Esports Ecosystem

Grand Final Blibli Esports Championship 2019 Jadi Ajang Pencarian Bakat Esports Baru

06 Dec 2019 | Akbar Priono
Grand Final Blibli Esports Championship 2019 diadakan 7-8 Desember 2019 mendatang. Mewadahi pemain setingkat semi-pro sebagai ajang pencarian bakat baru.

Akhir pekan ini (7-8 Desember 2019) adalah kulminasi gelaran Blibli Esports Championship 2019. Mempertandingkan Arena of Valor, Dota 2, dan PUBG Mobile, pemain-pemain terbaik akan bersaing di panggung utama yang hadir di Epicentrum Walk, Kuningan, Jakarta.

Sedari awal, gelaran Blibli Esports Championship 2019 memang diadakan untuk para pemain yang berada di tingkat semi-pro. Sebelumnya, rangkaian kompetisi ini sudah diadakan di beberapa perguruan tinggi, seperti Universitas Negeri Jakarta, Universitas Budi Luhur, dan Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Pada gelaran puncak tersebut, akan ada 16 kampus dan pemain-pemain kelas semi-pro dari 3 regional yang akan bertanding. Berikut daftarnya:

Kampus DKI Jakarta:

  1. Universitas Trisakti
  2. UPN Veteran Jakarta
  3. Universitas Bunda Mulia
  4. Universitas Negeri Jakarta
  5. Universitas Muhammadiyah Jakarta
  6. Universitas Budi Luhur
  7. Perbanas Institute
  8. Indonesia Banking School
  9. Universitas Jayabaya
  10. Universitas Atmajaya
  11. Universitas Pancasila
  12. Universitas Mercu Buana

Kampus Tangerang:

  1. Politeknik Negeri Jakarta
  2. Universitas Pamulang
  3. UIN Syarif Hidayatullah

Kampus Depok:

  1. Politeknik Negeri Jakarta

Regional Turnamen:

  1. Jakarta
  2. Tangerang
  3. Bekasi

Walau mempertandingkan tim-tim setingkat semi-pro, Blibli Esports Championship 2019 akan tetap dipandu oleh nama-nama yang mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Acara akan dipandu oleh Darius Drew dan Sabila Aprilia, pertandingan AOV akan dipandu oleh Aldo dan Ravalda, dari PUBG Mobile ada duet Pasta dan Bangpen, dan pertandingan Dota 2 akan dipandu oleh JustInCase dan ARS.

Sumber: Blibli Blog
Keseruan Fun Match bersama Nara Pixies saat Blibli Esports Championship Regional Jakarta. Sumber: Blibli Blog

Blibli Esports Championship 2019 juga tidak sekadar menghadirkan pertandingan saja, akan ada juga berbagai acara menarik yang bisa Anda ikuti. Akan ada puncak acara Shoutcaster Got Talent dengan Clara “Mongstar” sebagai juri. Ada juga Sharing Session dari Sarah Viloid dan Bangpen, Fun-Match serta Talkshow dari Belletron serta RRQ, ditambah juga penampilan dari Giring Ganesha dan JKT48 di hari kedua.

Selain gelaran utama, ada juga activity booth dari Blibli yang mengadakan mini-tournament dengan hadiah uang tunai yang cukup besar. Beberapa game yang dipertandingkan adalah:

  • PUBG Mobile dengan total hadiah Rp3 juta/hari
  • PES 2020 dengan total hadiah Rp4 juta/hari
  • Temple Run dengan total hadiah Rp3 juta/hari

Ini bukan kalinya pertama Blibli melakukan inisiatif untuk esports. Sebelumnya, salah satu ecommerce terbesar di Indonesia ini juga ikut turun tangan mendukung gelaran Piala Presiden 2019.

Dokumentasi: Hybrid
Dokumentasi: Hybrid

Tempo hari, Andy Adrian Deputy Chief Marketing Officer untuk Blibli sempat menceritakan alasan Blibli mendukung esports kepada Hybrid jelang Piala Presiden Esports 2019. Ia mengucapkan, salah satunya karena pasar esports merupakan salah satu target pasar yang dituju oleh ecommerce. 

Selanjutnya Lay Ridwan Gautama SVP – Trade Partnership untuk Blibli juga menambahkan, bahwa engagement komunitas gamers, dan branding Blibli sebagai perusahaan ecommerce yang selalu up-to-date dengan tren terkini juga jadi alasan berikutnya.

Tandai kalender Anda, dan hadiri gelaran Grand Final Blibli Esports Championship 2019! Untuk informasi lebih lengkap, Anda juga dapat mengunjungi laman resmi Blibli Esports Championship 2019.