Esports Ecosystem

GT-Sim.ID Memenangkan Indonesia Digital Motorsport Championship 2019

17 Dec 2019 | Akbar Priono
Bertarung sengit dengan Vorteks SimSport, GT-Sim.ID berhasil memenangkan Indonesia Digital Motorsport Championship 2019

Setelah dua bulan gelaran Indonesia Digital Motorsport Championship 2019 berlangsung (IDMC 2019), tim GT-Sim.ID yang diwakili oleh Andika Rama Maulana akhirnya keluar sebagai pemenang. Kompetisi ini bisa dibilang sebagai kejuaraan nasional Sim Racing pertama di Indonesia, yang terselenggara berkat kerja sama komunitas Sim Racer Indonesia dengan Ikatan Motor Indonesia.

IDMC diselenggarakan selama 6 putaran yang dimulai dari bulan Oktober hingga Desember 2019, dengan tiga kelas kompetisi yaitu seeded A yang menggunakan mobil Nissan GT 1 open setup, seeded B dan non-seeded yang sama-sama menggunakan Nissan 370Z GT 4 fix setup. Masing-masing balapan berdurasi 30 menit dengan jumlah lap yang bervariasi pada setiap treknya. Andika Rama berhasil memenangkan kompetisi di seeded A, dengan mewakili nama GT-Sim.ID.

Sumber: Andika Rama Personal Page
Sumber: Andika Rama Personal Page

“Bagi kami dari GT-Sim.ID, ini merupakan tahun yang mengesankan, salah satunya karena kemenangan ini memberikan titel kepada saya sebagai First ever National Champion.” ucap Rama. Bicara soal kompetisi di dalam IDMC, Rama mengatakan bahwa Vorteks SimSport jadi lawan yang cukup berat. “Terutama dari om Arwin Taruna, karena dia punya pace yang stabil sepanjang musim ini.”

Keterkaitan antara balapan simulator dengan balapan dunia nyata yang sangat dekat memang jadi salah satu alasan kenapa Sim Racing bisa berkembang sampai sejauh ini. Sim Racing bahkan sudah diakui sebagai salah satu bagian dari Federation Internationale de l’Automobile (FIA) yang masuk ke dalam klasifikasi Digital Motorsport. Melihat ini, tak heran jika Ikatan Motor Indonesia ingin talenta-talenta Digital Motorsport Indonesia bisa muncul, dengan mengadakan kompetisi seperti IDMC ini.

“Berkat kejurnas ini, banyak bakat terpendam dunia Sim Racing Indonesia yang mulai bermunculan. Harapannya kejurnas Digital Motorsport tahun depan bisa lebih menarik, dengan pemilihan kombinasi mobil, trek, dan jadwal tanding yang lebih apik. Juga semoga ini bisa memunculkan lebih banyak bakat terpendam di masa depan nanti…amin.” tutur Rama.

Dengan ini, maka berikut para pemenang Indonesia Digital Motorsport Championship 2019 dari seeded A:

Sumber: Andika Rama Personal Page
Sumber: Andika Rama Personal Page
  • 1st – Andika Rama Maulana – GT-Sim.ID eSport
  • 2nd – Arwin Taruna – Vorteks SimSport
  • 3rd – Jaka Siswoyo – Vorteks SimSport

Selamat bagi para pemenang! Saya sendiri berharap kejurnas Digital Motorsport Indonesia ini bisa terus berlanjut. Demi memunculkan bibit-bibit pembalap Sim Racing Indonesia yang sanggup berkompetisi di kancah internasional.