12 June 2022

by Galih

Ajang Penghargaan Grammy Awards Kini Tambahkan Kategori Video Game

Musik dari video game kini akan masuk ke penghargaan bergengsi ini.

Grammy Awards merupakan ajang penghargaan yang diberikan kepada para pelaku industri musik. Dan akhirnya setelah lebih dari 60 tahun diadakan, penghargaan ini akhirnya memasukkan musik dari video game ke dalamnya.

Hal ini diumumkan langsung oleh akun media sosial Grammy Awards yang kini memperkenalkan beberapa kategori baru. Salah satunya adalah kategori yang didedikasikan khusus untuk game yaitu "Best Score Soundtrack For Video Games And Other Interactive Media".

Dalam deskripsinya, kategori ini akan diberikan kepada album soundtrack yang sebagian besar terdiri dari lagu scoring original. Yang dibuat khusus untuk, atau sebagai pendamping dari video game atau media interaktif lainnya yang dirilis dalam periode kualifikasi.

Kategori soundtrack video game ini merupakan satu dari lima kategori yang akan ditambahkan untuk Grammy Awards 2023 mendatang. Kategori lainnya antara lain Songwriter of the Year (Non-Classical), Best Alternative Music Performance, Best Americana Performance, dan juga Best Spoken Word Poetry Album.

CEO Recording Academy, Harvey Mason Jr. menyebutkan bahwa ditambahkannya lima kategori ini untuk dapat menaungi beragam komunitas dan kreator musik yang kini ada. Karena prioritas utama dari adanya penghargaan ini adalah untuk merepresentasikan para musikus serta mengikuti industri musik yang terus berkembang.

Musik dalam video game tentunya merupakan salah satu aspek penting untuk membangun jati diri dan mood dari game tersebut. Terlepas dari apapun genre-nya, game harus memiliki lagu soundtrack atau bahkan lagu scoring untuk membuatnya ikonik dan diingat oleh para gamer.

Image Credit: Activision

Hubungan para artis musik dengan video game juga sudah terjalin cukup lama. Dengan tidak sedikit artis yang membuat lagu atau musik khusus untuk video game. Atau juga sebaliknya saat developer membuat game khusus untuk para musisi. Seperti Guitar Hero yang memiliki game khusus untuk Metallica dan Aerosmith.

Kehadiran video game dalam Grammy Awards bahkan bukan untuk yang pertama kalinya. Karena pada 2011 silam lagu theme song untuk Civilization 4 yaitu Baba Yetu berhasil memenangkan penghargaan "Best Instrumental Arrangement Accompanying Vocalists". Tahun lalu, soundtrack dari Kirby Super Star yaitu Meta Knight's Revenge juga berhasil memenangkan "Best Arrangement, Instrumental, Or A Capella' "