26 June 2023

by Lukman Azis

Hands-on Smartphone Kamera OPPO Find X6 Pro 5G, OPPO Vitality Imaging Tour Di Bali

Saya berkesempatan untuk mencoba Find X6 Pro 5G melalui kegiatan yang dilaksanakan oleh OPPO HQ di Bali bertajuk Vitality Imaging Tour

“Smartphone kamera”, itu panggilan yang paling tepat untuk menggambarkan OPPO Find X6 Pro 5G. Semua orang pasti akan langsung tertuju pada ukuran modul kameranya yang sangat besar, bentuknya bulat layaknya ‘mounting lensa’ pada kamera mirrorless.

Konfigurasi kameranya pun tidak main-main, di sana tertanam sensor gambar tipe 1 inci pada kamera utama dan sensor 1/1.56 inci untuk kamera dengan lensa ultrawide dan telephoto. Mungkin bagian paling “mengerikannya” adalah ada logo Hasselblad pada modul kamera belakang Find X6 Pro 5G.

Kolaborasi OPPO dan perusahaan kamera terkemuka asal Swedia ini menghadirkan color science untuk mode kamera Pro yang disebut OPPO sebagai Natural Color Calibration. Sayangnya, smartphone flagship terbaru OPPO ini hanya diluncurkan di Tiongkok saja dan tidak akan tersedia di Indonesia.

Meski begitu, saya berkesempatan untuk mencoba Find X6 Pro 5G yang berhasil menduduki peringkat pertama DXOMark untuk kualitas kamera ini melalui kegiatan yang dilaksanakan oleh OPPO HQ di Bali yang bertajuk “Vitality Imaging Tour”. Berikut hands-on OPPO Find X6 Pro 5G selengkapnya.

Kamera Utama 1 Inci

OPPO Find X6 Pro 5G memiliki konfigurasi tiga kamera belakang. OPPO menempatkan sensor gambar 50MP Sony IMX989 tipe 1 inci dengan OIS, bersama dua sensor 50MP Sony IMX890 berukuran 1/1.56 inci yang biasanya digunakan sebagai kamera utama untuk kamera dengan lensa telephoto (dengan OIS) dan ultrawide yang dapat digunakan untuk mengambil foto makro.

Dengan sensor gambar berukuran besar, perangkat ini adalah spesialis untuk memotret dalam kondisi low light. Berpadu dengan chip MariSilicon X yang dapat merekam video 4K dengan kualitas lebih baik dan minim noise. Perekam videonya juga mendukung fitur Dolby Vision untuk video 4K HDR pada 30fps.

Saya akan membahas kameranya lebih dalam dalam artikel terpisah. Selama acara Vitality Imaging Tour di Bali, saya telah membuktikan sendiri kemampuan kamera Find X6 Pro. Baik untuk landscape, night, hingga portrait dengan model.

Desain dan Layar Find X6 Pro 5G

Beralih ke desain, OPPO mengembangkan desain Find X6 Pro 5G dengan kamera terpusat untuk menghadirkan harmoni visual yang juga berfungsi untuk membagi distribusi bobot untuk membuat smartphone seimbang. OPPO menambahkan bezel dengan material stainles steel di sekeliling lensa untuk memberikan pegangan yang nyaman saat memegang perangkat secara horizontal maupun vertikal.

Perangkat ini juga disertai sertifikasi IP68 untuk ketahanan debu dan kedap air. Find X6 Pro hadir dalam 3 warna, untuk tampilan kamera klasik dengan warna coklat, Find X6 Pro menyatukan kulit vegan dengan bahan kaca bertekstur logam. Sementara warna hitam dan hijau ditampilkan dalam material kaca dengan finishing anti glare yang tahan terhadap bekas sidik jari.

Pada bagian layar, Corning Gorilla Glass Victus 2 ditempatkan untuk memberikan proteksi terhadap layar LTPO3 AMOLED 6,82 inci dengan refresh rate adaptif 120Hz beresolusi 3168×1440 piksel. Layarnya memiliki kecerahan puncak hingga 2.500 nits, menjadikannya sebagai salah satu smartphone dengan layar paling terang, serta didukung dengan Dolby Vision dan HDR10+.

Hardware & Performa

Bicara pemrosesan, Find X6 Pro 5G sudah digerakkan oleh chipset paling canggih dari Qualcomm, Snapdragon 8 Gen 2 yang membawa peningkatan 45% dalam sisi penggunaan daya. Perangkat ini hadir dalam tiga pilihan konfigurasi RAM dan penyimpanan, 12GB + 256GB, 16GB + 256GB dan 16GB + 512GB.

Tipe RAM-nya menggunakan LPDDR5X yang menawarkan peningkatan kecepatan hingga 33% dan penyimpanan dengan tipe UFS 4.0 yang juga sangat cepat. Find X6 Pro dilengkapi sistem pendingin baru yang didesain ulang dengan 24% vapor chamber yang lebih besar dan bahan grafit generasi baru untuk meningkatkan efisiensi pembuangan panas keseluruhan sebesar 84%

Baterai 5.000 mAh pada perangkat ini didukung fitur pengisian daya 100W SUPERVOOC yang dapat mengisi penuh 100% dalam 28 menit dan 50W AIRVOOC yang merupakan pengisian daya nirkabel yang dapat mengisi penuh hanya dalam kurun waktu 52 menit. Find X6 Pro 5G menjalankan sistem operasi ColorOS 13.1 berbasis Android 13 dan sudah mendapatkan versi beta ColorOS 14 berbasis Android 14.