Gaming News

[GUIDE] Cara Counter Pudge Di Dota 2

09 Jan 2020 | Yudi Anggi
Pudge hero yang paling banyak di pick oleh Herald sampai Legend

Pudge merupakan hero yang paling sering di-pick di ranking Herald sampai Legend, setidaknya berdasarkan statistik yang ditulis oleh DotaBuff. Karena itu, hampir setiap game Anda akan bertemu dengan Pudge di Dota 2.

Sebelum ke pembahasan counter Pudge, menurut saya, ada beberapa alasan hero ini sering dipakai. Pertama, Hero-nya memang memberikan Anda kesempatan untuk tampil keren dengan upaya hook yang berhasil. Atau memang tidak ada hero lain yang lebih menyenangkan untuk dimainkan di role support. Apapun alasannya, Anda kadang tetap kebingungan untuk melawan Pudge dengan stack Flash Heap lebih dari 20. Terlalu sulit untuk dibunuh adalah permasalahan yang paling menonjol ketika Anda melawan Pudge.

Karena itulah, berikut ini beberapa tips untuk mengalahkan Pudge; baik dari pick hero, pemilihan item, ataupun cara bermain.

Hero counter Pudge

1. Outworld Devourer

Sumber: Dota Gamepedia
Sumber: Dota Gamepedia

Seperti yang saya bilang sebelumnya, Pudge sangat sulit untuk dibunuh. Karena ia memiliki tambahan atribut Strength di skill pasif Flesf Heap. Jumlah HP yang besar, menyulitkan siapapun untuk menghabisinya. Di sini Outworld Devourer memiliki skill Arcane orb yang menambahkan pure damage di setiap serangannya. Damage-nya juga merupakan persentase dari jumlah mana yang sedang ia miliki. Damage dari Arcane Orb sangat besar, bahkan bisa membunuh seorang support dengan dua kali pukulan saja. Essence Flux juga memberikan efek slow di setiap pukulan dengan Arcane Orb. Faktanya mobilitas dari Pudge sangatlah minim. Pudge tidak memiliki escape ability sama sekali. Apabila dia diberikan crowd contol seperti slow atau stun, hal ini akan mempermudah kita untuk membunuhnya.

Astral Imprisonment juga dapat menyelamatkan teman dari skill Dismember dari Pudge. Sepertinya semua skill dari Outworld Devourer memang berguna untuk melawan hero-hero Strength seperti Pudge. Skill ultimate dari Outworld Devourer juga sangat berguna untuk melawan Pudge. Sanity Eclipse memberikan damage berdasarkan perbedaan mana yang dimiliki. Maka itu, Outworld Devourer seharusnya melakukan build item yang menambah atribut intelligence dia agar Sanity Eclipse dan Arcane Orb-nya lebih memberikan damage. 

Sebagai catatan, Outworld Devourer juga tidak memiliki escape ability. Membeli barang defensif seperti Black King Bar juga hal yang wajib agar Outworld Devourer bisa bebas memberikan damage ke musuh. Perhatikan juga positioning Anda ketika bermain Outworld Devourer, Anda harus memilih momentum ketika peperangan terjadi. Jangan sampai semua perhatian musuh tertuju pada Anda. Intinya adalah, Outworld Devourer harus bisa bebas mengeluarkan damage di peperangan.

2. Lifestealer

Sumber: Dota Gamepedia
Sumber: Dota Gamepedia

Berbeda dengan Outworld Devourer, Lifestealer berguna untuk melawan Pudge dengan mengandalkan sustainability-nya. Skill Rage yang ia miliki membuatnya immune terhadap magic damage yang dikeluarkan oleh Pudge. Jadi, Pudge harus mengandalkan physical damage untuk melawan Lifestealer ketika berada dalam keadaan Rage. Feast dari Lifestealer yang memberikan efek lifesteal di setiap pukulan. Hal ini membuatnya kuat untuk melawan Pudge. Pasalnya, Pudge harus mengorbankan HP yang hilang ketika ia menggunakan skill Rot. Lifestealer yang tidak terpengaruh magic damage dari Rot tetap bisa memukul dengan efek lifesteal. Pudge akan sangat sulit untuk membunuh Lifestealer.

3. Necrophos

Sumber: Dota Gamepedia
Sumber: Dota Gamepedia

Ada dua skill dari Necrophos yang berguna untuk melawan Pudge. Heartstopper Aura dan Reaper Scythe. Ia bisa memberikan damage berdasarkan maksimum HP yang dimiliki oleh Pudge. Pasalnya, Pudge memiliki HP yang besar dan Heartstopper Aura bisa lebih efektif melawan hero yang memiliki HP besar. Bahkan ada talent yang bisa diambil oleh Necrophos untuk menurunkan regenerasi musuhnya sebesar 40 persen yang tentu saja berguna bagi Pudge karena dia juga memiliki regenerasi HP yang sangat besar setiap detiknya.

Reaper Scythe memberikan damage berdasarkan jumlah HP yang hilang ketika peperangan. Semakin banyak jumlah HP yang hilang, semakin besar pula damage-nya. Belum lagi ada efek stun yang akan diberikan oleh Reaper Scythe, yang akan sangat membantu untuk memberikan damage tambahan kepada Pudge.

Pemilihan item

Sumber: Steam Community
Sumber: Steam Community

Kekuatan Pudge adalah dari sustainability dan pick off musuh. Anda bisa mengurangi potensi sustainability-nya dengan item Spirit Vessel. Item ini berguna untuk melawan hero-hero dengan kemampuan regenerasi yang tinggi seperti Pudge atau Timbersaw.

Pudge juga menyebalkan karena skill Hook-nya. Jadi, Anda harus membuat item yang bisa menyelamatkan Anda sendiri atau teman Anda. Black King Bar yang tadi saya sebutkan juga berguna untuk hero-hero lainnya. Selanjutnya, item untuk menyelamatkan teman seperti Glimmer Cape atau Lotus Orb. Glimmer Cape bisa menghilangkan teman Anda dari penglihatan musuh untuk sementara waktu. Hal ini sangat berguna untuk mengurangi damage yang diterima.

Lotus Orb adalah item defensif lain yang berguna untuk menangkal skill Dismember yang akan dikeluarkan oleh Pudge. Skill Dismember akan gagal apabila teman diberikan efek Lotus orb sesaat sebelum Pudge mengeluarkan Dismember. Item ini akan membuat Pudge berpikir dua kali untuk menarik Anda.

Cara bermain melawan Pudge

Pudge mampu memanfaatkan musuh yang berada di posisi offside atau mudah untuk ditarik. Anda harus memperhatikan posisi Anda ketika perang atau bahkan ketika laning phase melawan Pudge. Jangan sampai Anda berada dalam jangkauan Hook-nya atau tetap berada di belakang Creep ketika laning phase akan menyelamatkan Anda dari Hook Pudge.

Vision juga sangat krusial ketika melawan Pudge karena biasanya ia akan berdiri di tempat yang tidak terlihat oleh musuh untuk menariknya. Sediakan Observer Ward agar Anda mengetahui posisi Pudge dan bisa antisipasi upaya Hook darinya.

Penutup

Itu tadi tips singkat yang bisa Anda gunakan untuk counter Pudge di Dota 2. Tentu saja, membaca tips tadi tidak akan serta merta membuat Anda jadi ahli. Banyak berlatih dengan mengingat semua pengetahuan yang sudah Anda baca dari setiap guide adalah cara yang paling ideal untuk mengasah kemampuan.