Dark
Light

[Guest Post] Kesuksesan di Web pada Era LinkedIn

2 mins read
May 26, 2011

Artikel berikut ini ditulis oleh Josep William Widjaja, salah satu dosen di Bina Nusantara International University. Selain memiliki hobi membaca majalah atau berbagai buku yang berkaitan dengan dunia IT dan mendengarkan musik jazz, ketertarikan Josep adalah pada implementasi IT dalam bisnis dan pemasaran, web and mobile development, jaringan/infrastruktur.

Saat ini semua orang telah mendengar tentang IPO spektakuler dari LinkedIn yang terjadi pekan lalu, penawaran ini mungkin menjadi penawaran publik paling signifikan dari sebuah bisnis web setelah Google. Walaupun perusahaan internet besar lainnya seperti Groupon dan Facebook juga mempunyai nilai valuasi yang tidak kalah, namun apa yang membuat Linkedln begitu istimewa adalah karena Linkedln menjadi sebuah fenomena baru untuk masa depan industri web baik untuk pemilik bisnis maupun profesional.

Setiap orang, baik sebagai pemilik bisnis, pengusaha, profesional, atau freelancer harus dengan serius memperhatikan bagaimana Linkedln telah mengubah ‘cara bermain’ di era web ini. Google mengubah cara kita memperlakukan informasi, Facebook mengubah cara kita memperlakukan satu sama lain dan Groupon berusaha untuk mengubah cara kita melakukan pembelian. LinkedIn, jaringan sosial untuk para profesional, mengubah cara kita memperlakukan bisnis kita, pekerjaan kita dan kehidupan kita.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh para pemilik bisnis dan profesional dengan memanfaatkan Linkedln adalah dengan melakukan: Sosialisasi, Modernisasi dan Mobilisasi.

Sosialisasi

Melakukan Sosial Media di Linkedln bukan hanya bertujuan untuk bersosialisasi, melainkan juga untuk meningkatkan posisi bisnis atau reputasi profil anda secara profesional. Di jaman serba online ini, tidak adanya profil di Linkedln adalah sama bahayanya dengan seperti tidak memiliki alamat email. Di samping itu, pemilik bisnis atau profesional yang sudah tergabung dalam social network juga harus lebih berhati-hati dalam bersosial media, karena dapat mempengaruhi reputasi bisnis dengan para klien dan juga daya tarik para professional untuk bekerja di perusahaan anda.

Selain itu, para pemilik dan pekerja di industri web juga akan tertarik untuk berdiskusi, atau setidaknya mengunjungi berbagai situs seperti Quora, Elance dan oDesk, untuk melihat berbagai perkembangan di ceruk pasar kerja mereka. Berbagai alat sosial tambahan seperti Yammer, Socialcast dan Present.ly juga membantu bisnis yang berpikiran maju dalam meningkatkan komunikasi serta kerja internal para karyawan mereka.

Modernisasi

Pentingnya bagi para pemilik bisnis dan profesional untuk terus mengikuti dan menerapkan perkembangan teknologi yang tersedia, karena hal ini menjadi nilai tambah dan daya tarik untuk reputasi bisnis dan professional Anda. Kehadiran Linkedln juga dapat membantu dalam hal ini; salah satu contohnya adalah dengan adanya ‘digital resume’ yang dapat dibuat dan disimpan di Linkedln yang saat ini sudah menjadi trend baru di jaman modern ini.

Mobilisasi

Mobilisasi juga menjadi bagian penting yang menjadi salah satu kontribusi dari LinkedIn. Perusahaan di era web harus juga memperhatikan pengembangan di sisi mobile dan aplikasi, ini akan menjadi nilai tambah bagi perusahaan, baik dimata klien, konsumen maupun calon karyawan. Apakah itu dengan menggunakan berbagai aplikasi mobile atau dengan memberi perhatian agar situs perusahaan berfungsi dengan baik. Perusahaan atau pelaku bisnis juga harus mempertimbangkan untuk meningkatkan peran gaya hidup mobile di lingkungan kerja mereka, karena tidak bisa ditampik bahwa trend mobile juga telah masuk ke dunia kerja.

Sebagai penutup, Linkedln telah berperan besar dalam menghadirkan dan menghubungkan sebuah bisnis atau perusahaan dan profesional di jaman Web ini. Hal ini juga menggambarkan perubahan yang dramatis dari cara para pebisnis dan profesional menampilkan diri mereka di web, yang juga mengenalkan awal dari era modern tenaga kerja yang sangat sosial dan mobile.

Previous Story

Statistik Opera Mini: 77% Pengguna Indonesia Akses Facebook.com

Next Story

Event: Stasion Internal Meetup #3

Latest from Blog

Don't Miss

92% Pekerja di Indonesia Sudah Menggunakan GenAI dan Temuan Lain dari Work Trend Index 2024

Microsoft dan LinkedIn merilis laporan Work Trend Index 2024. Di

Microsoft dan LinkedIn Sebut AI Sudah Memengaruhi Dunia Kerja di Seluruh Dunia

Bahkan Microsoft Corp dan LinkedIn berani menyebut bahwa AI kini