palembang, dan Bandung. Untuk MIC Medan, acara diadakan di Centre Point Mall dan telah rampung pada tanggal 23 – 24 Maret 2019 kemarin. Pemenangnya yaitu tim Xavier Maze. Selanjutnya adalah MIC Palembang yang berlokasi di OPI Mall Palembang tanggal 20 – 21 April lalu. Di sini tim Kaizer Coeg keluar sebagai juara, namun ketika beradu melawan Xavier Maze di babak City Fight, Kaizer Coeg harus takluk.

Turnamen ketiga yaitu MIC Bandung, bertempat di Istana BEC pada tanggal 18 – 19 Mei. Tim OPI Bandung keluar sebagai juara, dan mereka juga berhasil mengalahkan tim Xavier Maze dalam babak City Fight. Artinya OPI Bandung berhak maju ke City Fight berikutnya untuk menantang juara kota lainnya.

MIC Palembang
Juara MIC Palembang | Sumber: Dokumentasi Moonton

Masih ada 5 kota lagi akan kedatangan turnamen Mobile Legends Intercity Championship. Bila Anda ingin berpartisipasi syaratnya cukup mudah, hanya perlu memiliki tim beranggota minimal 3 orang dan Kartu Tanda Penduduk yang sesuai dengan lokasi kota MIC berikutnya. Kemudian setelah mendaftarkan diri Anda akan mengikuti babak kualifikasi online dulu sebelum maju ke babak utama.

Untuk info lengkapnya Anda dapat mengunjungi media sosial Instagram di akun @mlbbesport.id. Siapakah yang akan menyandang gelar Legends of Nusantara di tahun 2019 ini?